Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

NASA: 85 Tahun Lagi, Bumi Akan `Terbakar`

#1
[Image: 009719200_1434516617-29A43A0100000578-31...213790.jpg]

Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA) mengumumkan prediksinya lewat sebuah dataset bahwa bumi akan mengalami perubahan iklim besar-besaran dalam waktu 85 tahun lagi, tepatnya di tahun 2100.

Pihak NASA merilis dataset tersebut lewat sebuah peta prediksi dan proyeksi perubahan bumi yang akan terjadi di 2100. Pada peta tersebut, terlihat hampir semua wilayah di berbagai belahan bumi berwarna merah. Artinya, iklim yang terjadi di wilayah tersebut akan berubah drastis jadi memanas.

Menurut para ilmuwan yang sedang meneliti fenomena ini, hal tersebut disebabkan oleh lapisan karbondioksida di atmosfir bumi yang nantinya akan mencapai angka yang sangat tinggi, yakni 935 ppm (parts per million). Untuk saat ini, lapisan karbondioksida tersebut sedang berada di angka 400 ppm. Demikian dilansir laman Mirror, Rabu (17/6/2015).

Jika nanti ternyata prediksi yang diumumkan benar terjadi, maka sebagian besar wilayah bumi akan mengalami perubahan iklim drastis yang menjadi sangat panas. Bahkan nantinya di wilayah Afrika, India dan Amerika Selatan, temperatur hariannya bisa mencapai angka 45 derajat Celcius.

"NASA memang sedang meneliti perubahan iklim yang terjadi di bumi untuk jangka waktu yang panjang. Kami juga sedang mempelajari mengapa hal ini bisa terjadi. Pun begitu, pihak kami akan mempersiapkan sebuah terobosan baru yang akan menjadi penolong umat manusia menghindari adanya fenomena seperti ini di masa depan," ungkap Ellen Stofan, Chief Scientist NASA.

Lebih lanjut, peta perubahan iklim tersebut juga tidak hanya memperlihatkan wilayah mana yang akan mengalami perubahan iklim drastis, namun juga memperlihatkan wilayah curah hujan yang bisa berubah-ubah di beberapa dekade ke depan.

"Dengan dataset global terbaru ini, semua orang di seluruh bumi setidaknya bisa mempersiapkan rencana dan bahkan terobosan terbaru agar bisa dipakai untuk beradaptasi dengan perubahan iklim ini," lanjut Stofan.

Tak hanya `terbakar`, nantinya perubahan iklim yang akan terjadi di bumi akan terjadi lewat beberapa fenomena, seperti banjir, kemarau, dan kekeringan di beberapa wilayah.

Saat ini, pihak NASA pun telah menjalin kerjasama dengan beberapa pemerintah negara untuk membuat rencana kontijensi agar dapat mengantisipasi hal ini terjadi di masa depan.

sumber : http://tekno.liputan6.com/read/2253694/n...n-terbakar
Reply
#2
padahal batas aman CO2 di atmosfer setau saya 350 ppm, ini kalau sampai 900 berarti dah jauh banget
Terimakasih ForNesia
Reply
#3
kadang nasa ini terlalu lebay menurut ane deh
51l3nt, proud to be a member of ForNesia Family since Feb 2014.
Reply
#4
itu kan berdasarkan perkiraan ,, liat tu di brita2 tentang pemanasan global,,
Reply
#5
kalo berita dari NASA emang suka melebih-lebihkan, biar kelihatan waw.
yah tungu aja lah, isu itu memang benar adanya apa hanya cuma sekedar teori.
This is VERDANA Font
Reply
#6
parah bnget klo sampek prediksinya nasa bener terjadi
terutama di negara Afrika, India dan Amerika Selatan katanya bs sampek 45 derajat Celcius suhunya
di pakistan aja suhu segitu udah banyak nelan korban jiwa
No Game No Life
Reply
#7
suhu bumi akan terus meningkat karna lapisan ozozn sudah menipis,, belum lagi efek rumah kaca akibat polusi udara. ntah apa yang akan terjadi di tahun 2100 nanti
puasa, proud to be a member of ForNesia Family since Jun 2015.
Reply
#8
ini efek dari pemanasan global, kita jadi manusia harus bisa menjaga lingkungan biar gak jadi separah itu.
Reply
#9
yah cari orang untuk di ajak mencegah dengan cara menanam pohon, bukan malah hutan g dgunduli buahaha
"PENGELANA DUNIA MAYA"
Reply
#10
45 derajat buset dah... efek pemanasan global pun kian menjadi2 n memperburuk keadaan rrrgghh:
konnyaku03, proud to be a member of ForNesia Family since Jun 2015.
Reply
#11
ya kalo emang dibiarin bakal bener" anget bumi dimasa mendatang (tapi y g sampe terbakar jg)
coba diinget" taun 80-90 dulu (bagi yang udah lair muaha ) jalan" dijalan disiang hari masi berasa adem, kalo jaman sekarang buka jendela aja ogah, mending tutup rapet idupin AC

suhu rata" permukaan tanah jg jelas meningkat gara" kadar CO2, semoga motor energi listrik + reaktor nuklir segera dijadiin mainstream sebelum terlambat,
tapi biar diurus para petinggi dunia aja, kalo rakyat biasa kaya ane taunya ya beres aja muaha
Reply
#12
antara isu dan fakta nih ngeri dah hah klo bener
yang gelombang panas india ajh sgtu udh makan korban apalgi ini buset rrrgghh:
bakal sepi kayaknya nih bumi ntar buahaha
newbie to share :)
Reply
#13
panas bumi bertambah 1 derajat pun sudah banyak berdampak sama kehidupan makhluk hidup
ada benernya sih bilang nasa, makin banyaknya kawasan industri yang gak tau diri buang limbah yang memperburuk kualitas lingkungan
seperti amerika yang gak mau bertanggung jawab sama komoditas industri disana, kita yang negara" tropis banyak jadi dampaknya dari keuntungan mereka
semoga aja dimasa datang bakal kurang yang namanya eksploitasi hutan sama penyalahgunaan tata ruang lahan
Reply
#14
sekarang aja di daerah ane udah kerasa tambah panas di banding dulu buahaha
gimana tahun 2100 dah Smile
btw sebenernya udah keliatan sih tanda-tanda iklim bakal berubah drastis, musim hujan sama kemarau aja waktunya suka terlalu lama atau terlalu sebentar Smile
onoopoiki, proud to be a member of ForNesia Family since May 2014.
Reply
#15
Sebentar lagi nasa bakal ngumumin klw mereka adalah bagian dari kaki tangan Tuhan; jika kita percaya 80 tahun lagi bumi akan terbakar... Smile
BIASAKAN MEMBACA SEBELUM MEMBAJAK
Reply
#16
NASA hanya mencoba memperkirakan, biar dikata paling wow dan maju teknologi sama ilmunya tuh kayaknya gan
:bangga: jadi diri sendiri
Reply
#17
wallahualam..semua itu hanya allah swt yang tau..sebenernya semua itu kembali lagi ke manusia, seperti lapisan ozon yang menjadi tipis begitu pula karbondioksida yang mengingkat itu semua kan ulah manusia, jadi kalo NASA ingin membuat terobosan bukannya nunggu ancur dl baru diterobosin tapi harusnya lebih ke cara pencegahan supaya semuanya tetap tejaga itu yang lebih tepat menurut ane..
:goyangdidih:
Reply
#18
namanya juga prediksi toh, bisa terjadi bisa ngga lagian di taon segitu kita-kita juga udah pada jadi debu alias masuk kubur buahaha
Berbagi itu Indah ...ForNesia Family since Desember 2014....:cool:
Reply
  


Possibly Related Threads…
Thread Author Replies Views Last Post
Thumbs Up daftar mata uang di dunia yang diprediksi akan anjlok KampretTamvfan 11 3,797 09-04-2015, 12:31 AM
Last Post: cah bagus
  Mumi Biksu Berusia 200 Tahun Diyakini 'Masih Bernyawa' puasa 19 5,360 08-27-2015, 10:32 AM
Last Post: dalbo