Current time: 10-21-2018, 07:04 PM Stay in touch via Twitter Facebook RSS Feed
Ada Baiknya anda baca Peraturan Forum ForNesia Disini Dan Disitu Sebelum Terlambat!
System Registration Forums Mulai Kedepan Sewaktu waktu akan Di Tutup.
Silahkan Dibaca Mengenai Auto Pruning User . Agar tidak ada pertanyaan lagi tentang kehilangan akses forum.



[Info] Mengenal Jenis Kualitas Film

10-18-2014 02:01 PM Mengenal Jenis Kualitas Film
#1


Okiemp1st Away
HunteR
HunteR
*

Posts: 35
Joined: Jan 2014

Reputation:

FCoin: 2.00ƒc
Mengenal Jenis Kualitas Film

Di bawah ini beberapa istilah kualitas film yang sering muncul ketika kita akan mendownload sebuah film sharing;

HRHDTV / HR.HDTV / HDTV / HD.TVrip : High Resolution High Definition merupakan film yang direkam dari siaran TV High Defenition. Namun ada beberapa kesalahan persepsi tentang terminologi ini. Beberapa menyebutnya Half-Resolution High-Definition. Hal ini karena resolusi HRHD hanya 3/4 tinggi resolusi aslinya dan lebarnya di downsampling ke resolusi 720p. Sehingga secara luas resolusi, gambar HRHD hanya 56.25% dari siaran HD yang biasanya. HR.HDTV biasanya diencoding menjadi resolusi 640x352 (360p) dan 960x528 (540p). Info : yang biasanya di TV orangnya Normal dan kalau sudah di Encoder menjadi pendek dan sedikit Gemuk / bisa juga di akali dengan Crop Screen jika tidak ingin mengalami Kegendutan.

BDRip : Nah kalo yang ini hasil rip dari BRRip, kualitas video dan gambar sangat bagus, biasanya beda hanya dari resolusi saja yang lebih kecil dari BRRip.


BRRip
: Ripper dari Bluray. Kualitasnya jauh lebih bagus dari DVDRip namun membutuhkan spesifikasi hardware yang lebih tinggi pula . Jika hardware komputer (VGA dan lain-lain) tidak memadai maka film akan terlihat patah-patah.

3D : nah ini format film yang memang dikhususkan untuk media yang mendukung format 3D, bila kalian play di media yang tidak mendukung gambarnya akan jadi dua kanan dan kiri sama

BRRip / Bluray : BRRip merupakan istilah lain dari Bluray karena hasil rip dari bluray sehingga kualitasnya pun sama. BRRip merupakan kualitas tertinggi jenis film sharing saat ini. Resolusi yang tersedia untuk BRRip biasanya 720p dan 1080p. Semakin tinggi resolusinya maka semakin jernih kualitas gambarnya. Namun makin tinggi resolusi maka diperlukan spesifikasi komputer yang tinggi juga, jika tidak maka akan terjadi lag atau patah-patah saat film dimainkan. BRRip oleh sahabat icinema3satu sering disebut dengan istilah ijo karena warna hijau pada penulisannya.

WEB-DL : Kualitas ini sedikit di bawah kualitas BRRip atau bisa dikatakan setara. Biasanya kualitas WEB-DL akan muncul sebelum kualitas BRRip muncul. Source Web-DL biasanya diunduh dari iTunes Store atau situs lainnya yang menyediakan siaran TV melalui jaringan internet. Resolusi yang ada biasanya 720p dan 1080p.

HDRip dan HDTV : Kedua kualitas ini sudah sangat layak untuk ditonton. Kualitas gambar dan suaranya pun cukup bagus dan ukurannya tidak terlalu besar. HDTV adalah hasil rip dari TV dengan kualitas HD jadi gambar dan audio sangat bagus. HDTV biasanya untuk serial TV yang tayang seminggu sekali.

PPV : adalah singkatan Pay Per View. Kualitas ini cukup bagus, dihasilkan dari sumber sebuah screen televisi yang dihubungkan atau direkamkan ke PVR atau DVD recorder.

DVDRip : Kualitas ini merupakan salinan dari DVD Original. Kualitas gambar dan suaranya juga cukup bagus meski jauh dari kualitas BRRip namun ukurannya jauh lebih kecil.

DVDScr : Kualitas ini masuk dalam kategori kualitas merah atau kurang bagus.

R6 dan atau WEBRip : Sama halnya DVDScr kualitas inipun masih masuk dalam kualitas merah. Untuk kualitas ini biasanya terdapat hardsub (subtitle) korea, china, russia, atau bahasa lain yang cukup mengganggu ketika ditonton, kualitas video cukup bagus tetapi terkadang kualitas audionya kurang bagus.

TS (Telesync) : kualitas ini sedikit lebih bagus dari CAM. Selain itu sering terdapat kualitas HDTS yang merupakan peningkatan kualitas TS dengan resolusi yang lebih baik / tinggi.

CAM : Kualitas ini bisa dikatakan kualitas terburuk dari film sharing. Kualitas ini merupakan hasil dari rekaman camera digital yang diambil langsung di bioskop sehingga kadang penonton yang lalu lalang ikut terekam. Rekaman kualitas ini biasanya menggunakan mini tripod sehingga sering terdapat sedikit goncangan. Selain CAM terdapat pula kualitas HDCAM yang merupakan kualitas CAM dengan resolusi yang lebih baik / tinggi.

- mHD :
mini/micro HD, hampir sama dengan HD, tetapi dengan resolusi yang lebih kecil yaitu 1280x5xx, sehingga ukuran filepun juga lebih kecil dibandingkan HD.

- Workprint :
film yang belum diedit efek visulnya secara keseluruhan. Bisanya terdapat adegan yang hilang, suara yang tidak beraturan. Kualitas film ini bervariasi dari yang paling baik hingga yang paling buruk.

- VCD :
biasanya digunakan untuk transfer kualitas rendah (CAM / TS / TC / Screener (VHS) / TVrip (analog) untuk membuat ukuran file yang lebih kecil.

- VHSRip
Dicopy langsung dari VHS tapenya langsung, biasanya hanya dimiliki oleh film-film olah raga atau ***** .k.a XXX

- TVRip / Episodes
Film dengan jenis ini, biasanya direkam langsung pada saat film tersebut sedang disiarkan. Kulitas bergantung pada stasiun televisi yang menyiarkan, apakah film tersebut disiarkan dalam format high definition atau tidak. Kalau film tersebut disiarkan dengan format high definition, maka kualitasnya akan sangat baik. Contoh untuk flm dengan flag ini adalah film-film serial amerika, misal Heroes, KyleXY, 24, dll.

- DSRip (Digital Satelite)
Direkam dari transmisi satelite, kualiatasnya baik, biasanya di encode dalam format xvid.



Biasanya urutan keluarnya kualitas dari sebuah film sharing adalah sebagai berikut, meskipun tidak selalu :
[CAM / HDCAM] -> [TS / HDTS] -> [R6 / WEBRip / DVDScr] -> [DVDRip / HDRip / HDTV / PPV] -> [WEB-DL] -> [BRRip / Bluray]

Dan untuk Kualitas video pada HP, biasanya :

3GP (3GPP Format File): format yang paling umum untuk mobile. semua ponsel mendukung format ini. Memiliki resolusi sangat rendah. kualitas sangat miskin jika dilihat pada komputer. Memiliki suara yang sangat miskin. Satu-satunya manfaat adalah bahwa ia memiliki ukuran yang sangat kurang. baik untuk melihat ponsel saja. Pemain yang didukung: Quicktime. 2 jam film: 60-70MB

AVI (Audio Video Interleaved): Paling sering digunakan format video untuk komputer. bermain di hampir semua jenis pemain. kualitas video yang bagus tergantung pada ukuran. 2 jam film: definisi tinggi-1.5GB, kualitas normal: 700MB

MP4: resolusi tinggi dan besar kualitas video. Tetapi sangat besar dalam ukuran. Pemain didukung: VLC, windows media player, real player. 2hr size: 900MB

MPEG (Moving Picture Experts Group) :Adalah format kompresi yang distandarisasi oleh Moving Picture Experts Group (MPEG), yang terbentuk oleh 350 perusahaan dan organisasi.

WMV ( Windows Media Video )
Adalah bagian dari sistem Windows Media buatan Microsoft. Adalah sebuah codec untuk mengencode film dan mentransform slide show yang berisi format bitmap kedalam video terkompres. WMV sebenarnya adalah versi proprietary dari MPEG-4. Video Stream sering dikombinasikan dengan Audio Stream dalam format WMA, dengan video WMV yang dikemas kedalam kontainer AVI atau ASF.

Matroska / MKV
Adalah format multimedia gratis (open source format). Format ini, dengan ekstensi file dari ‘. Mkv’, didasarkan pada EBML (Extensible Binary Meta Language), yang memungkinkan perubahan harus dilakukan dengan mudah jika perlu, tanpa melanggar mendukung file lama. Inilah sebabnya mengapa dikatakan bahwa “Matroska dirancang dengan masa depan dalam pikiran”.
Matroska bukanlah video codec seperti yang sering berpikir untuk menjadi, tetapi sebuah wadah, atau sebuah amplop yang dapat menampung banyak codec yang berbeda pada waktu yang sama. Sesuai namanya (Rusia boneka berbentuk telur yang terkandung dalam satu sama lain) Matroska dapat berisi video (DivX, Xvid, RV9, dll), suara (MP3, MP2, Ogg, AC3, AAC, DTS, PCM), serta sub judul (SRT, ASS, SSA, USF, dll) di file yang sama. Tujuan pengembangan Matroska adalah untuk memberikan yang fleksibel dan lintas-platform alternatif ke AVI, ASF, MP4, MPG, MOV, dan RM. Fitur utamanya termasuk cepat mencari, pemulihan kesalahan tinggi, modularly diperpanjang, dipilih subjudul dan audio stream, bab entri, menu, dan streamable melalui internet. An example of a Matroska file is a completevideo file that includes a video stream and an audio stream, as well as subtitles and a menu system. Contoh sebuah file Matroska file video yang lengkap yang meliputi aliran video dan audio streaming, serta sub judul dan sistem menu.

3G2 (3GPP2 format file)
Adalah wadah multimedia format yang ditetapkan oleh 3GPP2 untuk 3G CDMA2000 jasa multimedia. Hal ini sangat mirip dengan format 3GP, tapi memiliki beberapa ekstensi dan keterbatasan dibandingkan dengan 3GP.

DiVX : “Dikembangkan oleh DiVXNetworks, format video kompresi berbasis MPEG-4 ini memiliki ukuran yang sangat kecil, bahkan dapat mencapai kurang dari seperdelapan ukuran MPEG-2 dengan kualitas yang tetap terjaga. Format ini sering disebut video MP3”
(This post was last modified: 10-18-2014 02:52 PM by Okiemp1st.)
10-18-2014 02:15 PM RE: Mengenal Jenis Kualitas Film
#2


avifornesia Away
FORNESIA ENTHUSIAST
FORNESIA ENTHUSIAST
*******

Posts: 1,574
Joined: Aug 2014

Reputation:

FCoin: 221.92ƒc
Limited RewardDonatur VIPTop PosterForNesia Lovers
kalau yang di bioskop itu pakai resolusi apa ya?

AVI
10-18-2014 02:22 PM RE: Mengenal Jenis Kualitas Film
#3


Okiemp1st Away
HunteR
HunteR
*

Posts: 35
Joined: Jan 2014

Reputation:

FCoin: 2.00ƒc
(10-18-2014 02:15 PM)avifornesia Wrote:  kalau yang di bioskop itu pakai resolusi apa ya?

Kurang tau juga gan kalo yg di bioskop, tapi kalo g salah pernah baca" kualitas film bioskop itu "2k-8k", kalo ga salah resolusi data,tp gatau lagi sih
tp setau ane yg di TV TV itu kebanyakan blueray 1080.yg cukup memadai apabila hanya digunakan sebatas televisi rumahan.
10-18-2014 04:12 PM RE: Mengenal Jenis Kualitas Film
#4


zelfix Away
ForNesia Family
Registered
*

Posts: 34
Joined: May 2014

Reputation:

FCoin: 2.00ƒc
ane minimal kalo mau nonton kudu dvdrip

zelfix, proud to be a member of ForNesia Family since May 2014.
10-18-2014 05:01 PM RE: Mengenal Jenis Kualitas Film
#5


madas99 Away
FNS MEMBER
FNS Member
**

Posts: 140
Joined: Jul 2014

Reputation:

FCoin: 5.61ƒc
maagf oot dikit mod,krna ini thread berkaitan dngan Mengenal Jenis Kualitas Film....ane mw tnya knapa lepi ku klo putar film yg blueray slalu media plaleynya yg hang jadi hitam,,,apa mnkin ya vganya ndk kuat atau media playernya ada mslah?bingung
10-18-2014 05:13 PM RE: Mengenal Jenis Kualitas Film
#6


legendrydoe Away
FNS MEMBER
FNS Member
**

Posts: 101
Joined: Jul 2014

Reputation:

FCoin: 102.18ƒc
gan klau mksdnya bluray 720p 5.1 Channel itu apaya ..??
channel suaranya kah?
10-20-2014 01:35 PM RE: Mengenal Jenis Kualitas Film
#7


Okiemp1st Away
HunteR
HunteR
*

Posts: 35
Joined: Jan 2014

Reputation:

FCoin: 2.00ƒc
(10-18-2014 05:01 PM)madas99 Wrote:  maagf oot dikit mod,krna ini thread berkaitan dngan Mengenal Jenis Kualitas Film....ane mw tnya knapa lepi ku klo putar film yg blueray slalu media plaleynya yg hang jadi hitam,,,apa mnkin ya vganya ndk kuat atau media playernya ada mslah?bingung

Saya coba jelaskan sedikit menurut kepahaman ane gan.
semakin tinggi kualitas film yg agan ingin putar , maka semakin tinggi pula requirement yg harus dimiliki media nya ( Laptop ) , dalam hal ini VGA.
untuk itu semakin tinggi resolusi yg ada pada film yg agan donlod akan, otomatis semakin besar Size dan semakin berat pula pada lepi gan.
kalo masalah media player, ane sih pake KMplayer, gatau untuk agan" yg lain.
ane putar bluray 1080p, file size 2gb,Vga lepi ane 512mb. memang agak berat kalo sama buka yg lain, close dulu progam yg g guna, dan cuma media player aja gan.

itu aja, mungkin kalo ada yg lbh paham bisa dibenerin.

(10-18-2014 05:13 PM)legendrydoe Wrote:  gan klau mksdnya bluray 720p 5.1 Channel itu apaya ..??
channel suaranya kah?

setau saya itu language gan, hasil edited dari masing" pihak.
saya ambil contoh misal film THE RAID 2 kemaren, ada 2 macam Channel, yg asli kan berbahasa indonesia (suaranya) , dan channel lainnya berbahasa inggris, tetapi mimik pada bibir akan berbeda.
(This post was last modified: 10-20-2014 01:38 PM by Okiemp1st.)




Possibly Related Threads...
Thread: Author Last Post
  [Info] Mengenal Definisi dan Kualitas pada Video atau Movie Auryn 11-16-2015 07:15 PM
Last Post: Andypradana28

Search thread:


[-]
Advertisement