Current time: 02-24-2018, 03:19 PM Stay in touch via Twitter Facebook RSS Feed
Ada Baiknya anda baca Peraturan Forum ForNesia Disini Dan Disitu Sebelum Terlambat!
System Registration Forums Mulai Kedepan Sewaktu waktu akan Di Tutup.
Silahkan Dibaca Mengenai Auto Pruning User . Agar tidak ada pertanyaan lagi tentang kehilangan akses forum.



Benarkah Nutrisi Buah dan Sayuran Makin Berkurang?

07-18-2015 09:54 PM Benarkah Nutrisi Buah dan Sayuran Makin Berkurang?
#1


tantan Away
FNS MEMBER
FNS Member
**

Posts: 115
Joined: Jun 2015

Reputation:

FCoin: 7.09ƒc
Buah seperti gambar di atas selain enak juga banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh, lantas apakah kandungan nutrisi nya tidak berkurang saat di olah atau dimakan langsung?

Spoiler :
KOMPAS.com - Anjuran untuk mengonsumsi beragam jenis buah dan sayuran setiap hari sudah sering kita dengar untuk menjaga kesehatan. Tetapi, menurut studi teranyar buah dan sayuran saat ini nutrisinya lebih sedikit jika dibandingkan dengan 50 tahun lalu.

Berbagai penelitian berusaha menggali fenomena penurunan nutrisi dalam buah dan sayuran dari pertanian modern. Salah satu yang menarik perhatian adalah studi yang dipimpin Donald R.Davis Ph.D dari Universitas Texas di Austin.

Dari salah satu temuan Davis diketahui bahwa hasil panen pertanian saat ini semakin tinggi, padahal lahan terbatas, sehingga menyebabkan kadar nutrisi dalam sayur dan buah berkurang.

Selain itu, rata-rata penurunan mineral dalam buah dan sayuran cukup signifikan, antara 5-40 persen, demikian juga dengan penurunan kadar vitamin dan protein.

Walau peningkatan hasil panenan menjadi salah satu penyebab penurunan nutrisi, tapi para ahli nutrisi menyebut itu bukan penyebab satu-satunya.

"Tanahnya sendiri sudah mengalami panenan berulang-ulang, ini berarti dalam waktu tahunan lahan itu dipakai terus sehingga menyebabkan kandungan nutrisinya habis," kata Michael Wald, spesialis pengobatan terintegrasi.

Para ahli juga menilai praktik pertanian modern telah membuat tanah dan tanaman merana. Penggunaan dosis pestisida yang terus meningkat dan herbisida untuk menjaga kesehatan tanaman justru berdampak buruk.

Meski demikian, menurut Janet Brill, ahli nutrisi, mengonsumsi berbagai jenis sayur dan buah-buahan tetap penting.

Untuk memastikan asupan nutrisi dari sayur dan buah segar yang kita asup, pilihlah buah-buahan dan sayuran produk lokal. Memilih buah lokal yang sedang musim karena kadar vitamin dan mineral dalam buah yang dipetik mendekati waktu matang akan lebih optimal.

Walau kita mengira buah dan sayur segar lebih baik dibandingkan yang beku, tapi menurut Brill hal itu tak selalu benar.

"Terkadang buah dan sayur segar lebih baik karena mereka dipetik saat sudah matang sehingga lebih bernutrisi dibanding produk segar yang dipetik sudah sejak lama," katanya.

Batasi juga waktu memasak sayuran. Metode memasak yang cepat dengan jumlah air yang sedikit bisa membantu menjaga kadar nutrisinya.
cara memasak sayuran agar vitaminnya tidak hilang atau untuk meminimalisir berkurangnya nutrisi dari sayuran tersebut
Spoiler :
Seperti dilansir WomansDay.com, ini adalah cara untuk memasak sayuran namun vitaminnya tetap ada dan tidak hilang.

Trik 1.

Dengan cara ditumis atau diuapi

Beberapa sayuran yang kaya akan karotenoid lebih baik tidak dimasak terlalu lama. Cara yang tepat adalah dengan menumis atau menguapinya saja. Antioksidan kuat yang ada di dalam sayuran seperti wortel, brokoli, dan lain sebagainya ini bisa hilang apabila dimasak terlalu matang dan lama. Padahal antioksidan efektif untuk mencegah kanker.

Trik 2.

Tambahkan sedikit minyak saat menumis sayuran agar sayur tetap hijau. Minyak yang digunakan tidak boleh berlebihan sehingga sayuran tidak sampai terlalu kering.

Trik 3.

Setelah Anda mencincang bawang putih, biarkan selama 15 menit sebelum ditumis atau dimasak. Penelitian menunjukkan bahwa bawang yang telah terkena udara akan bereaksi dan melepaskan semacam senyawa yang dapat melawan kanker.

Trik 4.

Potong-potong sayuran berukuran besar saat memasak sayuran. Ukuran yang besar ini akan mengurangi ekspose terlalu berlebihan yang dapat menghancurkan vitamin dan nutrisi.

Trik 5.

Rebus kentang utuh dengan kulitnya untuk menjaga kandungan vitamin C di dalamnya. Menjaga agar panci tetap ditutup akan mempercepat waktu masak dan menyebabkan nutrisi tidak mudah menguap.

sumber
Spoiler :

bangga jadi diri sendiri
07-18-2015 10:19 PM RE: Benarkah Nutrisi Buah dan Sayuran Makin Berkurang?
#2


arifrh97z Away
FNS MEMBER
FNS Member
**

Posts: 140
Joined: Mar 2014

Reputation:

FCoin: 10.50ƒc
(07-18-2015 09:54 PM)tantan Wrote:   Buah seperti gambar di atas selain enak juga banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh, lantas apakah kandungan nutrisi nya tidak berkurang saat di olah atau dimakan langsung?

Spoiler :
KOMPAS.com - Anjuran untuk mengonsumsi beragam jenis buah dan sayuran setiap hari sudah sering kita dengar untuk menjaga kesehatan. Tetapi, menurut studi teranyar buah dan sayuran saat ini nutrisinya lebih sedikit jika dibandingkan dengan 50 tahun lalu.

Berbagai penelitian berusaha menggali fenomena penurunan nutrisi dalam buah dan sayuran dari pertanian modern. Salah satu yang menarik perhatian adalah studi yang dipimpin Donald R.Davis Ph.D dari Universitas Texas di Austin.

Dari salah satu temuan Davis diketahui bahwa hasil panen pertanian saat ini semakin tinggi, padahal lahan terbatas, sehingga menyebabkan kadar nutrisi dalam sayur dan buah berkurang.

Selain itu, rata-rata penurunan mineral dalam buah dan sayuran cukup signifikan, antara 5-40 persen, demikian juga dengan penurunan kadar vitamin dan protein.

Walau peningkatan hasil panenan menjadi salah satu penyebab penurunan nutrisi, tapi para ahli nutrisi menyebut itu bukan penyebab satu-satunya.

"Tanahnya sendiri sudah mengalami panenan berulang-ulang, ini berarti dalam waktu tahunan lahan itu dipakai terus sehingga menyebabkan kandungan nutrisinya habis," kata Michael Wald, spesialis pengobatan terintegrasi.

Para ahli juga menilai praktik pertanian modern telah membuat tanah dan tanaman merana. Penggunaan dosis pestisida yang terus meningkat dan herbisida untuk menjaga kesehatan tanaman justru berdampak buruk.

Meski demikian, menurut Janet Brill, ahli nutrisi, mengonsumsi berbagai jenis sayur dan buah-buahan tetap penting.

Untuk memastikan asupan nutrisi dari sayur dan buah segar yang kita asup, pilihlah buah-buahan dan sayuran produk lokal. Memilih buah lokal yang sedang musim karena kadar vitamin dan mineral dalam buah yang dipetik mendekati waktu matang akan lebih optimal.

Walau kita mengira buah dan sayur segar lebih baik dibandingkan yang beku, tapi menurut Brill hal itu tak selalu benar.

"Terkadang buah dan sayur segar lebih baik karena mereka dipetik saat sudah matang sehingga lebih bernutrisi dibanding produk segar yang dipetik sudah sejak lama," katanya.

Batasi juga waktu memasak sayuran. Metode memasak yang cepat dengan jumlah air yang sedikit bisa membantu menjaga kadar nutrisinya.
cara memasak sayuran agar vitaminnya tidak hilang atau untuk meminimalisir berkurangnya nutrisi dari sayuran tersebut
Spoiler :
Seperti dilansir WomansDay.com, ini adalah cara untuk memasak sayuran namun vitaminnya tetap ada dan tidak hilang.

Trik 1.

Dengan cara ditumis atau diuapi

Beberapa sayuran yang kaya akan karotenoid lebih baik tidak dimasak terlalu lama. Cara yang tepat adalah dengan menumis atau menguapinya saja. Antioksidan kuat yang ada di dalam sayuran seperti wortel, brokoli, dan lain sebagainya ini bisa hilang apabila dimasak terlalu matang dan lama. Padahal antioksidan efektif untuk mencegah kanker.

Trik 2.

Tambahkan sedikit minyak saat menumis sayuran agar sayur tetap hijau. Minyak yang digunakan tidak boleh berlebihan sehingga sayuran tidak sampai terlalu kering.

Trik 3.

Setelah Anda mencincang bawang putih, biarkan selama 15 menit sebelum ditumis atau dimasak. Penelitian menunjukkan bahwa bawang yang telah terkena udara akan bereaksi dan melepaskan semacam senyawa yang dapat melawan kanker.

Trik 4.

Potong-potong sayuran berukuran besar saat memasak sayuran. Ukuran yang besar ini akan mengurangi ekspose terlalu berlebihan yang dapat menghancurkan vitamin dan nutrisi.

Trik 5.

Rebus kentang utuh dengan kulitnya untuk menjaga kandungan vitamin C di dalamnya. Menjaga agar panci tetap ditutup akan mempercepat waktu masak dan menyebabkan nutrisi tidak mudah menguap.

sumber
Spoiler :

nice inpo gan,
tp bdw buah aslinya jadi bikin sehat, malah bikin sakit buahaha

say welcome to indonesia buahaha
07-18-2015 11:14 PM RE: Benarkah Nutrisi Buah dan Sayuran Makin Berkurang?
#3


tantan Away
FNS MEMBER
FNS Member
**

Posts: 115
Joined: Jun 2015

Reputation:

FCoin: 7.09ƒc
(07-18-2015 10:19 PM)arifrh97z Wrote:  nice inpo gan,
tp bdw buah aslinya jadi bikin sehat, malah bikin sakit buahaha

say welcome to indonesia buahaha

yang bikin sakit itu kalau masih ada pestisida yang nempel
atau yang masak nya di paksa pakai etrel kalau gak salah gan buahaha

bangga jadi diri sendiri
07-18-2015 11:33 PM RE: Benarkah Nutrisi Buah dan Sayuran Makin Berkurang?
#4


aviator Away
Royalty Member
Royalty Member
**

Posts: 898
Joined: Mar 2014

Reputation:

FCoin: 3,741.99ƒc

buah jaman sekarang penuh pestisida,
udah gitu yang dipasar pada cemong item" pula (semisal pisang, alpukat, jeruk lokal, anggur, dan berbagai macam sayuran)
dan bentuknya kadang g karuan (semisal mangga, alpukat, belimbing, stroberi) beda jauh ama yang dibuku pelajaran SD buahaha
kayanya emang perlu menteri perbuahan buat benerin masalah buah"an di indonesia o.O

[Image: 0yiydbV.gif]
07-19-2015 12:48 AM RE: Benarkah Nutrisi Buah dan Sayuran Makin Berkurang?
#5


arifrh97z Away
FNS MEMBER
FNS Member
**

Posts: 140
Joined: Mar 2014

Reputation:

FCoin: 10.50ƒc
(07-18-2015 11:33 PM)aviator Wrote:  buah jaman sekarang penuh pestisida,
udah gitu yang dipasar pada cemong item" pula (semisal pisang, alpukat, jeruk lokal, anggur, dan berbagai macam sayuran)
dan bentuknya kadang g karuan (semisal mangga, alpukat, belimbing, stroberi) beda jauh ama yang dibuku pelajaran SD buahaha
kayanya emang perlu menteri perbuahan buat benerin masalah buah"an di indonesia o.O

wkwkw, menteri perbuahan bagian nanganin apaan om?
bagian molesin biar gk item yak? buahaha
07-19-2015 02:08 AM RE: Benarkah Nutrisi Buah dan Sayuran Makin Berkurang?
#6


$Rocky_Seal Away
Newbie FNS
VIP SILVER
****

Posts: 178
Joined: Oct 2014

Reputation:

FCoin: 310.87ƒc
jangankan buah. semua produk pertanian atau yg secara besar di budiayakan sudah mengalami penurunan nutrisi akibat nutrisi dasar saja udah gk ada (dari tanah) gara2 ke geser sama yg namanya barang kimia. meskipun ada produk yg memakai organik itu saja msih ada penambahan kimianya.
jumlah produk mempengaruhi kualitas dan kecepatan berkembangnya suatu produk Smile

Rocky_Seal, Harta bukan segalanya. Ilmu yang lebih utama cool
07-19-2015 06:49 AM RE: Benarkah Nutrisi Buah dan Sayuran Makin Berkurang?
#7


kazezenom Away
FNS MEMBER
FNS Member
**

Posts: 291
Joined: Oct 2014

Reputation:

FCoin: 7.99ƒc
udah jelas nutrisi nya makin berkurang liat aja lahan nya sekarang
udah gitu kebanyakan sekarang sayur dan buah kan pake sistem hybrid
jadi ga heran kalo di tambah pasti ada yg ngurang CMIIW Smile

God's in His Heaven All's Right With The World

[Image: 1362683246neon_genesis_evangelion.jpg]
07-19-2015 09:27 AM RE: Benarkah Nutrisi Buah dan Sayuran Makin Berkurang?
#8


tantan Away
FNS MEMBER
FNS Member
**

Posts: 115
Joined: Jun 2015

Reputation:

FCoin: 7.09ƒc
(07-19-2015 02:08 AM)Rocky_Seal Wrote:  jangankan buah. semua produk pertanian atau yg secara besar di budiayakan sudah mengalami penurunan nutrisi akibat nutrisi dasar saja udah gk ada (dari tanah) gara2 ke geser sama yg namanya barang kimia. meskipun ada produk yg memakai organik itu saja msih ada penambahan kimianya.
jumlah produk mempengaruhi kualitas dan kecepatan berkembangnya suatu produk Smile

iya gan emang bener semua produk pertanian udah mengalami penurunan nutrisi,
contohnya aja padi yang suka di pupuk kimia tanah nya jadi keras dan produksi pun cenderung menurun apalagi nutrisinya gan

bangga jadi diri sendiri
07-19-2015 01:00 PM RE: Benarkah Nutrisi Buah dan Sayuran Makin Berkurang?
#9


kangsander Away
FNS MEMBER
FNS Member
**

Posts: 372
Joined: Oct 2014

Reputation:

FCoin: 16.91ƒc
pningkatan produksi buah dngn pestisida,,, efekny buruk bner,,,,,

lah sekarang d tempt ane,, petani2 udah pke autan yng notabenenya buah bunuh nyamuk,, d pake buat obat tanaman,,,, suram

kangsander, proud to be a member of ForNesia Family since Oct 2014. dan saya suka Kimcil.
07-19-2015 02:03 PM RE: Benarkah Nutrisi Buah dan Sayuran Makin Berkurang?
#10


Ichi07 Away
FNS MEMBER
FNS Member
**

Posts: 200
Joined: Mar 2015

Reputation:

FCoin: 9.10ƒc
(07-19-2015 01:00 PM)kangsander Wrote:  pningkatan produksi buah dngn pestisida,,, efekny buruk bner,,,,,

lah sekarang d tempt ane,, petani2 udah pke autan yng notabenenya buah bunuh nyamuk,, d pake buat obat tanaman,,,, suram

Yaa karena modernisasi ini mas, apa" serba instan, petani skrng jarang banget make pupuk organik, seperti kotoran hewan sama dedaunan.
07-19-2015 04:32 PM RE: Benarkah Nutrisi Buah dan Sayuran Makin Berkurang?
#11


tantan Away
FNS MEMBER
FNS Member
**

Posts: 115
Joined: Jun 2015

Reputation:

FCoin: 7.09ƒc
(07-19-2015 01:00 PM)kangsander Wrote:  pningkatan produksi buah dngn pestisida,,, efekny buruk bner,,,,,

lah sekarang d tempt ane,, petani2 udah pke autan yng notabenenya buah bunuh nyamuk,, d pake buat obat tanaman,,,, suram

di daerah pantura subang kalau ada serangan hama wereng untuk padi kalau udah ga bisa pake pestisida mereka pake solar gan buahaha

bangga jadi diri sendiri
07-19-2015 05:49 PM RE: Benarkah Nutrisi Buah dan Sayuran Makin Berkurang?
#12


akbaryanto69 Away
Baru Belajar
Registered
*

Posts: 3
Joined: Jul 2015

Reputation:

FCoin: 151.00ƒc
kalo makan nasi uda itu buah2an .. bener g itu gan kalo buah2annya jd sampahh aja ??
07-19-2015 07:53 PM RE: Benarkah Nutrisi Buah dan Sayuran Makin Berkurang?
#13


kangsander Away
FNS MEMBER
FNS Member
**

Posts: 372
Joined: Oct 2014

Reputation:

FCoin: 16.91ƒc
(07-19-2015 04:32 PM)tantan Wrote:  
(07-19-2015 01:00 PM)kangsander Wrote:  pningkatan produksi buah dngn pestisida,,, efekny buruk bner,,,,,

lah sekarang d tempt ane,, petani2 udah pke autan yng notabenenya buah bunuh nyamuk,, d pake buat obat tanaman,,,, suram

di daerah pantura subang kalau ada serangan hama wereng untuk padi kalau udah ga bisa pake pestisida mereka pake solar gan buahaha

ebusetttt pke solar,,, buahaha itu klo kna puntng roko kga kbakar ap,,,,,

kangsander, proud to be a member of ForNesia Family since Oct 2014. dan saya suka Kimcil.
(This post was last modified: 07-19-2015 07:55 PM by kangsander.)
07-20-2015 12:34 AM RE: Benarkah Nutrisi Buah dan Sayuran Makin Berkurang?
#14


Mr.Kurosaki Away
HunteR
HunteR
*

Posts: 74
Joined: Aug 2014

Reputation:

FCoin: 2.19ƒc
Nutrisi berkurang karena bahan kimia yg di gunakan utk pertanian skrg gan ..

Learn To Be Better Dude!!
07-20-2015 10:41 PM RE: Benarkah Nutrisi Buah dan Sayuran Makin Berkurang?
#15


denitri28 Away
HunteR
HunteR
*

Posts: 61
Joined: Jul 2015

Reputation:

FCoin: 152.83ƒc
saya kl tidak salah pernah mendengar atau membaca kalau Buath tomat itu tidak boleh di masukan ke dalam Kulkas... karena bisa mengurangi Vit yang ada di Buah tersbut...

ya menurut saya lebih baik buah LOKAL lansung di petik dr pohonnya...

denitri28, proud to be a member of ForNesia Family since Jul 2015.




Possibly Related Threads...
Thread: Author Last Post
  Cari Jasa Profesional Makin Mudah dengan Seekmi.com kocakkocuk 06-25-2015 09:08 PM
Last Post: tantan

Search thread:


[-]
Advertisement