Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
[Info] Perusahaan Teknologi Dukung Gerakan Pengetahuan Bebas
#1
KOMPAS.com - Perusahaan teknologi terus menunjukan dukungan terhadap gerakan "ilmu pengetahuan bebas" atau biasa disebut "open science" yang telah mendorong perdebatan tentang publikasi karya ilmiah dan proses ilmiah itu sendiri.

Ensiklopedia online Wikipedia, sejak 2001 telah mengambil langkah untuk membuat ilmu pengetahuan bisa diakses siapa saja. Google, juga melakukan hal itu, dengan mempublikasi penelitian yang diterbitkan dalam forum online tersendiri, dan membayar biaya akses terbuka untuk memastikan bahwa jurnal ilmiah tertentu dapat diakses oleh semua orang.

"Ketika datang ke penelitian ilmiah, kita telah secara konsisten mengatakan bahwa akses terbuka untuk publikasi mempercepat penelitian, mempercepat inovasi, dan turut memajukan ekonomi global," tulis Google di blog resmi perusahaan, bulan Mei 2013.

Perusahaan teknologi Microsoft, baru-baru ini berkomitmen mendukung gerakan ilmu pengetahuan bebas. Divisi penelitian Microsoft Research mengumumkan akan mengadopsi kebijakan baru untuk mengajak peneliti atau penerbit mempublikasi jurnal ilmiah ke situs online yang diakses secara bebas.

Direktur Senior Microsoft Research, Jim Pinkelman percaya, langkah ini akan mempercepat laju penelitian. "Kami pikir akses lebih terbuka terhadap temuan penelitian adalah cara yang tepat di masa depan. Lembaga menyadari hal itu, penulis menyadari, dan kami menyadari hal itu," tutur Pinkelman, seperti dikutip dari Recode.net.

Yang pasti, Microsoft memang tidak akan memberikan kode pemrograman perangkat lunaknya. Akan tetapi, setidaknya mereka melonggarkan kendali terhadap divisi penelitian agar mau merilis hasil penelitian.

Beberapa tahun terakhir, beberapa lembaga mulai membangun sistem yang lebih terbuka atas jurnal ilmiah, mengutamakan kolaborasi, yang memungkinkan siapa saja mengakses penelitian atau jurnal tanpa biaya dan tanpa kerumitan. Langkah ini sangat membantu peneliti yang sering menemui kendala atas jurnal ilmiah komersial.

Konsep dasar di balik ilmu pengetahuan terbuka ini adalah membuat pengetahuan harus disebarkan seluas mungkin, mengundah partisipasi pihak luar. Harapannya, akan muncul inovasi dari berbagai pihak.

"Pengetahuan ilmiah baik untuk global. Sangat penting agar setiap orang memiliki akses," kata Richard Price, CEO Acedemia.edu, sebuah situs web untuk berbagi jurnal ilmiah.

Situs web semacam Academia.edu dan ResearchGate.net, telah menjadi jejaring sosial bagi para peneliti yang ingin berbagi, membaca, dan mengomentari jurnal ilmiah.

Bukan hanya perusahaan teknologi, perusahaan farmasi sekelas Johnson & Johnson pun, berencana merilis data ilmiah hasil uji klinisnya, melalui kesepakatan dengan Universitas Yale dalam program Open Data Access Project.

Universitas Yale merupakan salah satu universitas di AS yang memiliki kebijakan open science, yang menyediakan banyak jurnal ilmiah.
Reply
#2
"Pengetahuan ilmiah baik untuk global. Sangat penting agar setiap orang memiliki akses," setuju gw dwngan quote yg ini gan
Reply
#3
ilmu emang harusnya dibagi2
jangan digunakan sendiri
makin dibagi makin banyak yang kita dapat
Reply
#4
makin banyak di bagi makin baik perkembangan sebuah ilmu dari pada di pendam sendiri kan lebih baik di bagi2 xixixixixixi
Reply
#5
Tapi banyak negara maju(pemerintahannya) sebenaranya khawatir nanti semakin banyak orang pintar dan teknologi murah,membuat negara maju tidak bisa menjual teknologi dengan mahal
Reply
#6
wuisss mantab (Y) harus dimulai juga dengan "Open Source" lah hehe
cyberwarezcp, proud to be a member of ForNesia Family since Apr 2014.
Reply
#7
Wink 
jadi gu mana mas kan ane mah mau nyimak duju ada ghanm ahhh hheeeeee
Reply
#8
Bebas tapi ada peraturannya gan ..!? hadeh bebas bersyarat,,,
[Image: images.jpg]
Kuliah bukan jurusan IT, tp tertarik belajar bahasa pemrograman.

Thanks Fornesia.
Reply
#9
ilmu itu emang harus di bagi2, karena ketika ilmu di bagi akan ada ilmu baru yang akan kita dapatkan
AVI


Reply
#10
walaupun begitu harus ada filer nya jangan sampe ilmu kejahatan juga di bagi2
Reply
#11
tapi sekarang banyak jurnal nyampah di academia.edu, hanya mencari linkback ke webnya
hehheh
Show ContentjangaN buka bos:
Reply
  


Possibly Related Threads…
Thread Author Replies Views Last Post
  [Info] Ini Alasan Facebook Beli Perusahaan "Virtual Reality" Dobez 38 6,074 06-21-2015, 12:39 PM
Last Post: kai1313
  [Info] Perusahaan Sony Diserang Hacker farhanfajrin 13 2,019 01-10-2015, 11:56 PM
Last Post: kurangtidur