Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

Penting! Cara Membedakan Es dari Air Mentah atau Air Matang

#1
Es air mentah :

[Image: esbalok.jpg]

Es dari air mentah berwarna putih karena masih banyak gas yang terperangkap di dalamnya. Biasanya, es yang dibuat dari air mentah adalah es balok. Es ini jelas-jelas tidak baik dikonsumsi, terlebih lagi jika airnya diambil dari air sungai yang tercemar.

Es air matang :

[Image: es.jpg]

Es dari air matang akan terlihat bening karena gas di dalam air terlepaskan ketika proses perebusan. Biasanya, es seperti ini disebut es kristal.

Bahaya es dari air mentah :

Dalam air mentah ada banyak bakteri e coli , kita tahu itu. Ada penelitian di Florida selatan yang membandingkan es batu dengan air toilet, hasilnya es batu mengandung 70% lebih banyak kuman daripada air toilet . Tentu tidak ada beda nya dengan di Indonesia, yang notabenenya es batu dibuat dari air mentah. Ada juga di Jakarta yang pabrik es batunya di dekat kali Ciliwung, memakai air mentah dari sungai dan dicampur dengan pemutih.
Reply
#2
bukannya bening atau tidaknya es batu ditentukan derajatnya?
kalo bening berarti lebih dingin dari yang keruh
cmiiw
Reply
#3
bukanya air PDAM yg uda di masak itu agak keruh
sedangkan yg blm di masak itu bening
jadi klo di buat es dari yg uda di masak jd nya warnanya jg sedikit butek cool
Reply
#4
(lebih lengkap tentang e coli disini) disini dimana om? :bingung:
betul bilang om ts diatas, gak lupa juga di sungai banyak terdapat logam berat yang bisa merusak organ dalam tubuh dan gak baik bagi kesehatan manusia.
reccomended walau pake air sungai tapi seharusnya direbus dulu, tapi diliat dari kondisi sungai dibeberapa kota besar di indo sekarang sepertinya sudah gak bisa kabur
Reply
#5
yang nomor satu emang peruntukannya bukan untuk konsumsi,
biasanya untuk keperluan pendinginan atau pengawetan.
Reply
#6
di rasa juga kerasa kalo es mentah sama es air matang.
Reply
#7
Iya emak gw juga pernah ngasih tau cara bedainya
ati ati klo lgi minum di kantin cool kebanyakan es nya di buat dari air mentah rrrgghh:
Reply
#8
Wah ia yah cara membedakannya dari warna
Kalo udah matang bening gitu..
brxann, proud to be a member of ForNesia Family since May 2014.
Reply
#9
Dulu juga pernah dikasih tau sama emak cara bedainnya, ada ciri yang lain tidak ya ?
Reply
#10
kalo kondisi badan gak kuat bakal drop tuh habis kena es mentah.

tp anehnya banyak yg minum jg, dan gak kenapa2, mungkin efeknya gak langsung, bisa jadi efeknya pas udah tua ntar.

ane gak coba2 deh,
kalo kebanyakan minum es,
amandel kumat, radang trus tepar ane.
pirate26, proud to be a member of ForNesia Family since Nov 2014. dan saya suka Kimcil.
Reply
#11
wah ternyata ada kuman yang coli buahaha
Reply
#12
ada cara lainya om?
klo kita desedianya udah di dalem gelas mana keliatan itu keruh pa bening ketawaaa
Reply
#13
Kalau sekarang, keknya orang kebanyakan buat es pake air mentah gan, kecuali kalau buat pakai sendiri...

itu sebabnya ane jarang jajan es di luaran gan... mending air putih aja, gratis ^_^
Reply
#14
di kota ane malah pabrik esnya jelas jelas di sebelah kali
Reply
#15
wah gw kira ktp doank yg ad elektroniknyanya
coli jg ud bs elektronik jaman sekarang

knp bakteri nya bs mati di air mendidih tp g mati di air membeku y?
Reply
#16
parah emang ane aja pernah kena infeksi saluran pencernaan gara2 dikasih minuman pake es mentah
Reply
#17
jadi gitu toh gan, thanks gan, ane kadang suka susah bedainnya
Reply
#18
kebanyakan sih kuman mati pada suhu 0 derajat, tapi ya gak menjamin juga sih
Reply
  


Possibly Related Threads…
Thread Author Replies Views Last Post
Thumbs Up INFO Cara Salaman Aneh Dari Setiap Negara, Cara Terakhir Paling Bahaya! rezaervan 45 8,921 02-12-2016, 12:11 AM
Last Post: mobilechaos
Star 5 Tingkatan Atau Pangkat Dalam Dunia Hacker wahyurahmat55 25 6,306 06-25-2015, 07:32 PM
Last Post: hud2