Current time: 06-25-2018, 06:48 PM Stay in touch via Twitter Facebook RSS Feed
Ada Baiknya anda baca Peraturan Forum ForNesia Disini Dan Disitu Sebelum Terlambat!
System Registration Forums Mulai Kedepan Sewaktu waktu akan Di Tutup.
Silahkan Dibaca Mengenai Auto Pruning User . Agar tidak ada pertanyaan lagi tentang kehilangan akses forum.



[Info] bahaya terlalu sering makan mi instan

04-04-2015 07:04 AM bahaya terlalu sering makan mi instan
#1


uno1 Away
Banned
Banned

Posts: 45
Joined: Mar 2015

FCoin: 2.00ƒc
[Image: smiley44.gif] bagi yang keseringan makan mi instan coba dikurangi,, maksimal 2 kali dalam 1 minggu, jangan tiap hari ya [Image: smiley44.gif]

Spoiler :
Berikut beberapa bahaya kesehatan yang mengancam bila Anda terlalu sering makan mi instan :

1.Penyebab kanker
Mie instan yang beredar saat ini, ternyata cukup membahayakan. Telah diketahui bahwa permukaan mie instan dilapisi oleh lilin, inilah kenapa mie tidak pernah lengket satu sama lain. Lilin ini sangat membahayakan kesehatan tubuh, karena tubuh kita butuh waktu lama untuk mencerna lilin ini, yakni sekitar dua hari.

Jika zat ini terus menumpuk dalam tubuh, kemungkinan kita untuk terkena penyakit kanker sangatlah tinggi. Misalnya, kanker hati, usus, atau leukimia. Tidak hanya lilin dari mie instan, bumbunya pun yang mengandung banyak zat aditif seperti MSG yang bisa menjadi pemicu kanker dalam tubuh.

Banyak kasus nyata tentang orang yang sakit dan diduga disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi mie instan. Karena itu, sebaiknya Anda pun mulai mengurangi mengkonsumsi makanan ini

2.Chinese restaurant syndrome
Bahaya makan mie instan yang satu ini lebih mirip keracunan, hal ini disebabkan oleh MSG yang terdapat pada bumbu mie instan. Ada beberapa orang yang tidak tahan dengan MSG, lalu kemudian merasa pusing dan sesak nafas. Namun penyakit ini tidak terlalu fatal, karena akan sembuh setelah 2-3 jam kemudian.

3.Kerusakan jaringan otak
Mengkonsumsi mie instan terus-menerus sama dengan menumpuk zat-zat kimia berbahaya dalam tubuh dan efeknya bisa merusakkan sel-sel jaringan otak. Akibatnya, akan terjadi penurunan transmisi sinyal dalam otak. Selain itu, kerusakan jaringan sel otak ini juga akan memicu penyakit-penyakit lain seperti stroke atau keumpuhan.

4.Keguguran
Sejumlah wanita hamil yang makan mi instan selama kehamilan mengalami keguguran, hal ini karena kandungan bumbu dan pengawet pada mi instan dapat mempengaruhi perkembangan janin.

5.Gangguan metabolisme
Konsumsi mi instan jangka panjang dapat mempengaruhi metabolisme tubuh, hal ini disebabkan akumulasi dari zat-zat kimia beracun seperti pewarna makanan, pengawet dan aditif dalam mie.

6.Kerusakan organ
Mi instan mengandung propylene glycol, bahan anti-beku yang mencegah mi dari pengeringan dengan mempertahankan kelembaban. Tubuh menyerap zat tersebut dengan mudah dan terakumulasi di jantung, hati dan ginjal. Hal ini menyebabkan kerusakan dan kelainan organ, dan juga melemahkan sistem kekebalan tubuh.

7.Obesitas
Mi instan adalah salah satu penyebab utama obesitas, hindari mi instan karena mengandung sejumlah besar lemak dan natrium yang menyebabkan retensi air dalam tubuh.

8.MSG
Monosodium glutamate (MSG) digunakan untuk meningkatkan rasa mi, sekitar 1-2 persen dari populasi alergi terhadap MSG. Ketika orang-orang yang alergi terhadap MSG mengonsumsinya, maka akan dapat menyebabkan rasa terbakar, panas di dada, kemerahan pada wajah, atau nyeri dan sakit kepala.

9.Tinggi natrium
Mi instan juga mengandung jumlah natrium yang tinggi, kelebihan konsumsi natrium bisa menyebabkan hipertensi, penyakit jantung, stroke dan kerusakan ginjal. Jadi, hindari konsumsi mi instan berlebihan.

10.Junk food
Mi instan hanya dapat dianggap sebagai junk food dan tidak pernah menggantikan makanan bernutrisi, hal ini karena mengandung sejumlah besar karbohidrat tetapi tidak ada vitamin, mineral atau serat. Mi instan juga mengandung banyak lemak jenuh dan lemak trans. Ini padat kalori dan memberikan efek negatif pada kesehatan.
 

[Image: smiley44.gif] sumber http://doktersehat.com/bahaya-makan-mie-instan/
04-04-2015 09:11 AM RE: bahaya terlalu sering makan mi instan
#2


avifornesia Away
FORNESIA ENTHUSIAST
FORNESIA ENTHUSIAST
*******

Posts: 1,574
Joined: Aug 2014

Reputation:

FCoin: 221.92ƒc
Limited RewardDonatur VIPTop PosterForNesia Lovers
ada beberapa sumber juga gan
sebenarnya yang di atas itu hanya mitos Smile

semua makanan yang dimakan secara keterusan dan berlebihan tentu akan mengalami dampak negatif
contoh makan daging terus terusan gak baik kan? 
makan kedelai tiap hari gak baik kan?
kanker dan semua yang agan sebutkan di atas juga akan mengalami dampak negatif jika semua makanan di konsumsi berlebihan

untuk refrensi bahwa yang diatas itu mitos agan bisa masuk kemari
http://www.kaskus.co.id/thread/542d392f1...t_thread/1

AVI
04-04-2015 10:20 AM RE: bahaya terlalu sering makan mi instan
#3


vivovace Away
FNS MEMBER
FNS Member
**

Posts: 192
Joined: Jan 2014

Reputation:

FCoin: 6.86ƒc
wanjir, baru tadi pagi ngelahap 1 bungkus mi instan

tapi kalau dipikir-pikir, kenapa mie instan pakai lilin ya ?

Terimakasih ForNesia
04-04-2015 11:02 AM RE: bahaya terlalu sering makan mi instan
#4


uno1 Away
Banned
Banned

Posts: 45
Joined: Mar 2015

FCoin: 2.00ƒc
(04-04-2015 09:11 AM)'avifornesia' Wrote:  ada beberapa sumber juga gan
sebenarnya yang di atas itu hanya mitos Smile

semua makanan yang dimakan secara keterusan dan berlebihan tentu akan mengalami dampak negatif
contoh makan daging terus terusan gak baik kan? 
makan kedelai tiap hari gak baik kan?
kanker dan semua yang agan sebutkan di atas juga akan mengalami dampak negatif jika semua makanan di konsumsi berlebihan

untuk refrensi bahwa yang diatas itu mitos agan bisa masuk kemari
http://www.kaskus.co.id/thread/542d392f1...t_thread/1

 

[Image: smiley44.gif] g semuanya mitos ga, poin nomor 10 diatas saya setuju bahwa mi itu adalah makanan sampah,, ada pepatah mengatakan kamu adalah apa yang kamu makan, bahasa kasarnya mi=makanan sampah  makan mi=makan makanan s**P*h, untung saya jarang makan mi instan, biasanya yang suka makan instan itu g mua repot dan cenderung malas. mudah-mudahan avifornesia g kebanyakan makan mi [Image: smiley44.gif]

 
04-04-2015 11:17 AM RE: bahaya terlalu sering makan mi instan
#5


bidadari.seksi Away
MEMBER LEBAY
Banned

Posts: 133
Joined: Dec 2014

FCoin: 2.00ƒc
Night Owl
[Image: buahaha.gif] om uno pake bikin trit bahaya keseringan makan mi,, [Image: smiley44.gif]tapi bener juga sih bahaya bgt makan mi kalo keserimgan,,,, jaraknya paling sering kalo 1 ato 2 kali seminggu karna kandungan garam dalam mi instan terbilang tinggi,, sementara kebutuhan garam manusia dalam 1 hari hanya 2 gram, 


jadi menurut saya  poin no 2,9 dan 10 bukan mitos,, itu nyata adanya

mending beli sayur dan makan ama nasi,,,, uda g jaman kali makan makanan yg instan sekarang jamannya makanan sehat 
[Image: buahaha.gif] kecuali kalo kondisi darurat,, contoh ada bencana dan lain sebagainya
 
(This post was last modified: 04-04-2015 11:20 AM by bidadari.seksi.)
04-04-2015 11:51 AM RE: bahaya terlalu sering makan mi instan
#6


tretug Away
HunteR
HunteR
*

Posts: 69
Joined: Feb 2015

Reputation:

FCoin: 3.00ƒc
kalo dari ane sih itu memang terjadi ketika mengalami KangKer yang dialami anak kos, maksudnya KANTONG KERING hehe . hal ini sering ane lakuin dari semester 1 sampek 6 tiap hari gk lepas dari mie instan. he3 semoga saja sehat walafiat sampek lulus. dan jangan lupa bagi para anak kos. di skripsi tulis terimakasih banyak kepada indomie sarimi mie sedap yang selalu menemani hari-hari si penulis. garukpantat

Spoiler :
Terimakasih atas apa yang kalian share dimari. banyak ilmu yg ane dapat, tujuan utama ane hanya untuk belajar dan belajar. Thanks Fornesia
04-04-2015 12:26 PM RE: bahaya terlalu sering makan mi instan
#7


aviator Away
Royalty Member
Royalty Member
**

Posts: 898
Joined: Mar 2014

Reputation:

FCoin: 3,741.99ƒc

Mitos gan, buktinya '@avifornesia' (pakar mi instan) masi sehat wal afiatwah
jangankan mi instan, buah dan sayur jg ada limitnya wkwk (apalagi yang penuh pestisida kaya jaman sekarang ini)

1. dikomposisinya g ada tulisan lilin o.O kenapa mi tidak lengkep satu sama lain? karena kering..
nasi dikeringkan pasti g lengket lagi ama yang lain buahaha
ane cuma makan mi goreng gan, jadi air rebusan dibuang, dan tentu saja mi lengket dengan yang lain
2. ane g pernah ketemu orang yang mengalami CRS setelah makan mi instan, jarang banget kayanya :-/
3. kerusakan jaringan otak? coba debat ama orang korea dan jepang, mereka pengkonsumsi mi instan nomor satu didunia buahaha
4. masalah keguguran itu urusan ibu sama bapaknya, bukan salah mi instan hah
5. btw segala macem yang lolos depkes berarti g mengandung zat-zat kimia beracun (tapi kalo zat" yang dilimit konsumsi perhari masi ada tapi ya dilimit)
6. barusan cek komposisi indomie goreng spesial, g nemu propylene glycol, yang pake ini mie yang mana ya?
7. makan daging jg bisa bikin obesitas, yang penting olahraga
8. idem no.2
9. kalo natrium, garam dapur jg banyak. daging dan ikan jg..
natrium di wiki beserta citationnya >> bagi yang males baca >> berdasar studi selama 5 tahun yang melibatkan 29.000 partisipan.
mereka menemukan bahwa tidak ada hubungan antara konsumsi garam dengan kesehatan seseorang, lanjutannya baca sendiri
10. apakah jajanan & warung pinggir jalan lebih sehat dari mi instan? wkwk

sekian komeng dari ane cool

[Image: 0yiydbV.gif]
(This post was last modified: 04-04-2015 12:40 PM by aviator.)
04-04-2015 12:59 PM RE: bahaya terlalu sering makan mi instan
#8


orangbiasa Away
HunteR
HunteR
*

Posts: 35
Joined: Mar 2014

Reputation:

FCoin: 2.09ƒc
dampaknya melalui proses panjang. ya makan mie instan kl akhir bulan aja. mie + nasi = kenyang. hehe

orangbiasa, proud to be a member of ForNesia Family since Mar 2014.
04-04-2015 01:01 PM RE: bahaya terlalu sering makan mi instan
#9


avifornesia Away
FORNESIA ENTHUSIAST
FORNESIA ENTHUSIAST
*******

Posts: 1,574
Joined: Aug 2014

Reputation:

FCoin: 221.92ƒc
Limited RewardDonatur VIPTop PosterForNesia Lovers
@aviator : bener om , toh orang japan konsumsi mie instannya juga hampir sama kaya di indo. buahaha

AVI
04-04-2015 01:09 PM RE: bahaya terlalu sering makan mi instan
#10


graf_1 Away
MAFIA LENDIR
Anime Lovers
***

Posts: 203
Joined: Dec 2014

Reputation:

FCoin: 117.23ƒc
Hmmm, makan mie ya, emang kontroversial ini topik, selalu jadi perdebatan [Image: buahaha.gif]

Kalo menurut sy sih makan mie ga masalah, selama tidak berlebihan,
saya setuju dng pernyataan "apapun itu klo berlebihan pasti jadi gak bagus",

Lagian om jaman sekarang makan apa sih yg bener2 sehat buat tubuh,
mau makan buah atau sayur? kebanyakan ada pestisidanya
mau makan daging atau ayam? pakan ternak sekarang udah jarang yg natural, apalagi daging impor, ga tau deh itu ada apa aja di dalemnya
mau makan tahu? banyak yg pake formalin
mau makan tempe? air yg dipakai untuk pengolahannya kebanyakan tidak bersih
mau makan ikan? jarang sekali ada yg benar2 segar, banyak ikan yg beredar di pasaran itu udah ada pengawetnya

Repot ya jaman sekarang, sumber penyakit dimana2...
apalagi yg tinggal di kota2 besar kaya jakarta,
walaupun sudah makan makanan sehat yg serba organik sekalipun, gak pernah makan mie satu bungkus pun seumur hidupnya,
selama udara yg dia hirup masih penuh polusi dan asap rokok,
selama air yg dia pakai masih kotor,
yakin deh, gak akan bisa jauh2 dari ancaman penyakit kangker dan tumor...wkwkwk... [Image: smiley44.gif]
ayo cepet2 bikin bpjs, biar klo masuk rumah sakit gak mahal2 amat... [Image: buahaha.gif]

 
(This post was last modified: 04-04-2015 01:22 PM by graf_1.)
04-04-2015 02:44 PM RE: bahaya terlalu sering makan mi instan
#11


bidadari.seksi Away
MEMBER LEBAY
Banned

Posts: 133
Joined: Dec 2014

FCoin: 2.00ƒc
Night Owl
[Image: buahaha.gif]  "
bener om , toh orang japan konsumsi mie instannya juga hampir sama kaya di indo. - 
beda jauh kali om,,, nih liat grafiknya [Image: 2uymz4p.jpg]

[Image: buahaha.gif] sumber http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/201...18413.html
04-04-2015 02:48 PM RE: bahaya terlalu sering makan mi instan
#12


uno1 Away
Banned
Banned

Posts: 45
Joined: Mar 2015

FCoin: 2.00ƒc
[Image: wah.gif]thread saya ramai juga [Image: smiley44.gif]orang jepang memang konsumsi mi banyak tapi bukan mi instan mereka biasanya konsumsi mi ramen yang jauh lebih sehat daripada mi instan [Image: smiley16.gif]
 

(04-04-2015 12:26 PM)'aviator' Wrote:  Mitos gan, buktinya '@avifornesia' (pakar mi instan) masi sehat wal afiatwah
jangankan mi instan, buah dan sayur jg ada limitnya wkwk (apalagi yang penuh pestisida kaya jaman sekarang ini)

1. dikomposisinya g ada tulisan lilin o.O kenapa mi tidak lengkep satu sama lain? karena kering..
nasi dikeringkan pasti g lengket lagi ama yang lain buahaha
ane cuma makan mi goreng gan, jadi air rebusan dibuang, dan tentu saja mi lengket dengan yang lain
2. ane g pernah ketemu orang yang mengalami CRS setelah makan mi instan, jarang banget kayanya :-/
3. kerusakan jaringan otak? coba debat ama orang korea dan jepang, mereka pengkonsumsi mi instan nomor satu didunia buahaha
4. masalah keguguran itu urusan ibu sama bapaknya, bukan salah mi instan hah
5. btw segala macem yang lolos depkes berarti g mengandung zat-zat kimia beracun (tapi kalo zat" yang dilimit konsumsi perhari masi ada tapi ya dilimit)
6. barusan cek komposisi indomie goreng spesial, g nemu propylene glycol, yang pake ini mie yang mana ya?
7. makan daging jg bisa bikin obesitas, yang penting olahraga
8. idem no.2
9. kalo natrium, garam dapur jg banyak. daging dan ikan jg..
natrium di wiki beserta citationnya >> bagi yang males baca >> berdasar studi selama 5 tahun yang melibatkan 29.000 partisipan.
mereka menemukan bahwa tidak ada hubungan antara konsumsi garam dengan kesehatan seseorang, lanjutannya baca sendiri
10. apakah jajanan & warung pinggir jalan lebih sehat dari mi instan? wkwk

sekian komeng dari ane cool

 
ahli bener TS satu ini penjelasannya [Image: d12.gif]



 
(This post was last modified: 04-04-2015 02:51 PM by uno1.)
04-04-2015 03:37 PM RE: bahaya terlalu sering makan mi instan
#13


kazezenom Away
FNS MEMBER
FNS Member
**

Posts: 291
Joined: Oct 2014

Reputation:

FCoin: 7.99ƒc
memang apa pun kalo di makan berlebihan jadi ga baik buat badan
tapi kalo ga kepepet amat jangan terlalu sering juga makan mi instant,
tapi saya sebagai pecinta mi instan susah juga kalo ga makan mi instan,
ya moga2 aja ga kenapa-napa haha buahaha

God's in His Heaven All's Right With The World

[Image: 1362683246neon_genesis_evangelion.jpg]
04-04-2015 04:07 PM RE: bahaya terlalu sering makan mi instan
#14


aviator Away
Royalty Member
Royalty Member
**

Posts: 898
Joined: Mar 2014

Reputation:

FCoin: 3,741.99ƒc

(04-04-2015 02:48 PM)uno1 Wrote:  [Image: wah.gif]thread saya ramai juga [Image: smiley44.gif]orang jepang memang konsumsi mi banyak tapi bukan mi instan mereka biasanya konsumsi mi ramen yang jauh lebih sehat daripada mi instan [Image: smiley16.gif]

ramen instant jg mi instan, cuma beda nama aja.
ramen, ramyun, spaghetti, fettuccine sama aja, sama" mengandung pengawet, pewarna, MSG, jadi ya sama sehatnya buahaha
coba cek mi instant merek nissin (yang 5ribuan, made in indo),
atau yang 15ribuan yang pake huruf jepang, atau shin ramyun pake huruf hangul..
baca komposisinya (dibantu gugel translate mungkin :P ), pasti bahan pengawet, penstabil, pewarna-nya mirip" buahaha

se-bahaya"nya mi instan, lebih bahaya jajanan pinggir jalan yang tiap minggu masuk reportase investigasi buahaha
(jajanan yang aman, menurut ane ya cuma nasi goreng.. jelas bahannya, jelas prosesnya o.O )

[Image: 0yiydbV.gif]
04-04-2015 04:20 PM RE: bahaya terlalu sering makan mi instan
#15


uno1 Away
Banned
Banned

Posts: 45
Joined: Mar 2015

FCoin: 2.00ƒc
(04-04-2015 04:07 PM)'aviator' Wrote:  
(04-04-2015 02:48 PM)'uno1' Wrote:  [Image: wah.gif]thread saya ramai juga [Image: smiley44.gif]orang jepang memang konsumsi mi banyak tapi bukan mi instan mereka biasanya konsumsi mi ramen yang jauh lebih sehat daripada mi instan [Image: smiley16.gif]

 

ramen instant jg mi instan, cuma beda nama aja.
ramen, ramyun, spaghetti, fettuccine sama aja, sama" mengandung pengawet, pewarna, MSG, jadi ya sama sehatnya buahaha
coba cek mi instant merek nissin (yang 5ribuan, made in indo),
atau yang 15ribuan yang pake huruf jepang, atau shin ramyun pake huruf hangul..
baca komposisinya (dibantu gugel translate mungkin :P ), pasti bahan pengawet, penstabil, pewarna-nya mirip" buahaha

se-bahaya"nya mi instan, lebih bahaya jajanan pinggir jalan yang tiap minggu masuk reportase investigasi buahaha
(jajanan yang aman, menurut ane ya cuma nasi goreng.. jelas bahannya, jelas prosesnya o.O )

 

[Image: smiley3.gif] siapa yang ngomongin ramen instan TS ini memang [Image: entahlah.gif], yang saya maksut ramen yang di restoran dan rumah makan di jepang sana bukan ramen instan ,, [Image: buahaha.gif] baca baik'' gan sebelum reply, budayakan membaca ya [Image: buahaha.gif]

 
(This post was last modified: 04-04-2015 04:22 PM by uno1.)




Possibly Related Threads...
Thread: Author Last Post
  [Info] Indra Keenam yg Sering Terjadi tanpa Agan Sadari ifkarsyah 04-07-2017 01:00 PM
Last Post: fendycp
  [Info] Tips menjaga kesehatan mata (Sering didepan komputer) virgo 08-10-2015 02:25 AM
Last Post: dinar

Search thread:


[-]
Advertisement