Current time: 08-21-2018, 06:08 AM Stay in touch via Twitter Facebook RSS Feed
Ada Baiknya anda baca Peraturan Forum ForNesia Disini Dan Disitu Sebelum Terlambat!
System Registration Forums Mulai Kedepan Sewaktu waktu akan Di Tutup.
Silahkan Dibaca Mengenai Auto Pruning User . Agar tidak ada pertanyaan lagi tentang kehilangan akses forum.



[Info] Mimpi LAPAN Bikin Satelit Hingga Roket

12-02-2014 08:47 PM Mimpi LAPAN Bikin Satelit Hingga Roket
#1


farhanfajrin Away
HunteR
HunteR
*

Posts: 35
Joined: Jun 2014

Reputation:

FCoin: 2.00ƒc
[Image: 101729_satelitsatnews.jpg]
Jakarta - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Indonesia memiliki program kerja jangka panjang pengembangan satelit telekomunikasi hingga roket pembawa satelit. Program ini terangkum dalam masterplan selama 25 tahun ke depan.

Untuk satelit, LAPAN berencana meluncurkan satelit LAPAN A2 untuk penginderaan jarak jauh. Ke depan, LAPAN ingin mengembangkan dan meluncurkan satelit telekomunikasi secara mandiri.

"Sekararang kita realistis bikin satelit. Apakah itu satelit telekomunikasi dan satelit penginderaan jarak jauh," kata Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin di Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN, Bogor, Jawa Barat, Jumat (28/11/2014).

Thomas menyebut tentang tantangan pendanaan untuk pengembangan satelit komunikasi. Setidaknya secara hitungan kasar, sebuah satelit baru seharga Rp 3 triliun maka biaya pengembangannya bisa mencapai Rp 6 triliun. Artinya Rp 3 triliun untuk pembuatan satelit dan Rp 3 triliun untuk pembuatan fasilitasnya di awal-awal.

Namun dengan dibuat sendiri, ke depan kemandirian dan sisi ekonomis bisa tercapai. Potensi kebutuhan satelit komunikasi sangat besar, apalagi perusahaan Indonesia selalu membeli satelit dari luar negeri.

"Kita kembangkan satelit sendiri plus biaya kembangkan dua kali dari harga. Tentu anggaran itu harga harus disiapkan," jelasnya.

Tidak hanya satelit, LAPAN secara bertahap mengembangkan roket untuk pendorong satelit. "Kita juga kembangkan roket peluncuran satelit," sebutnya.
12-02-2014 09:15 PM RE: Mimpi LAPAN Bikin Satelit Hingga Roket
#2


bracuk Away
Kill Me Baby
JKT48
*

Posts: 718
Joined: Oct 2014

Reputation:

FCoin: 500.53ƒc

Night Owl
mimpi bs jd kenyataan klo kita berusaha keras bwat ngewujudinnya
semoga aja mimpi LAPAN bs diwujudkan jd kita sebagai warga indo bs bangga karena punya satelit buatan anak bangsa bukan beli satelit dari luar wah

No Game No Life
12-02-2014 09:23 PM RE: Mimpi LAPAN Bikin Satelit Hingga Roket
#3


afina86 Away
HunteR
HunteR
*

Posts: 60
Joined: Dec 2014

Reputation:

FCoin: 2.05ƒc
(12-02-2014 09:15 PM)bracuk Wrote:  mimpi bs jd kenyataan klo kita berusaha keras bwat ngewujudinnya
semoga aja mimpi LAPAN bs diwujudkan jd kita sebagai warga indo bs bangga karena punya satelit buatan anak bangsa bukan beli satelit dari luar wah
sebenarnya indonesia tu bisa seperti negara lain yg sudah dahulu buat kayak gitu asal pemerintah dukun sepenuhnya soal pendanaan.yg di alami indonesia yaitu masalah dana
12-02-2014 09:34 PM RE: Mimpi LAPAN Bikin Satelit Hingga Roket
#4


ayibiko Away
Otaku
Otaku
*

Posts: 782
Joined: Oct 2014

Reputation:

FCoin: 276.13ƒc

Night Owl
harusnya sistem ekonomisnya dibuang dulu kk, buat naikin nilai kemandiriannya
btw butuh dukungan besar dari pemerintah nih harusnya
mengingat negara lain makin hebat dalam hal pertahanan negara, ane yakin anak bangsa bisa
suruh pulan dulu tuh anak" didik bangsa yang udah diluar, buang dulu sisi ekonomisnya pasti bisa menajmin mereka mau jempol
12-03-2014 12:03 AM RE: Mimpi LAPAN Bikin Satelit Hingga Roket
#5


kangsander Away
FNS MEMBER
FNS Member
**

Posts: 372
Joined: Oct 2014

Reputation:

FCoin: 16.91ƒc
susah ngwujudinnya,,,,klo pmerinthnya kga pernh ada perhatian terhadap tekhnologi antariksa,,,,,
klah sama negara laen yng udah melihat antariksa sebagai,alat kekuatan contoh amerika punya satelit,,untuk memata2i kekuatn negara laen

pemerinth indonesia hrus kjadian dulu bru bergerak,,,,,,,, teuing ah,,,,,,rek nganadalkeun teknologi santet murunann,,, Smile
12-03-2014 12:20 PM RE: Mimpi LAPAN Bikin Satelit Hingga Roket
#6


kahendaswf Away
FNS MEMBER
FNS Member
**

Posts: 88
Joined: Dec 2014

Reputation:

FCoin: 2.27ƒc
indonesia masih kurang peka terhadap teknologi... seharusnya teknologi harus di priotas kan dahulu... liat saja kasus yang penyadapan... dari tahun 2008 baru terbongkar 2014??
12-04-2014 09:13 AM RE: Mimpi LAPAN Bikin Satelit Hingga Roket
#7


qibIP Away
FNS MEMBER
FNS Member
**

Posts: 136
Joined: Jun 2014

Reputation:

FCoin: 2.09ƒc
Indonesia jangan hanya bisa bermimpi tapi bisa merealisasikannya. Indonesia masih terlalu larut dalam konflik akhir-akhir ini. Seharusnya Pemerintah lebih mengoptimalkan lagi Anggaran dan SDM yang bagus. wah

qibIP, Copyright©2014, All Right Reserved

[Image: Untitled20141208144910.jpg]
12-06-2014 01:15 PM RE: Mimpi LAPAN Bikin Satelit Hingga Roket
#8


avifornesia Away
FORNESIA ENTHUSIAST
FORNESIA ENTHUSIAST
*******

Posts: 1,574
Joined: Aug 2014

Reputation:

FCoin: 221.92ƒc
Limited RewardDonatur VIPTop PosterForNesia Lovers
indonesia memiliki anak-anak bangsa yang cerdas kalau buat proyek kaya gini
hanya saja pemerintah sendiri yang gak mau mengambil anak-anak bangsa
sehingga anak-anak bangsa kabur keluar negeri

AVI
12-09-2014 07:45 PM RE: Mimpi LAPAN Bikin Satelit Hingga Roket
#9


taqiya Away
Moderator Of DJ
Moderators
*****

Posts: 324
Joined: Apr 2014

Reputation:

FCoin: 4.18ƒc
Donator (Rank I)Extreme Staff
kalo punya mimmpi setinggi langit itu sudah pasti banyak

tapi terbenturnya masalah dana, maka banyak dari ilmuan indonesia pindah ke LN

untuk melanjutkan misinya

Spoiler :
[Image: image.gif]
12-13-2014 07:35 PM RE: Mimpi LAPAN Bikin Satelit Hingga Roket
#10


j4zzy Away
FNS MEMBER
FNS Member
**

Posts: 129
Joined: Oct 2014

Reputation:

FCoin: 103.85ƒc
moga cepet kesampean, meski indonesia suka ketinggalan dari negara2 lain dlm hal teknologi.
12-15-2014 01:59 PM RE: Mimpi LAPAN Bikin Satelit Hingga Roket
#11


akunden Away
HunteR
HunteR
*

Posts: 35
Joined: Mar 2014

Reputation:

FCoin: 2.00ƒc
harus didukung nih
buat satelit yang bayak biar jd negara maju
12-16-2014 09:07 PM RE: Mimpi LAPAN Bikin Satelit Hingga Roket
#12


bhankbhand Away
FNS MEMBER
FNS Member
**

Posts: 88
Joined: Mar 2014

Reputation:

FCoin: 6.60ƒc
yah mungkin mimpi lapan ini bisa di wujudkan oleh sembilan sepuluh sebelas dan seterusna
12-16-2014 09:24 PM RE: Mimpi LAPAN Bikin Satelit Hingga Roket
#13


Unholyrick Away
HunteR
HunteR
*

Posts: 74
Joined: Sep 2014

Reputation:

FCoin: 2.37ƒc
indonesia sebernya bisa ngalahin negara" maju,
tapi ketika pemerintahnya kebanyakan peduli sama duit duit dan duit, ngalahin negara malaysia pun just a dream
12-17-2014 11:35 PM RE: Mimpi LAPAN Bikin Satelit Hingga Roket
#14


wavinnn Away
HunteR
HunteR
*

Posts: 21
Joined: Mar 2014

Reputation:

FCoin: 2.00ƒc
buat satelit 6 triliun ga bisa...???
padahal subsidi BBM lebih dari 200 triliun/tahun
12-18-2014 03:53 AM RE: Mimpi LAPAN Bikin Satelit Hingga Roket
#15


Parjo Away
HunteR
HunteR
*

Posts: 72
Joined: Oct 2014

Reputation:

FCoin: 3.35ƒc
jangan sampai nasibnya kaya proyek pesawat n250..




Possibly Related Threads...
Thread: Author Last Post
  Mobil President Tabrak Konvoi Hingga Sekarat kakek1987 10-08-2015 07:03 AM
Last Post: ry4n4md
  Jurusan Kuliah Ini Bisa Hasilkan Gaji Hingga Rp 1,67 Miliar kocakkocuk 08-15-2015 09:38 PM
Last Post: hanifah

Search thread:


[-]
Advertisement