Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
[Info] Yuk, mengintip cara orang Jepang berdoa dengan menggunakan Ema!
#1
Mayoritas penduduk negara Jepang beragama Shinto dan Budha, maka tidaklah aneh apabila begitu banyak kuil untuk beribadah di negara tersebut. Tapi apakah kalian pernah menyadari jika di setiap kuil begitu banyak Ema yang digantung? Ema adalah papan doa kayu untuk menulis doa dan harapan di bagian belakang papan tersebut, umumnya papan doa ini dapat dibeli di kuil-kuil Jepang seharga 500 sampai 1000 Yen.

[Image: ema-price-1188.jpg]

Begitu banyak penduduk Jepang yang antusias untuk menulis doa dan harapannya, Ema pun menumpuk dengan cepat dan dikumpulkan lalu dibakar oleh kuil

[Image: shrine-girl-1188.jpg]

Sejarah dibuatnya Ema
Di masa lalu, cara yang baik untuk memenangi hati Dewa Shinto adalah dengan cara menyumbangkan kuda ke kuil setempat. Ketika menyumbangkan kuda sudah menjadi kurang umum di Jepang, lahir tradisi baru dengan cara menyumbangkan kayu yang diukir dengan gambar kuda.

Seiring berjalannya waktu, kuil pun memberi inovasi baru untuk tema dari Ema itu sendiri yang semula hanya bergambar kuda saat ini sudah banyak Ema yang dapat diukir dengan gambar-gambar kartun populer. Dan dengan adanya inovasi ini pun antusias penduduk Jepang semakin tinggi untuk membeli Ema.

[Image: peach-boy-11881.jpg]

[Image: cartoon-characters-1188.jpg]

Ema dan Dewa
Setiap kuil didedikasikan setidaknya untuk satu Dewa Shinto. Tapi ada juga kuil yang didedikasikan untuk lebih dari satu dewa. Orang-orang umumnya berdoa kepada Dewa yang berbeda untuk alasan yang berbeda pula. Sevagai contoh, Inari adalah Dewi padi dan kesuburan. Beras pada umumnya dikaitkan dengan keberhasilan dan uang. Orang-orang berdoa kepada Inari untuk kesuksesan bisnis atau ketika mereka sedang berusaha untuk mempunyai anak. Inari adalah Dewi yang sangat populer.

Ada juga Dewa yang dapat membantu untuk kehidupan cinta, kesehatan dan masalah lainnya, bahkan ada Dewa dalam hal industri tertentu seperti pembuatan sake.

Seiring perkembangan zaman, doa dan harapan di Ema pun sudah beraneka ragam bahkan sudah banyak orang-orang kreatif yang menggambar Ema-nya dengan karakter manga favorit-nya.

[Image: meiji-ema-1188.jpg]


Source : japan-talk.com
Reply
#2
woow lucu" ya gambar di doanya.
kalo gambar jav idol bisa dkabulin jg ga ya ketawaaa
Reply
#3
tradisi yg selalu terjaga sampai saat ini
Reply
#4
beda budaya gan, menghormati aja
Reply
#5
wkwkwk doanya ketauan sob... Smile
NEVER BREAK TO PHREAK
Reply
#6
mungkin ini yg bikin betah berdoa ketawaaa
[Image: banner2.gif]
Reply
#7
unik juga ya, emang apa2 yg berhubungan dgn jepang terlihat sgt menarik "ketawaaa
Reply
#8
bagus jg seni nya di gambar dan bentuk kayu nya
jepang emang msh memegang tradisi meski sudah modernnegaranya
bawahtanah, proud to be a member of ForNesia Family since Apr 2014.
Reply
#9
Wah andai gambar artis JAV gimana ya gan?
beny94, proud to be a member of ForNesia Family since May 2014.
Reply
#10
Show Contenthanya pendapat:

baru tau ane kalo dulu sama sekarang berbeda cara berdoanya, mungkin karna kuda semakin mahal makanya di ganti dengan sesuatu yang sekiranya bisa di beli semua orang
Show ContentSpoiler:
Reply
#11
kental bgt emg budaya jepang..
Reply
#12
ngakak....., yg di gambar nya jav....., ente bkal jd aktor javny kali gan....,
knights27, proud to be a member of ForNesia Family since May 2014.
Reply
#13
oh gtu ya ema itu baru tau jepang pake ema kenapa pake gak pake aki aja hihihi visss
Reply
#14
berarti kalo ada yang iseng, doa nya di liat"in ya.
ketauan deh.
hehe
Reply
#15
oh gitu, kirain apaan yang sering dilihat di kartunya itu,,,
Mokotabi, proud to be a member of ForNesia Family since May 2014.
Reply
  


Possibly Related Threads…
Thread Author Replies Views Last Post
  [Info] Seniman Jepang membuat pisang yang dapat dikupas dari Lego Kojiyuu48 50 8,893 08-15-2016, 02:30 AM
Last Post: borju
  Tanpa Listrik, Komputer Bisa Hidup Menggunakan Air Alim251 34 4,241 03-19-2016, 03:08 AM
Last Post: sonisaputra1992