Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

Mahasiswa UGM Ciptakan Pengganti Gas Melon

#1
[Image: mahasiswa-ugm-ciptakan-pengganti-gas-mel...vhHsre.jpg]

JAKARTA - Kebutuhan gas elpiji isi 3 kg atau gas melon sebagai bahan bakar kian banyak. Namun, risiko kecelakaan karena tabung meledak juga cukup tinggi.

Nah, lima mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) membuat inovasi pengganti gas melon yang lebih aman dan ramah lingkungan. Mereka menamainya I-Clouder alias Integrated Carts Local Food and Microcontroller.

I-Cloueder merupakan alat yang bisa digunakan untuk menggantikan fungsi gas melon pada penjaja makanan tradisional, umumnya mereka yang berjualan menggunakan gerobak seperti penjual bubur ayam dan bakso. Alat yang diciptakan oleh Bagas Prakasa, Arief Noor R, Indri Damayanti, Adiesta Ega, dan Khoerul Anam tersebut menggunakan tenaga surya (solar cell) sebagai sumber energi.

"Alat ini memanfaatkan penggunaan panas matahari sebagai sumber daya utama dan dikontrol dengan menggunakan mikrokontroller berbasis Arduino. Melalui solar cell, I-Clouder menggunakan Turbular Heater pada sisi pemanas sebagai pengganti kompor," ungkap Ketua Tim, Bagas Prakasa, seperti dikutip dari laman UGM, Senin (6/7/2015).

Perangkat tenaga surya pada I-Clouder berfungsi menangkap panas matahari. Kemudian, energi panas tersebut diteruskan ke akumulator untuk disimpan lalu akan dikontrol oleh perangkat bernama Charging Controller. Semua daya yang telah tersimpan pada akumulator tersebut nantinya bisa menghidupkan Box Controller.

"Sensor LM35 akan mendeteksi suhu di sekitar panci dan akan ditampilkan pada LCD, selanjutnya akan memberikan informasi ke relay untuk memutus arus jika suhu yang dikehendaki sudah tercapai, dan akan membuka arus kembali jika suhu belum tercapai," imbuh Arief Noor.

Khoerul menambahkan, selain ramah lingkungan, alat ini juga lebih efisien. Sebab, ujarnya, suhu di dalam panci dapat diatur sesuai dengan kebutuhan penjual.

"Sebagai Program Kreativitas Mahasiswa, diharapkan alat ini nantinya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan dikembangkan bukan hanya bagi pedagang makanan lokal tradisional," tambahnya.

Sumber: http://news.okezone.com/read/2015/07/06/...-gas-melon
BIASAKAN MEMBACA SEBELUM MEMBAJAK
Reply
#2
solar cell -> aki -> pemanas listrik
kalo dugaan ane sih, sama sekali g efisien o.O
liat aja ntar, solar cell 5 jam bisa buat manasin berapa menit (belum lagi kalo cuaca g cerah)
mari kita tunggu berita kelanjutannya jempol (kalo ada)
Reply
#3
Wah kalo kata ane lebih efisien pake gas lah, secara harga lebih murah dibandingkan pake alat ini jelas mahal dan kalo jualannya malam bijimane itu yang ada gak bisa idup, karena listrik yang dibutuhin untuk memanaskan itu besar banget jadi jelas boros..
:goyangdidih:
Reply
#4
kayanya susah untuk menggeser dominasi gas melon. disamping masalah efisien.
teknologi baru juga harus ada pengarahan lagi
joachim, proud to be a member of ForNesia Family since Dec 2014. dan saya suka Kimcil.
Reply
#5
Andai kalo bisa biogas via pipa pipa gas tiap tiap rumah
Klo soal yang dagang sih msh mending gas melon mungil gampang dan yg pastinya harus cermat dna hati hati harus tau intinya

Sent from my HM 1S using Tapatalk
newbie to share :)
Reply
#6
Ga bisa lembur... hanya siang aja jualanya. klo nekat mmpun, tahan brapa lama tuh berjemuran 1hari?Smile







Selalu ada jalan buat kita. :siaga:
Reply
#7
Mungkin klo sekarang belum bisa efisien soalnya masih banyak kekurangan, tapi dng melakukan riset terus menerus bukan tidak mungkin di masa mendatang akan menjadi pengganti
Reply
#8
mungkin masih perlu di kembangin lagi klo mau di publish ke masyarakat
tau sendiri orang indo , apa2 maunya yg udah sempurna
forbiden94, proud to be a member of ForNesia Family since May 2015.
Reply
#9
Thumbs Up 
acung jempol dah.. cma kyaknya perlu d kembangkan lgi yak..
Reply
#10
(07-07-2015, 05:28 AM)caesar11 Wrote: Andai kalo bisa biogas via pipa pipa gas tiap tiap rumah
Klo soal yang dagang sih msh mending gas melon mungil gampang dan yg pastinya harus cermat dna hati hati harus tau intinya

bener gan, harusnya dibikin pipa ketiap rumah, mumpung negara kita kaya raya soal gas alam, negara maju jg udah kaya gitu semua..
tapi kalo kurang penyuluhan dan masangnya asal"an ya bisa kebakaran merajalela rrrgghh: tabung melon yang aslinya susah meledak aja sering meledak o.O
harusnya apartemen" baru dikasi sambungan gas, biar hemat jempol
(btw, aslinya tabung melon g boleh buat jualan, tapi kayanya g ad yang peduli o.O )
Reply
#11
masih belom efisien
energi yg dibutuhin lebih besar dan pemakaian gak cukup lama
mbutuhkan dana besar dibanding gas melon
Reply
#12
itu pake Solar Panelnya juga dari indonesia juga ngga buahaha ?
Reply
#13
(07-07-2015, 01:34 PM)vegasafiq Wrote: masih belom efisien
energi yg dibutuhin lebih besar dan pemakaian gak cukup lama
mbutuhkan dana besar dibanding gas melon

Iyaa sih mas, tpi ini salah satu inovasi karya anak bangsa, jadi patut bangga cool
Reply
#14
ide nya bagus sih, tapi belum efisien untuk diterapkan,
cek aja harga solar cell berapaan ketawaaa muahall
belum lagi kalo mendung atau jualan malam susah..
Reply
#15
(07-07-2015, 01:33 PM)aviator Wrote:
(07-07-2015, 05:28 AM)caesar11 Wrote: Andai kalo bisa biogas via pipa pipa gas tiap tiap rumah
Klo soal yang dagang sih msh mending gas melon mungil gampang dan yg pastinya harus cermat dna hati hati harus tau intinya

bener gan, harusnya dibikin pipa ketiap rumah, mumpung negara kita kaya raya soal gas alam, negara maju jg udah kaya gitu semua..
tapi kalo kurang penyuluhan dan masangnya asal"an ya bisa kebakaran merajalela rrrgghh: tabung melon yang aslinya susah meledak aja sering meledak o.O
harusnya apartemen" baru dikasi sambungan gas, biar hemat jempol
(btw, aslinya tabung melon g boleh buat jualan, tapi kayanya g ad yang peduli o.O )
peran serta seluruh pasti pengaruh
kalo pemerintah nya dah sediain fasilitasnya sih pasti rakyat nurut ajh
klo soal meledak kebakaran waspada diri sendiri ajh klo teliti details sih aman aman ajh
newbie to share :)
Reply
#16
kereeennn broooo tapi bisa" penemuannya di sita nih hahahahahaha "politik" sssstttSmile
Cara ngedit signature gimana? :'(
Reply
#17
pake lcd segala,,menurut ane ga cost efective buat pedagang kecil,

mending ngembangin bio gas aja buat listrik sekampung ,,lebih ekrasa dan udah teruji
senoya, proud to be a member of ForNesia Family since Sep 2014. dan saya suka Kimcil.
Reply
#18
Idenya sederhana aman dan effesien
,namun jelas teknologi ini asing banget untuk pedagang dan sifatnya long term benefit
If U Know What I Mean :cool:
Reply
  


Possibly Related Threads…
Thread Author Replies Views Last Post
  INFO Bobol Sistem PT.Telkomsel, Mahasiswa UNG Dijebloskan Ke LP Cipinang habibparampaa 51 13,907 04-28-2017, 11:37 PM
Last Post: fendycp
  Amerika Ciptakan Robot Perang Gantikan Manusia Alim251 14 3,535 06-27-2015, 06:47 AM
Last Post: aninditha