Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

Sejarah Mobil Nasional yang Terlupakan

#1
Industri otomotif Indonesia memang tiap tahun terus mengalami perkembangan. Namun sayangnya perkembangan dunia otomotif terlebih dari segi pangsa pasarnya tidak disertai dengan kemajuan kemandirian bangsa Indonesia dalam mengembangkan mobil nasional.


Masyarakat Indonesia sudah terlanjur terlena dan dimanjakan komoditas otomotif dari luar negeri terutama roda empat. Bahkan beberapa rintisan mobil nasional atau mobnas harus layu sebelum berkembang, sebut saja Kancil, Tawon, Esemka, Timor, dan lain sebagainya.

Mobil nasional Timor boleh dibilang menjadi salah satu mobil nasional paling terkenal di Indonesia karena berhasil diproduksi secara masal meski proyek ini harus terhenti akibat serangan krisis moneter tahun 1998.

Mobnas keluaran PT Timor Putra Nasional milik putra almarhum presiden kedua, Soeharto, Hutomo Mandala Putra hadir di pasaran dengan seri Timor S515 yang berbasis pada model mobil bikinan Korea Selatan, Kia Sephia 1995.


Timor (Teknologi Industri Mobil Rakyat) bermula saat dikeluarkannya Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 1996, yang menginstruksikan Menteri Perindustrian dan Perdagangan, Menteri Negara Penggerak Dana Investasi/Ketua Badan Koordinasi Penanaman modal dan Menteri Keuangan agar secepatnya mewujudkan industri mobil nasional.


Lalu, kemudian dikeluarkanlah Inpres Nomor 2 Tahun 1996 yang isinya menunjuk PT Timor Putra Nasional (TPN) sebagai pihak yang menjadi pioner pengembangan mobil nasional. Karena jadi pioner mobil nasional, maka TPN mendapat berbagai kemudahan dari pemerintah seperti bebas bea masuk, serta pajak-pajak lainnya. Asalkan TPN menggunakan komponen lokal 20 persen pada tahun pertama, 40 persen di tahun kedua, serta 60 persen pada tahun berikutnya.


Sebelum Timor diberikan hak sebagai pionir mobil nasional, Indonesia sebelumnya telah memiliki mobil buatan asli Indonesia, dimana mesin, bodi dan perakitan oleh Indonesia, yakni Toyota Corolla. Pada tahun 1996, Indonesia dengan diketuai oleh Menristek kala itu, BJ Habibie juga telah membuat mobil dengan mesin berkapasitas 1200 cc. Namun proyek yang diberi nama Maleo itu tidak dilanjutkan karena pendanaannya tersedot oleh proyek mobil Timor.

Kisah Mobil Esemka: Kebanggaan yang Dilupakan
Mobil karya anak bangsa, Esemka, kini kembali menjadi sorotan publik. Bukan karena prestasi, melainkan soal nasib mobil ini yang tak kunjung jelas.

Isu soal mobil Esemka ini kembali hangat diperbincangakan setelah orang nomor satu Indonesia, Joko Widodo justru berdalih ke produsen mobil negeri tetangga, Proton.

Hal itu terjadi saat kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo ke Malaysia untuk meresmikan kerja sama antara perusahaan otomotif Proton dengan PT Adiperkasa Citra Lestari, perusahaan milik Hendropriyono.

Dampaknya, publik hingga petinggi tanah air mempertanyakan nasib mobil Esemka yang sempat jadi mobil kebanggaan sang Presiden kala itu. Seperti diketahui, Jokowi tak pernah bisa lepas dari mobil Esemka.


Di masa pencalonan Joko Widodo menjadi gubernur DKI Jakarta, mobil Esemka sering kali disebut-sebut akan dijadikan mobil dinas. Namun setelah terpilih menjadi Presiden, nama beken Esemka kini tenggelam.

Bagaimana perjalanan awal mobil buatan putra bangsa ini. Berikut selengkapnya.

1. Mobil rakitan putra bangsa
Mobil Esemka ini lahir dari niat Kementerian Pendidikan untuk mengembangkan potensi siswa-siswa SMK. Dari situ, mobil Esemka mulai dikembangkan.

Pada awalnya mobil Esemka adalah hasil adopsi dari mobil buatan China, FODAY Explorer 2, yang dijadikan sebagai media objek studi. Langkah itu tidaklah haram dilakukan oleh sebuah perusahaan yang ingin membangun usahanya.

Hal yang sama dilakukan perusahaan otomotif sekelas dengan mengkaji mobil-mobil buatan Amerika. Di tahun 2009 anak-anak putra bangsa ini berhasil membuat 200 unit mesin yang berkembang hingga 1.000 unit mesin di tahun 2010.


Perjuangan anak-anak SMK ini tak sia-sia, mobil yang diberi nama Esemka pun mulai berwujud dan mengikuti sejumlah pameran otomotif di beberapa kota besar di Indonesia. Baca selengkapnya Nasib Mobil Esemka.


2. Jadi mobil kebanggaan Jokowi
Kemuculan mobil Esemka ini rupanya menarik perhatian Joko Widodo yang kala itu menjabat sebagai Wali Kota Solo. Berangkat dari ketertarikan itu, pria yang akrab dipanggil Jokowi berencana menggunakan mobil Esemka sebagai kendaraan operasional Wali Kota dan Wakilnya.

Saat itu Jokowi tak henti-hentinya mempromosikan mobil buatan putra bangsa. Bahkan ia sempat menaiki mobil Esemka kreasi siswa SMK Warga dan SMKN 2 Solo itu dari Solo ke Jakarta.

Ketika mau maju sebagai calon Gubernur DKI Jakarta, orang banyak yang meminta Jokowi pakai mobil Esemka sebagai mobil dinas Gubernur DKI Jakarta. Bahkan saat terpilih sebagai presiden mengungguli Prabowo, ada yang mengusulkan agar Esemka jadi tunggangan resmi presiden beserta para menteri. Baca selengkapnya Nasib Mobil Esemka.

3. Esemka akan dibawa ke mana?
Kisah Mobil Esemka: Kebanggaan yang Dilupakan

Setelah bertahun-tahun bertarung di dunia otomotif, nasib mobil Esemka kian tak jelas setelah munculnya wacana kerja sama Proton dengan PT Adiperkasa Citra Lestari. Mimpi mobil Esemka sebagai mobil nasional pun makin jauh dari harapan.

source
Reply
#2
emang tuh, mobil timor banyak tuh ane liat waktu ane masih bocah sekitar tahun 2000-an buahaha
kalo sekarang udah jarang, mungkin karena kemakan usia. lebih sering liat "kembaran" nya alias kia sephia buahaha
moga aja esemka dilanjutin dah, jangan cuma omong kosong aja Smile
onoopoiki, proud to be a member of ForNesia Family since May 2014.
Reply
#3
dari baca judul udah kepikiran pasti lari ke esemka, ternyata bener haha
seorang presidennya saja tidak bisa menghargai karya cipta anak bangsa, apalagi masyarakatnya Smile
masih silau produk luar, padahal cuma malaysia hih
Reply
#4
"mungkin" mobil esemka di promosikan besar"an buat naikin pamor aja terus biar bisa ke tahap "selanjutnya" Smile
sekarang????hasilnya?????
0 buahaha
the godfather, proud to be a member of ForNesia Family since Jul 2014.
Reply
#5
esemka kalah di uji emisi,timor kalah di perawatan yg mahal
Reply
  


Possibly Related Threads…
Thread Author Replies Views Last Post
  Sejarah Kenapa Susunan Tombol Keyboard 'QWERTY' haniEXID 1 1,467 06-28-2015, 09:49 PM
Last Post: ayibiko
  INFO Tolak Kenaikan Harga BBM, 2 Juta Buruh akan Gelar Aksi Mogok Nasional them33t 39 8,449 06-01-2015, 10:55 AM
Last Post: gajahduduk