Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

[Info] kenali kode recycle/segitiga pada kemasan plastik

#1

APAKAH Anda sering memakai ulang botol bekas air mineral? Tahukah Anda, itu hanya untuk sekali pakai lho. Jika Anda sering menggunakan barang-barang berbahan dasar plastik, maka Anda wajib berhati-hati. Kenali tanda segitiga pada setiap bahan plastik yang terletak di bagian bawah, dimana itulah simbol untuk menentukan tingkat keamanannya.

1. PET atau PETE (Polyethylene Etilen Terephalate)
Spoiler:
2. HDPE (High Density Polyethylene)
Spoiler:
3. PVC (Polyvinyl Chloride)
Spoiler:
4. LDPE (Low Density Polyethylene)
Spoiler:
semoga bermanfaat
sumber : www.islampos.com
God's in His Heaven All's Right With The World

Reply
#2
wkwkwkwwk
nice share gan
kalo gak ada info kek gini ane gak pernah tahu nih
btw yg no 4 paling aman itu buat nyiapin makanan
kadang bungkus makanan itu jarang yg ada info kek gitu
Reply
#3
om yang no 2 tuh maksudnya dari kata ini apa ya?
Sama seperti PET, HDPE juga direkomendasikan hanya sekali pakai pemakaian karena pelepasan senyawa antimoni trioksida terus meningkat seiring waktu.
sedangkan seperti tupperware begitu dibilang gpp buat simpan makanan atau minuman di suhu panas, tapi diliatnya dari pengertian diatas kode daur ulang no 2 menunjukan kalo barang dari bahan itu cuman bisa dipake sekali ya? bingung
Reply
#4
makin banyak tau, malah bikin takut ya gan buahaha hahaha buahaha
dwi_wahyu501, proud to be a member of ForNesia Family since May 2014.
Reply
#5
wah klo tau ada yg berbahaya kenapa ya gk pernah ada yg ngasih tau di iklan" gitu ya..
misal di iklan Aq*a
btw boleh nambahin kan..
5. PP (polypropylene)
Bahan jenis PP (polypropylene) ini adalah pilihan bahan plastik terbaik, terutama untuk tempat makanan dan minuman seperti tempat menyimpan makanan, botol minum dan terpenting botol minum untuk bayi. Carilah dengan kode angka 5 bila membeli barang berbahan plastik untuk menyimpan kemasan berbagai makanan dan minuman. Polipropilen lebih kuat dan ringan dengan daya tembus uap yang rendah, ketahanan yang baik terhadap lemak, stabil terhadap suhu tinggi dan cukup mengkilap.

6. PS (Polystyrene)
Polystyrene merupakan polimer aromatik yang dapat mengeluarkan bahan styrene ke dalam makanan ketika makanan tersebut bersentuhan. Selain tempat makanan, styrene juga bisa didapatkan dari asap rokok, asap kendaraan dan bahan konstruksi gedung. Bahan ini harus dihindari, karena selain berbahaya untuk kesehatan otak, mengganggu hormon estrogen pada wanita yang berakibat pada masalah reproduksi, dan pertumbuhan dan sistem syaraf, juga karena bahan ini sulit didaur ulang. Bahan ini biasa dipakai sebagai bahan tempat makan styrofoam, tempat minum sekali pakai, dan lain-lain

7. O (Other)
Bahan untuk jenis plastik 7 Other ini ada 4 macam, yaitu:
1. SAN,styrene acrylonitrile.
2. ABS,acrylonitrile butadiene styrene.
3. PC,polycarbonate.
4. Nylon.
Dapat dtemukan pada tempat makanan dan minuman seperti botol minum olahraga, suku cadang mobil, alat rumah tangga, komputer, alat elektronik dan plastik kemasan.

SAN dan ABS memiliki resistensi yang tinggi terhadap reaksi kimia dan suhu, kekuatan, kekakuan, dan tingkat kekerasan yang telah ditingkatkan. Biasanya terdapat pada mangkuk mixer, pembungkus termos, piring, alat makan, penyaring kopi, dan sikat gigi, sedangkan ABS biasanya digunakan sebagai bahan mainan lego dan pipa. PC (Polycarbonate) dapat ditemukan pada botol susu bayi, gelas anak batita (sippy cup), botol minum polikarbonat, dan kaleng kemasan makanan dan minuman, termasuk kaleng susu formula.

SAN dan ABS dapat digunakan untuk tempat makanan. PC Dapat mengeluarkan bahan utamanya yaitu Bisphenol-A ke dalam makanan dan minuman yang berpotensi merusak sistem hormon, kromosom pada ovarium, penurunan produksi sperma, dan mengubah fungsi imunitas. Dianjurkan tidak digunakan untuk tempat makanan ataupun minuman

Ironisnya botol susu sangat mungkin mengalami proses pemanasan, entah itu untuk tujuan sterilisasi dengan cara merebus, dipanaskan dengan microwave, atau dituangi air mendidih atau air panas.

Nemu di google cool
Reply
#6
PVC (Polyvinyl Chloride) Wah bahaya juga Ternyata -_-
Buat Makanan >_<
Reply
#7
(01-04-2015, 01:54 PM)ayibiko Wrote: om yang no 2 tuh maksudnya dari kata ini apa ya?
Sama seperti PET, HDPE juga direkomendasikan hanya sekali pakai pemakaian karena pelepasan senyawa antimoni trioksida terus meningkat seiring waktu.
sedangkan seperti tupperware begitu dibilang gpp buat simpan makanan atau minuman di suhu panas, tapi diliatnya dari pengertian diatas kode daur ulang no 2 menunjukan kalo barang dari bahan itu cuman bisa dipake sekali ya? bingung

iya om emg harusnya kemasan plastik cuma sekali pake cuma karena ngirit ya di pake berkali2 buahaha
kalo ane sih jarang pake tupperware gitu, kalo mao bekel ya pak kertas nasi aja buahaha

(01-04-2015, 05:29 PM)Hideyashu Wrote: wah klo tau ada yg berbahaya kenapa ya gk pernah ada yg ngasih tau di iklan" gitu ya..
misal di iklan Aq*a
btw boleh nambahin kan..
[5. PP (polypropylene)
Bahan jenis PP (polypropylene) ini adalah pilihan bahan plastik terbaik, terutama untuk tempat makanan dan minuman seperti tempat menyimpan makanan, botol minum dan terpenting botol minum untuk bayi. Carilah dengan kode angka 5 bila membeli barang berbahan plastik untuk menyimpan kemasan berbagai makanan dan minuman. Polipropilen lebih kuat dan ringan dengan daya tembus uap yang rendah, ketahanan yang baik terhadap lemak, stabil terhadap suhu tinggi dan cukup mengkilap.

6. PS (Polystyrene)
Polystyrene merupakan polimer aromatik yang dapat mengeluarkan bahan styrene ke dalam makanan ketika makanan tersebut bersentuhan. Selain tempat makanan, styrene juga bisa didapatkan dari asap rokok, asap kendaraan dan bahan konstruksi gedung. Bahan ini harus dihindari, karena selain berbahaya untuk kesehatan otak, mengganggu hormon estrogen pada wanita yang berakibat pada masalah reproduksi, dan pertumbuhan dan sistem syaraf, juga karena bahan ini sulit didaur ulang. Bahan ini biasa dipakai sebagai bahan tempat makan styrofoam, tempat minum sekali pakai, dan lain-lain

7. O (Other)
Bahan untuk jenis plastik 7 Other ini ada 4 macam, yaitu:
1. SAN,styrene acrylonitrile.
2. ABS,acrylonitrile butadiene styrene.
3. PC,polycarbonate.
4. Nylon.
Dapat dtemukan pada tempat makanan dan minuman seperti botol minum olahraga, suku cadang mobil, alat rumah tangga, komputer, alat elektronik dan plastik kemasan.

SAN dan ABS memiliki resistensi yang tinggi terhadap reaksi kimia dan suhu, kekuatan, kekakuan, dan tingkat kekerasan yang telah ditingkatkan. Biasanya terdapat pada mangkuk mixer, pembungkus termos, piring, alat makan, penyaring kopi, dan sikat gigi, sedangkan ABS biasanya digunakan sebagai bahan mainan lego dan pipa. PC (Polycarbonate) dapat ditemukan pada botol susu bayi, gelas anak batita (sippy cup), botol minum polikarbonat, dan kaleng kemasan makanan dan minuman, termasuk kaleng susu formula.

SAN dan ABS dapat digunakan untuk tempat makanan. PC Dapat mengeluarkan bahan utamanya yaitu Bisphenol-A ke dalam makanan dan minuman yang berpotensi merusak sistem hormon, kromosom pada ovarium, penurunan produksi sperma, dan mengubah fungsi imunitas. Dianjurkan tidak digunakan untuk tempat makanan ataupun minuman

Ironisnya botol susu sangat mungkin mengalami proses pemanasan, entah itu untuk tujuan sterilisasi dengan cara merebus, dipanaskan dengan microwave, atau dituangi air mendidih atau air panas.
[/spoiler]

Nemu di google cool

makasi om udah di tambahin jempol
God's in His Heaven All's Right With The World

Reply
#8
mantteeeb . .
ni hal spele tp sering disepelekan mskipun dampaknya besar
Reply
#9
kalo saya pilih aman saja,,, tempat bekal saya lapisi dengan daun pisang,,, aman dan bekalnya jadi ada aroma daun pisanggnya
Reply
#10
ane pernah baca ni. Yang paling aman adalah nomor 5, atau yang ada gambar sendok dan garpu.
Reply
#11
ane baca ini inget waktu belajar di SMP gan, ane belajar tentang ginian buahaha

nice post gan
Reply
#12
liat kode2 kaya diatas sering om, tapi gag ngerti maksudnya... liat post d atas jd faham deh...
Reply
#13
Oo, ternyata simbol2 kayak gitu yang biasanya ada dibawah kemasan ada artinya toh, baru tau ane. Tp menurut ane yang paling aman ya yang berbahan kaca
Reply
#14
bedanya cuma di penomorannya doang toh
Reply
#15
Ane takut makanya makan pake piring yang dari plastik ato melamin takutnya yang abal2, mending pake piring beling.
Reply
#16
sebenarnya ane udah tau sih
cuma bagus juga agar yang lain tau tentang kaya gini
ane sendiri lebih sarankan agar menggunakan product yang berbahan steenles gan Smile
AVI
Reply
  


Possibly Related Threads…
Thread Author Replies Views Last Post
  [SHARE] Daftar Kode Nomor Telpon Tsel Se-Indonesia avifornesia 11 3,250 10-28-2014, 08:07 PM
Last Post: Arpra99