Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

[Info] Memahami Cara Bertransaksi Saham

#1
[Image: saham0413.jpg]

Bertransaksi saham sebenarnya sederhana, layaknya para pedagang bertransaksi di pasar-pasar tradisional.

Bagaimana cara bertransaksi saham?

Bertransaksi saham sebenarnya sederhana, layaknya para pedagang bertransaksi di pasar-pasar tradisional. Saat membeli baju atau sayuran di pasar, harga yang tercapai berdasarkan hasil kesepakatan penjual dan pembeli. Di pasar tradisional, selain ada pedagang atau penjual, ada mandor pasar yang mengurus lokasi pasar dan tentu saja pembeli.

Sama halnya dengan transaksi saham di lantai bursa. Di Bursa Efek Indonesia (BEI), kita mengenal broker, bursa efek dan investor. Investor (pembeli) melakukan jual atau beli sahamnya lewat broker melalui system di bursa efek.

Dengan siapa investor bertransaksi?

Jika di pasar tradisional, pembeli membeli barang dari pedagang, lain halnya dengan transaksi saham di bursa. Sejatinya, investor saham bertransaksi dengan investor lainnya. Investor tersebut bisa berupa individu maupun investor institusi.

Mekanisme transaksinya mirip dengan ketika kita mencari rumah (property) via agen. Bila kita ingin beli rumah, langkah pertama adalah menghubungi agen properti untuk melakukan pesanan dengan order jenis/spefikasi yang dicari dan kisaran harga beli.

Lalu broker tersebut mencari daftar rumah yang dijual atau mencari ke teman sesama agen properti untuk memenuhi order tersebut. Barang yang dijual adalah barang dari investor lain. Tentu saja investor lain tersebut sudah memberikan order terlebih dahulu.

Hal sama juga berlaku saat transksi saham. Investor yang ingin membeli saham, harus memasukan order terlebih dahulu melalui broker, lalu order itu dicarikan lawannya dengan order investor jual lewat sebuah sistem.

Dimana lokasi transaksi saham?

Sebenarnya ada lokasi transaksi saham. Tapi itu dulu. Namanya dikenal sebagai Bursa Efek Indonesia (BEI). Disanalah order tersebut dipertemuakan sehingga terjadi transaksi (done). Di awal-awal perdagangan bursa, order ditulis dipapan tulis dan ketika ada yang ketemu atau done dicatat.

Apakah kita perlu ke tempat tersebut untuk bertransaksi?

Seiring perkembangan teknologi, order tersebut di masukan keserver dan setiap broker mengirim orangnya untuk memasukan order di terminal-terminal. Karena perkembangan teknologi telekomunikasi dan informasi, sekarang order itu bisa dikirim langsung dari kantor broker ke server di bursa efek lewat teknologi remote trading.

Apakah perbedaan remote trading dengan online trading?

Remote trading berbeda dengan online trading. Remote trading memfasilitasi perdanganan dari broker-broker ke server di bursa efek. Transaksi antar broker dilakukan melalui sistem bursa. Sedangkan online trading adalah sistem broker yang digunakan investor untuk memasukan oder mereka.

Jadi setiap nasabah dapat memasukan order jual atau beli mereka melalui sistem online trading ke server broker, lalu order-order tersebut diteruskan ke bursa efek lewat sistem remote trading.

Bagaimana memulai transaksi?

Untuk memulai transaksi, nasabah harus memilih broker terlebih dahulu. Hal ini sama dengan ketika kita ingin menabung atau deposito di bank. Kita harus memilih bank dulu, datang kesana untuk mengisi formulir dan ketika sudah disetujui tabungan kita, baru kita dapat transaksi, baik menabung ataupun menarik tabungan.

Hal yang sama terjadi saat ingin memulai investasi saham di bursa. Setelah memilih broker, kita mengisi formulir pembukaan rekening di kantor broker (kadang formulir bisa diantar dan dijemput). Sesudah terbuka rekening efek, kita harus menyetor deposit awal untuk menjadi modal transaksi. Sesudah itu baru kita bisa melakukan transaksi efek.
Reply
#2
istilah penting:
market rally = keadaan pasar saham persis setelah anda jual saham
market crash = keadaan pasar saham persis setelah anda beli saham

kabur
Reply
#3
info sangat penting bagi ane yg mw belajar trading...

thanks gan
setan88, proud to be a member of ForNesia Family since Mar 2014.
Reply
#4
kayaknya pernah liat di forex
ato emang mirip ya
Reply
#5
Kalo point2 naik turun itu maksudnya gimana.. cengengesan:
ICARUZ

The Red Devil's Army
Reply
#6
thanks gan infonya, siapa tau ntar berguna ketawaaa
okriyus, proud to be a member of ForNesia Family since Jul 2014. dan saya suka Kimcil.
Reply
#7
cara liat naik turun harga gimana gan ? klo liat di tv cuma dikasih tau naik/turun sekian persen
Reply
#8
lebih sederhana mana ama trading reksadana gan?
Reply
#9
main saham risk nya gede
mending jualan online aja kalo ane hehehe
Reply
#10
masih belum ngerti bner2 soal beginian
Reply
#11
izin nanya gan, teman ane pernah main beginian, trus nawarin ke gw, gw lupa nama aplikasi nya, dia tentang mata uang dunia gan, apa sama kyk gini aplikasi nya gan? gw liat ini tentang barang bukan mata uang. ini menggunakan aplikasi apa gan? atau ada yang tau gk aplikasi untuk main saham mata uang dunia? plus tutor nya gan thks.
Reply
#12
rada bingung sama main saham ini

walaupun udah di ajari sama temen yang anak saham masih aja nggak paham

harus semalam suntuk untuk cari keuntungan
Reply
#13
hehe izin nanya agan suhu, adakah para suhu yang saat ini bekerja sebagai broker saham di sekuritas? (Bukan Future) Tengkyu suhu hehe
Reply
#14
dr yg saya tangkap broker itu kaya makelar atau perantara.. kalo iya apa gk bkalan rusak tu harga dipermainkan brokernya..
Reply
#15
ayo para suhu, di gelar di sini donk tips dan trik tradingnya hormat
Reply
#16
mohon diajarin gan, pengen mencoba tapi takut risiko kerugiannya
Reply
#17
info penting nih, analoginya cukup buat ane sdkit paham tapi ane masih banyak yg bingung buahaha
Butuh penjelasan lebih mendalam
HDgondrong, proud to be a member of ForNesia Family since Feb 2015.
Reply
  


Possibly Related Threads…
Thread Author Replies Views Last Post
  Tips Investasi Saham agusrizqi06 4 1,920 09-21-2014, 05:03 AM
Last Post: ismumale