Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

[Info] Waspada, Ada Beras Dicampur Pupuk Urea di Cirebon

#1
[Image: Beras_Bulog_jpg_thumb.gif]

Polisi bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Cirebon menggerebek pabrik penggilingan beras yang diduga menggunakan pupuk urea sebagai bahan pemutih beras di Desa Gegesik Kidul, Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon, Rabu 24 Juni 2015.

Seperti diberitakan dalam Lensa Indonesia Siang, Selasa 25 Juni 2015, gudang tersebut digerebek setelah polisi mendapat laporan dari masyarakat terkait adanya penggilingan beras yang diduga menggunakan pemutih. “Saat kami periksa, ada sebuah galon yang ditempatkan di atas dan berisi cairan,” kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Cirebon, AKP Jarot Sungkowo.

Menurut dia, setelah dilakukan pemeriksaan, pemilik gudang yang bernama Kasmin, mengaku bahwa cairan tersebut merupakan pupuk urea yang dicairkan. Cairan itu dialirkan ke beras yang tengah digiling di mesin penggilingan. Cairan tersebut berfungsi agar beras terlihat lebih putih, cerah, dan tidak gampang pecah.

Jarot menyampaikan, terkait penemuan tersebut pihaknya saat ini, sudah mengambil sampel yang digunakan sebagai bahan bukti. Diantaranya satu karung beras berukuran 50 kilogram, satu jeriken bahan urea, dan satu galon tempat air yang ditempatkan di atas penggilingan beras.

Kata dia, barang bukti tersebut akan dibawa ke laboratorium untuk diuji terlebih dulu apakah terbukti mengandung bahan kimia berbahaya atau tidak. Hingga kini belum ada satu pun yang ditetapkan sebagai tersangka. “Masih harus uji sampel terlebih dulu di laboratorium,” tutur Jarot.

Kepala Seksi Pembimbingan, Konsultasi, dan Mediasi Bidang Perlindungan Konsumen Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Cirebon Didin Wahidin mengatakan, apabila dari hasil laboratorium nanti beras tersebut terbukti mengandung bahan kimia berbahaya, pemilik penggilingan telah melanggar Pasal 7 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen.

Menurut dia, penggilingan beras tersebut mampu menghasilkan 5 ton beras setiap harinya. Adapun pemutih yang terbuat dari urea dicampur air itu digunakan untuk beras yang dipasok ke Bulog. “Untuk beras yang dipasok ke pasaran, berdasarkan pengakuan pemilik, tidak menggunakan bahan itu,” katanya.

Sumber: http://rtv.co.id/read/news/5019/waspada-...di-cirebon
BIASAKAN MEMBACA SEBELUM MEMBAJAK
Reply
#2
kemaren ada beras yg di buat dri plastik skrng ada beras yg di campur pupuk urea biar lebih putih bner2 makin parah aja nih hah
semoga pihak kepolisian bergerak cepat agar ni beras ga sampek beredar bebas di pasar
No Game No Life
Reply
#3
setttdahhh kmaren d campur sm bhan buat plastik... skarang urea suram

klo d tempat sy namany itu d inpus d penggilingan,,, ktanya buat berasny jdi rada putih sm wangi,,, pke air pandan wang..

baru tau klo bahanny d pkein daripupk urea.....
kangsander, proud to be a member of ForNesia Family since Oct 2014. dan saya suka Kimcil.
Reply
#4
wah cara pengecekan nya gmn tuh, udah terlanjur tersebar beberapa apa belum di tarik sama pihak kepolisian yg sudah terlanjur di edarkan
"PENGELANA DUNIA MAYA"
Reply
#5
nah itu beras yang dikasih urea buat dipasok buat bulog, wah ini pihak bulog harus waspada ni buat periksa beras yang dipasok masuk buat bulog.
biar nggk kecolongan sama beras ber urea ini sama satu lagi yg kemaren sempet heboh, beras plastik
Reply
#6
ampun dah orang-orang sekarang nyari duit gini amat ya
udah beras plastik sekarang pupuk urea hadeeeh
vaderfar, proud to be a member of ForNesia Family since Jun 2015.
Reply
#7
wah mesti lebih hati2 nih beli beras
Dev87, proud to be a member of ForNesia Family since Dec 2014. dan saya suka Kimcil.
Reply
#8
Kayaknya gk ada matinya niih klo soal pangan masalah kmren ajh msh anget skrang udh ada yg baru
Yg namanya bahan kimia aplgi bukan buat manusia pasti berbahaya itu urea buat tanah smpe kemakan ke manusia bahaya
Moga ajh pemerintah selektif dan kepolisian tindak tegas
Takutnya ane soalnya daerah ane klo kena ane ane juga dampaknya

Sent from my HM 1S using Tapatalk
newbie to share :)
Reply
#9
Ampun juga cara2 kotor seperti ini.apalgi di makanan..kembali jadi tarzan aja yg alami2 makanannya
hud2, proud to be a member of ForNesia Family since Jun 2015.
Reply
#10
negara kita emang kreatip ya buahaha
semuanya dijadiin apa aja biar dapet untung buahaha
pengen lihat mukanya siapa pencetus pertama ide ini buahaha
the godfather, proud to be a member of ForNesia Family since Jul 2014.
Reply
#11
harga sembako smakin mlmbung,, kmrin hbis beras plastik,, sekarang pke urea,,,telor plastik,, enek2 ae rek
victorgalih, proud to be a member of ForNesia Family since Mar 2015. dan saya suka Kimcil.
Reply
#12
angker banget uda indonesia ini, kmarin ada beras plastik sekarang beras campur pupuk urea.
Reply
#13
Indonesia pandai mengoplos apapun demi untung yg besar, makin ga aman aja ini.
kocakkocuk, proud to be a member of ForNesia Family since Jun 2014.
Reply
#14
bahaya nih musti hati2
Reply
  


Possibly Related Threads…
Thread Author Replies Views Last Post
  Waspada, Ilmuwan Bikin Robot Pengintai Manusia Alim251 6 1,832 06-25-2015, 09:19 AM
Last Post: bracuk