Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

[Info] Bukan PDI-P, Siapa Pemilik Domain Internet "Jokowi.id"?

#1
JAKARTA, KOMPAS.com — Nama domain internet "Jokowi.id" ternyata telah didaftarkan dan dibeli. Siapakah pemiliknya dan akan digunakan untuk apa?

Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) mengakui bahwa alamat situs "Jokowi.id" telah didaftarkan pada Senin (24/3/2014). Namun, Pandi enggan mengungkap siapa pihak yang mendaftarkan nama domain tersebut.

"Kami harus menjaga kerahasiaan. Kami tidak bisa memberitahukan siapa pendaftarnya. Yang jelas, kami menjamin pendaftaran bahwa nama domain ini sudah sesuai dengan semua aturan pendaftaran nama domain 'Apapun.id' pada periode Sunrise," kata Ketua Pandi Sigit Widodo saat dihubungi KompasTekno.

Periode Sunrise merupakan tahap pertama pendaftaran nama domain internet "Apapun.id" atau populer disebut "Anything.id". Pendaftaran dan penjualan nama domain ".id" di tahap ini secara eksklusif diperuntukkan bagi para pemegang merek, sejak 20 Januari sampai 17 April 2014. Hingga kini, sebanyak 285 nama domain internet ".id" telah dibeli oleh para pemegang merek.

KompasTekno melakukan penelusuran tentang pemilik nama domain internet "Jokowi.id". Ternyata, alamat tersebut bukan dibeli oleh partai pengusung Joko Widodo, PDI Perjuangan (PDI-P), melainkan oleh Sekretariat Nasional Jaringan Organisasi dan Komunitas Warga Indonesia (Seknas Jokowi), sebuah organisasi masyarakat pendukung Jokowi.

Salah seorang Presidium Seknas Jokowi, Sammy Pangerapan, mengakui bahwa pihaknya telah membeli domain "Jokowi.id" dan diberi amanat secara resmi oleh Jokowi untuk mengelola situs tersebut.

Pihaknya bisa membeli nama domain itu karena telah mematenkan nama organisasi "Sekretariat Nasional Jaringan Organisasi dan Komunitas Warga Indonesia." Singkatan "Seknas Jokowi" juga telah dipatenkan di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

"Nama domain tersebut akan kami gunakan untuk kepentingan Joko Widodo dalam pemilu dan kampanye lain setelah pemilu," kata Sammy. Situs "Jokowi.id" dijadwalkan mulai aktif setelah tanggal 17 April 2014.

Pandi, pengelola nama domain internet Indonesia, berharap bakal calon presiden lainnya dapat memanfaatkan nama domain dengan akhiran ".id" sebagai situs resmi. "Domain '.id' ini merupakan domain tepercaya. Jika menggunakan nama domain selain '.id', bisa saja lawan capres membuat situs palsu untuk menyebarkan informasi yang tidak benar dan merugikan capres yang bersangkutan," lanjut Sigit.

Pandi mempersilakan "Jokowi.id" untuk mulai diaktifkan setelah 17 April 2014 karena tanggal tersebut merupakan batas akhir pendaftaran domain internet ".id" bagi pemegang merek.
Reply
#2
yuk deface yuk situsnya wkwkwkwkw
Reply
#3
itu kan batas akhir bagi pemegang merek
trus siapakah pemegang merek jokowi?
aneh sungguh aneh
Reply
#4
xixixixixixixi biasa klo lagi jadi treading topik nama'y pasti laku ntar juga ujung2 nye di bayar'n tuh site.
Reply
#5
Jokowi tetap exsis.. ketawaaa (like)
Reply
#6
yaaaahhh....klau kita pusing ngikutin trik para elite politik gunanya buat apa? biarkanlah mereka apa adanya, daan marilah kita fikirkan hidup kita masing? apakah kita sudah berkecukupan materi seperti mereka elite politik itu???
Reply
#7
Widih lumayan tuh buat monetizing, bisa dijual lagi ke PDIP :ngakak
cyberwarezcp, proud to be a member of ForNesia Family since Apr 2014.
Reply
#8
Paling juga orang2nya jokowi. Ato punyaan jasmev.

Gini aja jadi berita. Heran.
Reply
#9
Jasmev kali. ato orang niat gans
Reply
#10
hmhm DDOS yuk website nya
hehe
btw buat apa ya tuh situs dibeli
tanda tanya nih
Reply
#11
Bayar brp itu domain.id per tahunnya
Reply
#12
ayolah jokowi cyber bertindakkkkk. ane mau kok jd relawan..
[Image: images.jpg]
Kuliah bukan jurusan IT, tp tertarik belajar bahasa pemrograman.

Thanks Fornesia.
Reply
#13
berita tentang jokowi di media emang gak ada habis2nya ya :wah
AVI
Reply
#14
Jokowi emang gak lagi moncer2nya gan
Nobita, proud to be a member of ForNesia Family since Sep 2014. dan saya suka Kimcil.
Reply
#15
bodo laaah....
berita gag penting juga,,,
Reply
#16
Berita ttg jokowi ga ada matinya. ketawaaa
Reply
#17
jokowow eksis juga nih.. buahaha
Reply
#18
ujung2nya tetep duitt ntarrr.. hehe
Reply
  


Possibly Related Threads…
Thread Author Replies Views Last Post
Wink INFO "BBM Naik, Jokowi Kerja untuk Siapa?" xmanz 34 7,789 06-27-2015, 03:06 PM
Last Post: bledux
  INFO Kejaksaan Agung nganggur berat, periksa Jokowi dan Ahok :D bendjo116 9 2,699 06-03-2015, 01:39 AM
Last Post: gajahduduk