Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
[Info] Alasan Kenapa Kaki dan Ketiak Gampang Geli
#1
[Image: ketiak.jpg]
Ketiak dan telapak kaki hampir sebagian besar orang menjadi bagian tubuh yang paling tidak tahan geli. Kenapa dua bagian ini paling sensitif dan tidak tahan jika digelitik atau disentuh?

Beberapa orang mungkin memiliki bagian sensitif yang berbeda, karena pada titik tersebut menghasilkan refleks geli dengan derajat yang bervariasi atau bahkan tidak sama sekali. Seseorang mungkin memiliki daerah sensitif dimana orang lain tidak merasakan apapun.

Telapak kaki dan ketiak merupakan dua daerah dalam tubuh yang paling sensitif bagi kebanyakan orang. Hal ini karena pada telapak kaki memiliki konsentrasi Meissner’s corpuscles yang lebih tinggi. Ujung dari saraf ini akan membuat telapak kaki memiliki kadar geli yang lebih tinggi daripada bagian tubuh lainnya, seperti dikutip dari health.

Biasanya tempat yang paling geli adalah tempat yang sangat rentan terhadap serangan, setidaknya di sekitar bagian atas tubuh. Pada bagian ketiak mengandung pembuluh darah dan arteri, serta memungkinkan akses leluasa ke jantung karena tulang rusuk sangkar tidak lagi memberikan perlindungan kepada rongga dada di sekitar ketiak.

Hal yang sama juga berlaku pada bagian tubuh yang geli lainnya seperti leher. Karena tidak ada perlindungan dari tulang, maka secara otomatis seseorang akan bereaksi ketika daerah tersebut disentuh oleh orang lain. Sebagai tambahan, saraf reseptor yang dekat dengan permukaan kulit akan membuat sensitifitasnya makin tinggi.

Selain itu, leher juga mengandung bagian-bagian penting. Seperti karotid yang akan memasok darah ke otak serta batang leher yang membawa udara ke paru-paru juga terletak dibagian depan leher.

Peneliti juga menunjukkan bahwa cerebellum (otak kecil), yang merespons sentuhan akan menunjukkan aktivitas yang lebih saat diberi sentuhan yang mendadak dibandingkan dengan sesuatu yang telah diantisipasi. Jika otak sudah bisa mengenali sentuhan yang akan datang, hal ini akan membuat saraf respons tidak terlalu intens. Makanya seseorang tidak akan pernah berhasil menggelitik diri sendiri.

Seseorang yang tertawa saat digelitik dipengaruhi oleh faktor sosial, karena orang akan tertawa jika yang melakukan sentuhan tersebut adalah seseorang yang dekat atau sudah merasa nyaman satu sama lain seperti orang tua, sahabat, atau teman. Namun, jika yang melakukannya adalah orang lain, responsnya bukan tertawa tapi bisa saja menjadi marah
Reply
#2
Kalo digelitik tapi gak geli brarti gak normal ya gan? ketawaaa
Marilah belajar kawan wah
Reply
#3
(04-11-2015, 01:06 PM)faztmob Wrote: Kalo digelitik tapi gak geli brarti gak normal ya gan? ketawaaa
kl ga geli urat'e wes putus kali gan ketawaaa
orangbiasa, proud to be a member of ForNesia Family since Mar 2014.
Reply
#4
"Jika otak sudah bisa mengenali sentuhan yang akan datang, hal ini akan membuat saraf respons tidak terlalu intens. Makanya seseorang tidak akan pernah berhasil menggelitik diri sendiri"
ane coba gelitikin kaki sendiri dan.... masi geli bukan kepalang o.O
apalagi kalo digelitik orang lain, mau siap" dulu kaya gimana tetep geli buahaha
[Image: 0yiydbV.gif]
Reply
#5
Ane bayangin aja sudah terasa geli he3
Hello world!
Reply
#6
(04-11-2015, 02:49 PM)orangbiasa Wrote:
(04-11-2015, 01:06 PM)faztmob Wrote: Kalo digelitik tapi gak geli brarti gak normal ya gan? ketawaaa
kl ga geli urat'e wes putus kali gan ketawaaa

waduh, urat ane putus brarti nih ketawaaa

(04-11-2015, 03:11 PM)aviator Wrote: "Jika otak sudah bisa mengenali sentuhan yang akan datang, hal ini akan membuat saraf respons tidak terlalu intens. Makanya seseorang tidak akan pernah berhasil menggelitik diri sendiri"
ane coba gelitikin kaki sendiri dan.... masi geli bukan kepalang o.O
apalagi kalo digelitik orang lain, mau siap" dulu kaya gimana tetep geli buahaha

apalagi kalo gelitikin cewek lewat gan, pasti kena tampar dah ketawaaa :p
Marilah belajar kawan wah
Reply
#7
Mayoritas kebayakan ketiak yg geli. kalo kaki ada yg gak merasa geli ataupun karna kapalan buahaha
 
[Image: Fornesia.gif]
Reply
#8
Itu yg cerebellum biasanya cwek2 historis langsung padahal cm disentuh tangannya doang (mendadak megang) wkwk
Tp kalau ketiak biasanya bnyk org jg yg tahan geli gan apalg org2 tua


Sent from my iPhone using Tapatalk
[Image: ?size=468x60]
Reply
#9
(04-12-2015, 12:19 AM)dodi Wrote: Mayoritas kebayakan ketiak yg geli. kalo kaki ada yg gak merasa geli ataupun karna kapalan buahaha
 

Justru menurut ane ketiak kurang geli bro klo digelitikin.
Telapak kaki yang geli. buahaha

Show ContentSpoiler:

Sekedar nambahin. Selengkangan juga geli. Geli banget malah.
Anak cowok pasti tau yang ane maksud. Mungkin pernah ngegelitikin selengkangan temennya pake kaki. buahaha
Reply
#10
kalo kaya ade ray berati jarang geli kali gan,,
H.est, proud to be a member of ForNesia Family since Oct 2014. dan saya suka Kimcil.
Reply
#11
kan syaraf geli broh ketawaaa
gajahduduk, proud to be a member of ForNesia Family since Apr 2015.
Reply
  


Possibly Related Threads…
Thread Author Replies Views Last Post
  [Info] 3 Alasan Penting Mengapa Kamu Wajib Download Windows 10 Bekool 33 5,742 11-03-2017, 04:28 PM
Last Post: labrax
  Inilah Alasan Pentingnya Minum Air Hangat di Pagi Hari haniEXID 6 1,507 04-28-2017, 01:38 AM
Last Post: fendycp