Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

[Info] Hati-hati ke Jalur Puncak, Ada Ancaman Longsor

#1
TEMPO.CO, Bogor - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor mengingatkan masyarakat agar berhati-hati melintasi jalur Puncak. Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Bogor Budi Aksomo mengatakan bencana longsor bisa terjadi lagi saat Puncak dipadati warga yang berlibur menjelang tahun baru. "Harus ekstra hati-hati," kata Budi seperti dikutip dari Antara, Sabtu, 27 Desember 2014. (Baca: Kenapa Daerah Subur Rawan Longsor.)
Pada Jumat sore, tanah di Jalan Raya Puncak dekat Riung Gunung longsor. Longsoran tanah menutupi sebagian badan jalan serta menumbangkan sebuah pohon. Namun tidak ada korban jiwa di kawasan itu. Sedangkan di RT 02 RW 04, Kampung Caringin, Desa Tugu Utara, Puncak, satu orang tewas karena tertimbun longsor.
Budi mengatakan tingginya curah hujan di Puncak menjadi penyebab longsor. Selama sepekan terakhir, kata Budi, tanah menjadi labil karena hujan turun setiap hari pada sore hingga malam. Untuk itu, BPBD Bogor menyiagakan Tim Reaksi Cepat (TRC) di setiap lokasi yang berpotensi mengalami longsor. "Segera lapor jika terjadi suatu hal yang membahayakan," ujarmya. (Baca: Awas, Januari Diramalkan Puncak Bencana.)
Lokasi longsor di Puncak sudah ditangani petugas. Kini, jalur Puncak tetap bisa dilalui kendaraan. Namun bahaya longsor tetap mengintai karena wilayah Bogor dan sekitarnya masih dilanda hujan. Selain Bogor, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan dengan intensitas sedang akan mengguyur daerah Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Depok, dan Tangerang.
#2
noh yg mau liburan akhir tahun ke puncak,lebih waspada ya...
musin hujan...bencana longsor mengancam
#3
liburan pas musim ujan.
rawan longsor pula.
#4
gak cuman itu. kalo bisa hindari tebing" yang curam om, walaupun sudah ada penahannya tapi pasti ada kemungkinan longsor tanah bagian bawahnya
btw kemaren sempet mau jalan" ke puncak gunung dieng, eh malah di bojonegoro longsor sampe 1 kampung habis. ngeri dah jadinya
#5
wah harus ekstra hati hati nih :sujud:
#6
musim2 hujan seperti skrg ini daerah manapun memang rawan longsor terutama dataran tinggi seperti puncak
#7
biasa kalo libur panjang puncak pasti rame, udah gitu lagi, musim penghujan lagi
ga heran kalo terjadi longsor idk
God's in His Heaven All's Right With The World

#8
Yang senang mendaki harus kudu ati ati apalagi ini masih musim ujan bahaya banget
#9
mnding lburnny maen aer d jakarta,,,,,,,,,gratisss,,,,dpt mkn pula,,, hehe

#bantaranciliwung
kangsander, proud to be a member of ForNesia Family since Oct 2014. dan saya suka Kimcil.
#10
mending ke puncak kenikmatan, cuma bikin becek doang gan wkwkwk
#11
memang sih daerah sana rawan longsor karena banyak pembangunan vila2 yang tidak mengindahkan lingkungan sekitar, padahal banyak lokasi yang menjadin penyangga longsor dan daerah resapan air, tapi yah namanya juga uang berkuasa, banyak orang kaya yg punya lahan disana... sementara penduduk sekitar hanya menjadi penonton
#12
Musim hujan. Diharapkan lbh brhati2 om. Trek licin juga brbahaya. Waspadalah
#13
khususnya wisata2 yg msh rawan seperti pacet jatim..... msh ngeri ingat2 kejadian dlu......
kmrin smpat kesana jalannya udah maulai bnyak yg retak....
#14
ane sendiri yang emang deket dari bogor jarang main ke puncak sih
bukan karna ancaman longsor
tapi ancaman macet sedih
AVI
#15
iya gan, harus berhati2 kalo melewati jalanan yang seperti itu
  


Possibly Related Threads…
Thread Author Replies Views Last Post
  INFO Jalur KA Jember - Panarukan akan Kembali Dioperasikan 2016 badarudinhasan 7 2,481 11-15-2014, 12:22 AM
Last Post: Zafira_rs