• 1(current)
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 10
  • Next 
Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
[Info] Tips Menjaga Kesehatan Mata di Depan Komputer
#1
Quote:
Komputer/laptop adalah bagian penting dalam kehidupan di era modern ini. Orang-orang sudah tak bisa dipisahkan lagi dengan komputer baik untuk bekerja, belajar dan bermain game. Terlalu lama berada di depan komputer menimbulkan efek negatif bagi kesehatan. Kurangnya aktivitas fisik membuat tubuh Anda tidak membakar kalori pada tubuh sehingga akhirnya membuat perut buncit. Tidak hanya itu, terlalu lama menatap layar komputer juga menimbulkan dampak serius bagi *kesehatan mata*. Berdasarkan studi yang dilakukan, radiasi gelombang elektromagnetik yang dipancarkan layar komputer dapat menyebabkan kelelahan mata dan gangguan mata lainnya. Gangguan lain akibat bekerja terlalu lama di depan komputer juga dapat menyebabkan sakit kepala,sakit leher dan bahu pegal. Karenanya jika kegiatan sehari-hari Anda adalah di depan komputer maka Anda perlu memperhatikan aspek kesehatan dengan selalu melindungi dan merawat kesehatan mata.

Untuk itu kali ini ane mau share tips menjaga kesehatan mata di depan komputer, terutama yang sering nongkrong dimari tiap hari tiap malem, oke langsung saja baca tipsnya dibawah ini: buahaha

Quote:
1. Atur kecerahan layar monitor
Penting untuk mengatur kecerahan layar monitor agar nyaman ketika digunakan. Layar yang terlalu cerah akan membuat mata cepat lelah dan sakit.

2. Gunakan screen protector

Pertimbangkan untuk menggunakan screen protector/pelindung layar pada komputer/laptop Anda. Screen protector berfungi mengurangi efek radiasai yang dipancarkan layar komputer.

3. Atur jarak pandang
Idealnya, jarak pandang antara layar monitor dengan mata adalah 45 cm. Terlalu dekat mata Anda dengan layar monitor, maka akan membuat mata cepat lelah dan sakit.

4. Mengistirahatkan mata secara berkala
Normalnya kita mengedipkan mata 18 kali setiap satu menit. Namun ketika di depan layar komputer kita akan terpaku dengan pekerjaan yang sedang dihadapi sehingga akan lebih sedikit untuk berkedip. Jika ente membutuhkan waktu lama untuk bekerja di depan komputer, ambillah waktu setiap dua jam sekali untuk istirahat.

5. Alihkan perhatian sejenak
Menggunakan komputer akan membuat mata Anda tertuju hanya pada objek di monitor. Sebaiknya alihkan pandangan beberapa saat untuk memperhatikan hal sekitar agar mata tak cepat lelah.

6. Perbanyak konsumsi buah dan sayur
Buah-buahan dengan kandungan vitamin A yang tinggi sangat baik untuk /kesehatan mata/. Untuk itu, perbanyaklah konsumsi buah yang baik untuk kesehatan mata, silakan baca Buah yang Baik untuk kesehatan Mata

7. Lakukan tes mata secara berkala (bila sudah merasakan dampat sakit dimata)
Ini juga tak kalah penting. Untuk *mengetahui kondisi kesehatan mata* Anda, sebaiknya periksakan kepada dokter spesialis mata setiap 3 bulan sekali. Dengan begini, jika ada keluhan pada mata akan segera mendapat penanganan.

Semoga ulasan Alami Ilmiah tentang ane bermanfaat buat temen" dimari Smile.

Tambahan dikit nih, Cara mencegah Rabun Mata dari segi pandangan umum. Cek dimari
[Only registered and activated users can see links Click here to register]
Reply
#2
disarankan juga, jangan nonton gituan cengengesan
AVI
Reply
#3
klo bisa redupkan monitor sampe kira2 mata kita terasa nyaman.
jangan lupa minum susu biar mata jadi segar cengengesan
[Image: fornesia_signature1.gif]
Reply
#4
ane sih selalu minum jus wortel juga bwat jaga kesehatan mata hoxhox
No Game No Life
Reply
#5
klo ane sendiri gan,,, ane sering ngelakuin senam mata kaya melihat objek besar kecil secara bergantian.. intinya biar mata kita gx tegang.
Reply
#6
jangan nonton gituan apa om avi? ane kurang paham nih buahaha
betul tuh bilang om dinar, sesuaikan cahaya lcd dengan kondisi ruang sekitar. bila matiin lampu bisa lebih diturunin lagi intensitas cahayanya jempol
minum jus wortel juga bagus om, tapi terlalu manja itu malu senam mata juga bagus om, lain kali ane tambahin faktor" lainnya diatas
Reply
#7
Satu lagi gan jangan nonton video formatnya 3gp soalnya kualitas burem, apalagi yang judulnya dikosan_pacar.3gp suram
Reply
#8
ane main laptot setiap hari tp cuman 4 jam biar gk ngerusak mata
[Only registered and activated users can see links Click here to register]
Reply
#9
kyk gk terlalu berpengaruh gan klo monitor LCD, low radiasi
Reply
#10
(11-30-2014, 06:18 PM)ravikhayyu Wrote: Satu lagi gan jangan nonton video formatnya 3gp soalnya kualitas burem, apalagi yang judulnya dikosan_pacar.3gp suram
ente curhat atau gimana om? kayaknya surem banget cerita ente ngakak
(11-30-2014, 06:49 PM)legendrydoe Wrote: ane main laptot setiap hari tp cuman 4 jam biar gk ngerusak mata
Kk satu ini patut dicontoh, emang recomendasi yang bagus begitu kk. habis itu istirahatin mata dulu bentar trus lanjut lagi gpp Smile
Reply
#11
Kalo ada yang bening2, pandangan mata tidak bisa di alihkan walaupun sejenak cengengesan
Reply
#12
(11-30-2014, 11:01 PM)zen69 Wrote: Kalo ada yang bening2, pandangan mata tidak bisa di alihkan walaupun sejenak cengengesan
bening atau beling kk? awas sakit mata kalau lama" liatnya buahaha
(11-30-2014, 11:03 PM)e_Chong Wrote: Percaya atau tidak
saya udah menggunakan komputer selama 20 tahun lebih.
Minimal 1 hari pake komputer 4 jam, pernah 3 hari gak tidur buat laporan.
TApi Alhamdulillah mata saya sehat2 saja.
Setelah diingat2, waktu kecil saya minum minyak ikan scott emultion yang putih
sampai SMA. Buat teman2 yang punya anak, saya sarankan anaknya minum scott emultion
terutama yang warna putih. Tapi jarang yang suka karena baunya amis (anak ane aja gak mau, langsung muntah buahaha )
ane dari kelas 4SD juga om, gak minum apa". ane pake komputer 2-3 hari komputer gak ane matiin tuh dah biasa om, pemakaian sendiri bisa 10 jam lebih sehari. yang penting kalo ane tetep kalo mata ngerasa sudah agak sakit mending berhenti dulu bentar, trus intensitas cahaya lcd sama ruangan disesuain biar mata gak cepet sakit jangan lupa juga jaga jarak panjang. btw ikan scotnya tuh ane sensor ya om buahaha
Reply
#13
5. Alihkan perhatian sejenak
setuju banget ama poin ini + klo bisa siapkan benda2 warna ijo disekitar kita, menurut riset katanya baik untuk refreshing mata ^_^
Reply
#14
(12-02-2014, 04:24 AM)x3n0gears Wrote: 5. Alihkan perhatian sejenak
setuju banget ama poin ini + klo bisa siapkan benda2 warna ijo disekitar kita, menurut riset katanya baik untuk refreshing mata ^_^

ijo" itu bukannya dolar ya kk
kalo rupiah merah" yang bagus sepertinya malu
btw nice inpoh om, bisa ditampung lain kali ane tampilin
Reply
#15
wew, bukannya kalau pakai LCD/LED udah aman ya?
Reply
  
  • 1(current)
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 10
  • Next 


Possibly Related Threads…
Thread Author Replies Views Last Post
  [Info] Cara Merawat Kesehatan Payudara dan Keindahannya virgo 19 3,399 11-22-2015, 04:37 PM
Last Post: athin.davi
Smile [Info] Tips jika ditilang polisi lalu lintas Fzy47 258 35,216 11-04-2015, 06:22 PM
Last Post: athin.davi