Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

[Info] Mimpi LAPAN Bikin Satelit Hingga Roket

#1
[Image: 101729_satelitsatnews.jpg]
Jakarta - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Indonesia memiliki program kerja jangka panjang pengembangan satelit telekomunikasi hingga roket pembawa satelit. Program ini terangkum dalam masterplan selama 25 tahun ke depan.

Untuk satelit, LAPAN berencana meluncurkan satelit LAPAN A2 untuk penginderaan jarak jauh. Ke depan, LAPAN ingin mengembangkan dan meluncurkan satelit telekomunikasi secara mandiri.

"Sekararang kita realistis bikin satelit. Apakah itu satelit telekomunikasi dan satelit penginderaan jarak jauh," kata Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin di Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN, Bogor, Jawa Barat, Jumat (28/11/2014).

Thomas menyebut tentang tantangan pendanaan untuk pengembangan satelit komunikasi. Setidaknya secara hitungan kasar, sebuah satelit baru seharga Rp 3 triliun maka biaya pengembangannya bisa mencapai Rp 6 triliun. Artinya Rp 3 triliun untuk pembuatan satelit dan Rp 3 triliun untuk pembuatan fasilitasnya di awal-awal.

Namun dengan dibuat sendiri, ke depan kemandirian dan sisi ekonomis bisa tercapai. Potensi kebutuhan satelit komunikasi sangat besar, apalagi perusahaan Indonesia selalu membeli satelit dari luar negeri.

"Kita kembangkan satelit sendiri plus biaya kembangkan dua kali dari harga. Tentu anggaran itu harga harus disiapkan," jelasnya.

Tidak hanya satelit, LAPAN secara bertahap mengembangkan roket untuk pendorong satelit. "Kita juga kembangkan roket peluncuran satelit," sebutnya.
Reply
#2
mimpi bs jd kenyataan klo kita berusaha keras bwat ngewujudinnya
semoga aja mimpi LAPAN bs diwujudkan jd kita sebagai warga indo bs bangga karena punya satelit buatan anak bangsa bukan beli satelit dari luar wah
No Game No Life
Reply
#3
(12-02-2014, 08:15 PM)bracuk Wrote: mimpi bs jd kenyataan klo kita berusaha keras bwat ngewujudinnya
semoga aja mimpi LAPAN bs diwujudkan jd kita sebagai warga indo bs bangga karena punya satelit buatan anak bangsa bukan beli satelit dari luar wah
sebenarnya indonesia tu bisa seperti negara lain yg sudah dahulu buat kayak gitu asal pemerintah dukun sepenuhnya soal pendanaan.yg di alami indonesia yaitu masalah dana
Reply
#4
harusnya sistem ekonomisnya dibuang dulu kk, buat naikin nilai kemandiriannya
btw butuh dukungan besar dari pemerintah nih harusnya
mengingat negara lain makin hebat dalam hal pertahanan negara, ane yakin anak bangsa bisa
suruh pulan dulu tuh anak" didik bangsa yang udah diluar, buang dulu sisi ekonomisnya pasti bisa menajmin mereka mau jempol
Reply
#5
susah ngwujudinnya,,,,klo pmerinthnya kga pernh ada perhatian terhadap tekhnologi antariksa,,,,,
klah sama negara laen yng udah melihat antariksa sebagai,alat kekuatan contoh amerika punya satelit,,untuk memata2i kekuatn negara laen

pemerinth indonesia hrus kjadian dulu bru bergerak,,,,,,,, teuing ah,,,,,,rek nganadalkeun teknologi santet murunann,,, Smile
Reply
#6
indonesia masih kurang peka terhadap teknologi... seharusnya teknologi harus di priotas kan dahulu... liat saja kasus yang penyadapan... dari tahun 2008 baru terbongkar 2014??
Reply
#7
Indonesia jangan hanya bisa bermimpi tapi bisa merealisasikannya. Indonesia masih terlalu larut dalam konflik akhir-akhir ini. Seharusnya Pemerintah lebih mengoptimalkan lagi Anggaran dan SDM yang bagus. wah
qibIP, Copyright©2014, All Right Reserved

Reply
#8
indonesia memiliki anak-anak bangsa yang cerdas kalau buat proyek kaya gini
hanya saja pemerintah sendiri yang gak mau mengambil anak-anak bangsa
sehingga anak-anak bangsa kabur keluar negeri
AVI
Reply
#9
kalo punya mimmpi setinggi langit itu sudah pasti banyak

tapi terbenturnya masalah dana, maka banyak dari ilmuan indonesia pindah ke LN

untuk melanjutkan misinya
Reply
#10
moga cepet kesampean, meski indonesia suka ketinggalan dari negara2 lain dlm hal teknologi.
Reply
#11
harus didukung nih
buat satelit yang bayak biar jd negara maju
Reply
#12
yah mungkin mimpi lapan ini bisa di wujudkan oleh sembilan sepuluh sebelas dan seterusna
Reply
#13
indonesia sebernya bisa ngalahin negara" maju,
tapi ketika pemerintahnya kebanyakan peduli sama duit duit dan duit, ngalahin negara malaysia pun just a dream
Reply
#14
buat satelit 6 triliun ga bisa...???
padahal subsidi BBM lebih dari 200 triliun/tahun
Reply
#15
jangan sampai nasibnya kaya proyek pesawat n250..
Reply
#16
Ane pernah ke pamengpeuk, ga nyangka kantor lapan di sana biasa bener.
emang luas tapi bangunannya biasa ketawaaa
Reply
#17
sebenarnya banyak orang-orang indonesia yg hebat, tapi malah bekerja untuk negara lain,
mungkin gara-gara kurangnya perhatian pemerintah atau bagaimana,
Reply
#18
(12-02-2014, 08:23 PM)afina86 Wrote:
(12-02-2014, 08:15 PM)bracuk Wrote: mimpi bs jd kenyataan klo kita berusaha keras bwat ngewujudinnya
semoga aja mimpi LAPAN bs diwujudkan jd kita sebagai warga indo bs bangga karena punya satelit buatan anak bangsa bukan beli satelit dari luar wah
sebenarnya indonesia tu bisa seperti negara lain yg sudah dahulu buat kayak gitu asal pemerintah dukun sepenuhnya soal pendanaan.yg di alami indonesia yaitu masalah dana

setuju sama agan ini , indonesia sebenernya bisa bikin , SDA nya juga gak kalah dibanding negara2 lain yang udah bikin duluan , cuman ya balik lagi pasti akar masalahnya di pendanaan. Padahal harusnya udah mulai dirintis dari sekarang
Reply
  


Possibly Related Threads…
Thread Author Replies Views Last Post
  Mobil President Tabrak Konvoi Hingga Sekarat kakek1987 10 2,522 10-08-2015, 06:03 AM
Last Post: ry4n4md
  Jurusan Kuliah Ini Bisa Hasilkan Gaji Hingga Rp 1,67 Miliar kocakkocuk 29 6,115 08-15-2015, 08:38 PM
Last Post: hanifah