Current time: 02-22-2018, 04:15 PM Stay in touch via Twitter Facebook RSS Feed
Ada Baiknya anda baca Peraturan Forum ForNesia Disini Dan Disitu Sebelum Terlambat!
System Registration Forums Mulai Kedepan Sewaktu waktu akan Di Tutup.
Silahkan Dibaca Mengenai Auto Pruning User . Agar tidak ada pertanyaan lagi tentang kehilangan akses forum.



Mahasiswa UGM Ciptakan Pengganti Gas Melon

07-06-2015 07:41 PM Mahasiswa UGM Ciptakan Pengganti Gas Melon
#1


OneZeroID Away
OZID
Otaku
*

Posts: 179
Joined: Apr 2014

Reputation:

FCoin: 435.94ƒc

[Image: mahasiswa-ugm-ciptakan-pengganti-gas-mel...vhHsre.jpg]

JAKARTA - Kebutuhan gas elpiji isi 3 kg atau gas melon sebagai bahan bakar kian banyak. Namun, risiko kecelakaan karena tabung meledak juga cukup tinggi.

Nah, lima mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) membuat inovasi pengganti gas melon yang lebih aman dan ramah lingkungan. Mereka menamainya I-Clouder alias Integrated Carts Local Food and Microcontroller.

I-Cloueder merupakan alat yang bisa digunakan untuk menggantikan fungsi gas melon pada penjaja makanan tradisional, umumnya mereka yang berjualan menggunakan gerobak seperti penjual bubur ayam dan bakso. Alat yang diciptakan oleh Bagas Prakasa, Arief Noor R, Indri Damayanti, Adiesta Ega, dan Khoerul Anam tersebut menggunakan tenaga surya (solar cell) sebagai sumber energi.

"Alat ini memanfaatkan penggunaan panas matahari sebagai sumber daya utama dan dikontrol dengan menggunakan mikrokontroller berbasis Arduino. Melalui solar cell, I-Clouder menggunakan Turbular Heater pada sisi pemanas sebagai pengganti kompor," ungkap Ketua Tim, Bagas Prakasa, seperti dikutip dari laman UGM, Senin (6/7/2015).

Perangkat tenaga surya pada I-Clouder berfungsi menangkap panas matahari. Kemudian, energi panas tersebut diteruskan ke akumulator untuk disimpan lalu akan dikontrol oleh perangkat bernama Charging Controller. Semua daya yang telah tersimpan pada akumulator tersebut nantinya bisa menghidupkan Box Controller.

"Sensor LM35 akan mendeteksi suhu di sekitar panci dan akan ditampilkan pada LCD, selanjutnya akan memberikan informasi ke relay untuk memutus arus jika suhu yang dikehendaki sudah tercapai, dan akan membuka arus kembali jika suhu belum tercapai," imbuh Arief Noor.

Khoerul menambahkan, selain ramah lingkungan, alat ini juga lebih efisien. Sebab, ujarnya, suhu di dalam panci dapat diatur sesuai dengan kebutuhan penjual.

"Sebagai Program Kreativitas Mahasiswa, diharapkan alat ini nantinya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan dikembangkan bukan hanya bagi pedagang makanan lokal tradisional," tambahnya.

Sumber: http://news.okezone.com/read/2015/07/06/...-gas-melon

[Image: felix.gif]
BIASAKAN MEMBACA SEBELUM MEMBAJAK
07-06-2015 09:38 PM RE: Mahasiswa UGM Ciptakan Pengganti Gas Melon
#2


aviator Away
Royalty Member
Royalty Member
**

Posts: 898
Joined: Mar 2014

Reputation:

FCoin: 3,741.99ƒc

solar cell -> aki -> pemanas listrik
kalo dugaan ane sih, sama sekali g efisien o.O
liat aja ntar, solar cell 5 jam bisa buat manasin berapa menit (belum lagi kalo cuaca g cerah)
mari kita tunggu berita kelanjutannya jempol (kalo ada)

[Image: 0yiydbV.gif]
07-07-2015 01:27 AM RE: Mahasiswa UGM Ciptakan Pengganti Gas Melon
#3


wiebie2014 Away
FNS MEMBER
FNS Member
**

Posts: 209
Joined: Nov 2014

Reputation:

FCoin: 4.48ƒc
Wah kalo kata ane lebih efisien pake gas lah, secara harga lebih murah dibandingkan pake alat ini jelas mahal dan kalo jualannya malam bijimane itu yang ada gak bisa idup, karena listrik yang dibutuhin untuk memanaskan itu besar banget jadi jelas boros..

goyang didih
07-07-2015 06:22 AM RE: Mahasiswa UGM Ciptakan Pengganti Gas Melon
#4


joachim Away
HunteR
HunteR
*

Posts: 60
Joined: Dec 2014

Reputation:

FCoin: 2.09ƒc
kayanya susah untuk menggeser dominasi gas melon. disamping masalah efisien.
teknologi baru juga harus ada pengarahan lagi

joachim, proud to be a member of ForNesia Family since Dec 2014. dan saya suka Kimcil.
07-07-2015 06:28 AM RE: Mahasiswa UGM Ciptakan Pengganti Gas Melon
#5


caesar11 Away
FNS MEMBER
FNS Member
**

Posts: 225
Joined: Jun 2014

Reputation:

FCoin: 19.47ƒc
Andai kalo bisa biogas via pipa pipa gas tiap tiap rumah
Klo soal yang dagang sih msh mending gas melon mungil gampang dan yg pastinya harus cermat dna hati hati harus tau intinya

Sent from my HM 1S using Tapatalk

newbie to share Smile
07-07-2015 11:38 AM RE: Mahasiswa UGM Ciptakan Pengganti Gas Melon
#6


wong_kraton Away
FNS MEMBER
FNS Member
**

Posts: 91
Joined: Jul 2014

Reputation:

FCoin: 13.17ƒc
Ga bisa lembur... hanya siang aja jualanya. klo nekat mmpun, tahan brapa lama tuh berjemuran 1hari?Smile

Selalu ada jalan buat kita. siagasatu
07-07-2015 11:42 AM RE: Mahasiswa UGM Ciptakan Pengganti Gas Melon
#7


sarjiman Away
HunteR
HunteR
*

Posts: 70
Joined: Dec 2014

Reputation:

FCoin: 2.68ƒc
Mungkin klo sekarang belum bisa efisien soalnya masih banyak kekurangan, tapi dng melakukan riset terus menerus bukan tidak mungkin di masa mendatang akan menjadi pengganti
07-07-2015 01:47 PM RE: Mahasiswa UGM Ciptakan Pengganti Gas Melon
#8


forbiden94 Away
HunteR
HunteR
*

Posts: 37
Joined: May 2015

Reputation:

FCoin: 12.37ƒc
mungkin masih perlu di kembangin lagi klo mau di publish ke masyarakat
tau sendiri orang indo , apa2 maunya yg udah sempurna

forbiden94, proud to be a member of ForNesia Family since May 2015.
07-07-2015 02:19 PM Thumbs Up RE: Mahasiswa UGM Ciptakan Pengganti Gas Melon
#9


gecko195 Away
HunteR
HunteR
*

Posts: 13
Joined: Mar 2015

Reputation:

FCoin: 2.04ƒc
acung jempol dah.. cma kyaknya perlu d kembangkan lgi yak..
07-07-2015 02:33 PM RE: Mahasiswa UGM Ciptakan Pengganti Gas Melon
#10


aviator Away
Royalty Member
Royalty Member
**

Posts: 898
Joined: Mar 2014

Reputation:

FCoin: 3,741.99ƒc

(07-07-2015 06:28 AM)caesar11 Wrote:  Andai kalo bisa biogas via pipa pipa gas tiap tiap rumah
Klo soal yang dagang sih msh mending gas melon mungil gampang dan yg pastinya harus cermat dna hati hati harus tau intinya

bener gan, harusnya dibikin pipa ketiap rumah, mumpung negara kita kaya raya soal gas alam, negara maju jg udah kaya gitu semua..
tapi kalo kurang penyuluhan dan masangnya asal"an ya bisa kebakaran merajalela rrrgghh: tabung melon yang aslinya susah meledak aja sering meledak o.O
harusnya apartemen" baru dikasi sambungan gas, biar hemat jempol
(btw, aslinya tabung melon g boleh buat jualan, tapi kayanya g ad yang peduli o.O )

[Image: 0yiydbV.gif]
07-07-2015 02:34 PM RE: Mahasiswa UGM Ciptakan Pengganti Gas Melon
#11


vegasafiq Away
HunteR
HunteR
*

Posts: 20
Joined: Dec 2014

Reputation:

FCoin: 2.00ƒc
masih belom efisien
energi yg dibutuhin lebih besar dan pemakaian gak cukup lama
mbutuhkan dana besar dibanding gas melon
07-07-2015 10:23 PM RE: Mahasiswa UGM Ciptakan Pengganti Gas Melon
#12


MrRiddick Away
HunteR
HunteR
*

Posts: 12
Joined: Apr 2014

Reputation:

FCoin: 2.00ƒc
itu pake Solar Panelnya juga dari indonesia juga ngga buahaha ?
07-07-2015 10:43 PM RE: Mahasiswa UGM Ciptakan Pengganti Gas Melon
#13


Ichi07 Away
FNS MEMBER
FNS Member
**

Posts: 200
Joined: Mar 2015

Reputation:

FCoin: 9.10ƒc
(07-07-2015 02:34 PM)vegasafiq Wrote:  masih belom efisien
energi yg dibutuhin lebih besar dan pemakaian gak cukup lama
mbutuhkan dana besar dibanding gas melon

Iyaa sih mas, tpi ini salah satu inovasi karya anak bangsa, jadi patut bangga cool
07-08-2015 12:52 AM RE: Mahasiswa UGM Ciptakan Pengganti Gas Melon
#14


xteroit Away
FNS MEMBER
FNS Member
**

Posts: 240
Joined: Jun 2015

Reputation:

FCoin: 15.46ƒc
ide nya bagus sih, tapi belum efisien untuk diterapkan,
cek aja harga solar cell berapaan ketawaaa muahall
belum lagi kalo mendung atau jualan malam susah..
07-08-2015 01:06 AM RE: Mahasiswa UGM Ciptakan Pengganti Gas Melon
#15


caesar11 Away
FNS MEMBER
FNS Member
**

Posts: 225
Joined: Jun 2014

Reputation:

FCoin: 19.47ƒc
(07-07-2015 02:33 PM)aviator Wrote:  
(07-07-2015 06:28 AM)caesar11 Wrote:  Andai kalo bisa biogas via pipa pipa gas tiap tiap rumah
Klo soal yang dagang sih msh mending gas melon mungil gampang dan yg pastinya harus cermat dna hati hati harus tau intinya

bener gan, harusnya dibikin pipa ketiap rumah, mumpung negara kita kaya raya soal gas alam, negara maju jg udah kaya gitu semua..
tapi kalo kurang penyuluhan dan masangnya asal"an ya bisa kebakaran merajalela rrrgghh: tabung melon yang aslinya susah meledak aja sering meledak o.O
harusnya apartemen" baru dikasi sambungan gas, biar hemat jempol
(btw, aslinya tabung melon g boleh buat jualan, tapi kayanya g ad yang peduli o.O )
peran serta seluruh pasti pengaruh
kalo pemerintah nya dah sediain fasilitasnya sih pasti rakyat nurut ajh
klo soal meledak kebakaran waspada diri sendiri ajh klo teliti details sih aman aman ajh

newbie to share Smile




Possibly Related Threads...
Thread: Author Last Post
  [Info] Bobol Sistem PT.Telkomsel, Mahasiswa UNG Dijebloskan Ke LP Cipinang habibparampaa 04-29-2017 12:37 AM
Last Post: fendycp
  Amerika Ciptakan Robot Perang Gantikan Manusia Alim251 06-27-2015 07:47 AM
Last Post: aninditha

Search thread:


[-]
Advertisement