Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

[Info] Tips menggunakan windows XP

#1
Masa support XP sudah habis pada 8 April 2014. Setelah masa tersebut maka tidak akan ada lagi patch, bug fix, dan update yang dirilis untuk XP. Hal ini tentu saja menjadi surga bagi para attacker, apalagi hingga saat ini Windows XP masih digunakan oleh hampir 30 persen pengguna komputer di dunia. Tentu saja mereka bakal menjadi target empuk para attacker yang tidak bertanggung jawab ini.

Solusi terbaik memang sebaiknya kamu melakukan upgrade ke versi Windows yang lebih baru. Tetapi karena beberapa hal, tidak semua orang bisa beralih dari Windows XP. Mungkin karena pertimbangan biaya, batasan spesifikasi komputer, atau masih tergantung dengan software yang hanya berjalan di Windows XP saja.

Jika kamu adalah orang yang belum bisa beralih dari Windows XP, berikut ini beberapa tips yang bisa menjaga PC kamu tetap aman pasca habisnya masa support Windows XP nanti.

Tips Jika Masih Menggunakan Windows XP

1. Selektif Dalam Memilih Software

Meskipun masa support OS kamu sudah habis, pastikan kamu memilih software yang masih memberikan support dan update untuk Windows XP. Misalnya saja untuk browser jangan gunakan Internet Explorer karena Microsoft tidak akan lagi merilis patch dan update. Gunakan saja browser seperti Chrome atau Firefox yang masih tetap memberikan support hingga beberapa tahun kedepan.

Gunakan juga antivirus yang masih support Windows XP dan tetap berkomitmen untuk memberikan update. Beruntung mayoritas antivirus masih akan tetap mensupport Windows XP, ada yang berkomitmen untuk terus memberi support hingga 2015, bahkan ada yang sampai 2016. Salah satu antivirus seperti Avast Antivirus, bakal tetap mensupport Windows XP hingga setidaknya 2 tahun kedepan.

Untuk email client jangan lagi menggunakan Outlook Express yang dipastikan tidak akan diupdate lagi. Gunakan saja Thunderbird misalnya, yang tetap bakal diberikan update oleh Mozilla hingga waktu yang belum ditentukan. Hindari juga menggunakan Office 2003 atau Office XP, karena support Office tersebut bakal habis juga pada 8 April 2014.

2. Uninstall Software Yang Tidak Dibutuhkan
Setiap software yang tidak terupdate kini bisa menjadi celah keamanan. Untuk itu pastikan kamu uninstall software-software yang sudah tidak dibutuhkan, khususnya software yang sudah tidak pernah diupdate lagi. Sisakan software yang memang sering kamu gunakan dan menjadi kebutuhan utama kamu dalam berkomputer.

3. Pastikan Software Tetap Up to date

Meskipun support Windows XP sudah dihentikan, tetapi pastikan software yang digunakan tetap up to date. Menjaga software tetap up to date akan membuat celah serangan dan eksploit semakin kecil.

4. Gunakan Akun Selain Akun Administrator
Eksploit dan infeksi biasanya akan menyebar dengan parah jika yang terinfeksi adalah akun administrator. Privilege admin memungkinkan attacker untuk mengubah dan mengendalikan PC kamu secara penuh. Untuk itu agar PC kamu lebih aman, kamu bisa menggunakan akun selain admin untuk kegiatan sehari-hari. Hanya gunakan akun admin jika diperlukan saja, misalnya untuk install software dan sebagainya. Untuk kegiatan yang tidak membutuhkan privileges admin, gunakan saja akun biasa.

5. Hilangkan Privilege Admin
Di akun yang digunakan untuk bekerja, sebaiknya menggunakan akun standar yang tidak memiliki privilege sebagai administrator. Gunakan akun yang memiliki privilege admin hanya untuk menginstall software dan aplikasi saja, selebihnya untuk beraktivitas gunakan akun standar.

6. Gunakan Secara Offline
Jika kamu memang tidak membutuhkan internet, misalnya saja komputer XP yang digunakan untuk menjalankan aplikasi perkantoran, maka sebaiknya putuskan saja koneksi internet di PC kamu tersebut. Dengan tidak terhubungnya PC ke internet, maka itu sudah mengurangi mayoritas resiko eksploit di Windows XP.

7. Batasi Konektivitas Network Seminimal Mungkin
Melindungi Windows XP akan jauh lebih mudah jika sistem lain tidak terhubung dengannya. Konektivitas network (termasuk internet) merupakan salah satu sumber dari serangan maupun eksploit, dan membatasi konektivitas tersebut seminimal mungkin sesuai kebutuhan akan membuat Windows XP menjadi lebih aman dan terisolasi.

8. Gunakan Intrusion Prevention System

Intrusion prevention systems (IPS) atau yang disebut juga Intrusion detection and prevention systems (IDPS) adalah sistem keamanan network yang akan memonitor aktivitas di sebuah network dan mengamankannya dari aktivitas-aktivitas yang mencurigakan. Jika IPS mendeteksi adanya aktivitas yang mencurigakan, misalnya saja upaya seseorang untuk menjalankan code tertentu secara remote, maka IPS akan memblokir aktivitas tersebut dan menuliskan reportnya.

Penggunaan IPS ini sangat disarankan di setiap perusahaan untuk mengamankan jaringan sistem, apalagi jika Windows XP menjadi mayoritas OS yang digunakan di perusahaan tersebut. Pastikan juga vendor IPS yang digunakan tetap up to date dengan jenis-jenis serangan baru di Windows XP.

9. Jalankan XP Pada Virtual Machine

Jika pertimbangan kamu untuk tidak bisa beralih dari XP adalah karena masih tergantung dengan software yang hanya bisa berjalan di XP, Disarankan kamu untuk menjalankan XP di virtual machine. Kamu bisa menggunakan Windows 7 atau Windows 8 sebagai sistem operasi host, dan menginstall Windows XP di virtual machine untuk menjalankan software yang kamu butuhkan. Sebagai contoh dapat menggunakan VMWare yang bisa digunakan secara gratis.

Windows 7 Pro bahkan sudah dilengkapi dengan XP Mode yang bisa digunakan untuk menjalankan Windows XP di virtual machine tanpa harus membeli lisensi XP lagi.

10. Ikuti Perkembangan Windows XP
Meskipun Microsoft sudah tidak lagi merilis informasi security dan celah keamanan Windows XP, tetapi kamu bisa terus mengikuti berbagai info dan obrolan di komunitas security pihak ketiga. Komunitas dan firma security pihak ketiga kemungkinan besar akan tetap tertarik untuk meneliti berbagai celah keamanan di Windows XP serta menawarkan berbagai solusi.

11. Lakukan Analisa Untung/Rugi
Berbagai langkah untuk menjaga security Windows XP diatas pastinya membutuhkan biaya dan upaya ekstra. Untuk itu sebaiknya kamu mulai melakukan analisa untung/rugi untuk memperhitungkan apakah tetap bertahan menggunakan Windows XP adalah pilihan yang tepat. Jika memang hal itu dianggap tidak efektif baik secara produktivitas maupun finansial, maka sebaiknya kamu mengambil langkah tepat dengan melakukan upgrade.

12. Migrasi Ke OS Lain
Jika pertimbangan kamu tidak bisa beralih dari XP adalah karena spesifikasi hardware yang tidak mumpuni untuk melakukan upgrade, kamu bisa beralih ke OS lain yang lebih aman tetapi tetap ringan. Saran, kamu bisa bermigrasi ke Linux Ubuntu jika spesifikasi PC kamu tidak mampu untuk upgrade ke Windows 7 atau Windows 8.
#2
nulis sendiri atau ambil dari google om ? kalo ambil tolongin sertakan sumbrnya ketawaaa
Rebels, proud to be a member of ForNesia Family since Sep 2014. dan saya suka Kimcil.
#3
ini mah 100 Persen COPY PASTE...
Mimin... ini termasuk junk ato ngak ya min ?
ambil di sini

http://faaluja15.blogspot.sg/2014/05/tip...ws-xp.html
  


Possibly Related Threads…
Thread Author Replies Views Last Post
Heart Menghilangkan Windows Genuine Advance (WGA) pada Windows XP KampretTamvfan 0 1,391 08-29-2015, 11:30 AM
Last Post: KampretTamvfan
  INFO Tips Agar Kinerja PC atau Laptop Maksimal vicksz 47 10,532 08-23-2015, 12:48 AM
Last Post: Yugoichi