Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

[Info] Penemu LTE yang Gagal Jadi PNS Ini Idamkan Mudik ke Indonesia

#1
[Image: 284333_penerima_penghargaan_achmad_bakri...63_382.jpg]
Khoirul Anwar, penerima Penghargaan Achmad Bakrie (PAB) XII 2014 Untuk Negeri dari kalangan ilmuwan muda berprestasi di Jakarta, Selasa

Peneliti Penemu teknologi Long Term Evolution (LTE) asal Indonesia, Khoirul Anwar, telah mendapatkan kemapanan sebagai peneliti di Jepang. Di sana ia meneliti untuk Japan Advanced Institute of Science and Technology School of Information Science (JAIST).

Peneliti kelahiran Kediri itu sudah 12 tahun menetap terakhir di negeri Sakura, untuk mendalami ilmu dan bekerja di sana. Namun demikian, tanah air selalu menyimpan rindu. Khoirul mengaku ingin berkarir di dalam negeri.

"Tahun ini, saya sebenarnya ingin pulang ke Indonesia. Di sini ada CPNS, saya ditawari jadi dosen di ITB," ungkap Khoirul ditemui kemarin malam sesaat sebelum Penghargaan Achmad Bakrie X11 2014 di Jakarta.

Namun keinginan itu harus tertunda. Pasalnya saat jadwal ujian CPNS beberapa waktu lalu, ia tak sempat mengikutinya dengan alasan sedang di tidak di dalam negeri.

"Tapi pas ujian, saya lagi di Mekkah, jadi nggak lulus ujian," ungkapnya.

Gagal dalam CPNS, Khoirul menyatakan tetap ingin pulang dan mengabdi ke Indonesia. Saat kembali nanti, ia ingin menularkan ilmu yang didapatnya untuk pengembangan riset.

"Ya suatu saat saya ingin, pulang dengan networking yang banyak ke Indonesia, bikin suatu pusat riset untuk telekomunikasi. Dari situ lahir riset masa depan," imbuh doktor jebolan Nara Institute of Science and Technology, Jepang.

Ia juga mengaku saat ini ia merasa lebih bisa berkontribusi dari luar negeri. Hal ini bukan tanpa alasan. Menurutnya, meneliti di Jepang lebih mendapatkan dukungan ekosistem penelitian.

"Di sana tingkat kepastian kesejahteraan tinggi, karir kita cepat naik, achievement dihargai. Evaluasi jelas. Update achievement tiap tahun," bebernya.

Saat ini ia lebih memilih merekrut mahasiwa jebolan S1 dari Indonesia yang bertalenta, untuk dipromosikan di Jepang dan jaringannya. Ia mengungkapkan saat ini, ia sudah merekrut tiga mahasiswa dalam negeri.

"Saya ajak mahasiswa Indonesia ke sana dan saya gaji. Kan di sana, kita apply project ke pemerintah (Jepang), tapi uangnya untuk gaji mahasiswa itu," kata peneliti jebolan S1 Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung itu.

Ia berharap dengan menimba ilmu di negeri Matahari Terbit, mahasiswa Indonesia bisa menemukan teknologi terkini di dunia.

"Jangan meneliti yang sudah ada di jurnal, nanti ketinggalan jauh nanti," tambahnya.

Saat ditanyakan kapan rencana mudik ke Indonesia, Khoirul susah menjawabnya. Ia mengatakan masih ingin mendalami ilmu dan mencari jaringan sebanyak-banyaknya sebelum pulang ke tanah air.

"Mungkin 20 tahun lagi sepertinya," jawabnya dengan senyuman.

Khoirul merupakan penemu teknologi LTE. Temuan Khoirul yaitu peningkatan kecepatan transmisi secara dramatis dalam sistem komunikasi jaringan nirkabel. Ia menemukan teknik memakai dua pasang fast Fourier transform (FFT), yang sebelumnya menggunakan satu pasang FFT.
Inovasi ini mampu menghemat daya transmisi dan membantu menghasilkan kecepatan tinggi komunikasi nirkabel. Konsepnya itu telah menjadi standar international dan diadopsi untuk teknologi LTE.

Atas kontribusinya IT, tahun ini ia mendapatkan gelar peneliti muda berprestasi dalam Penghargaan Achmad Bakrie XII 2014.

sumberbuahahaiva.co.idok
Reply
#2
udah bisa jadi profesor tuh kalo udah ada riset sendiri topda
uun4n4rcy5,member of ForNesia Family. I Love Telkimcil.
Reply
#3
yg begini...
orang pinter kurang dihargai nih di mari...
Reply
#4
wow keren konsep teknologi LTEnya om Khoirul Anwar bs jd standar international + diadopsi untuk teknologi LTE.
semoga entr klo dia dah mutusin tinggal di indo bs ningkatin kualitas internet indo wah
No Game No Life
Reply
#5
seandainya dana pemerintah buat riset2 gini lancar, pasti inet bisa murah
Reply
#6
ya begitulah di indonesia buahaha
banyak orang pinter tapi "kepinteran" nya itu digunakan oleh negara lain buahaha
negara lain tinggal jual aja ke indonesia, padahal itu hasil karya orang indonesia asli buahaha
Reply
#7
indonesia sebenarnya memiliki banyak orang cerdaas yaa tetapi sayangnya banyak dari mereka tidak di hiraukan
Reply
#8
Hm,,, ya dia emg nasionalisme nya keren,,,, cm apa mampu bertahan ga di ekosistem indonesia? Sedangkan di jepang itu apa yg dia butuh pasti d sediakan.. jangan2 ntar kyk habibie, keren d luar kandang, mampus di dalam kandang -_____-;
Reply
#9
Di sini sumber daya manusia dan sumber daya alamnya berkualitas tetapi tidak ada tempat untuk menampung dan mengelola sumber daya itu.
Padahal jika ditampung dan dikelola dengan benar dan tepat maka hasilnya bisa mencengangkan dunia.
Reply
#10
kebanyakan orang pinter indonesia tinggal di luar negeri... duh pemerintah kemana nih?? aset negara pada diembat asing
Reply
#11
orang yang terjerat pidana di jemput, di negara manapun mereka, yang cerdas di diamin aja, harusnya jemput juga dong, suruh pulang ke indo supaya mereka mereka bisa berkarya di negara sendiri
Reply
#12
percuma om balik ke indo.. palingan malah g dihargai dimari ketawaaa
mending di sana aja lebih punya derajat.. sumpah deh buahaha
Reply
#13
realita orang indo begini nih, kasian juga kalau semua orang yang punya potensi memajukan negeri malah ujung ujungnya memajukan negeri orang lain, nasionalisme orang orang di indonesia memang telah memudar ya, padahal banyak lo orang orang indo yang cerdas dan berpretasi tapi ujung ujungnya mereka lari ke luar", karna kebanyakan menganggap kecerdasan mereka tidak di hargai dan diberi balasan yang sitimpal bila di indo" ironis
Reply
#14
ya beignilah NKRI
banyak yg redas tp tak dihiraukan
maknya banyak yg lari keluar nergeri
Reply
#15
(12-12-2014, 05:31 AM)clafelallerizu Wrote: yg begini...
orang pinter kurang dihargai nih di mari...

Betul om orang pinter di negeri ini kurang penghargaan makanya banyak yang kabur ke LN.
Reply
#16
namanya jg Indonesia, yg pinter dibuang, yg kurang pinter disimpan
Reply
#17
orang pinter tu di indonesia g di pakek
Reply
#18
disaat seperti inilah orang kaya dia diperlukan, indonesia lagi transisi ke 4G.
tapi sayang, beliau blm puas mengenyam pendidikannya, jadi mungkin nanti setelah beliau penuh ilmu, akan berguna bagi dunia telekomunikasi indonesia.
Reply
  


Possibly Related Threads…
Thread Author Replies Views Last Post
Tongue [SHARE] Gadis Bersaudara yang Super Cantik Ini Ternyata dari Indonesia leroforz 41 15,969 04-27-2017, 11:32 PM
Last Post: fendycp
Thumbs Up INFO Hebat! Berani Nolak Jadi Cawapres bendjo116 23 5,950 06-01-2015, 12:16 AM
Last Post: gajahduduk