Current time: 10-17-2018, 05:32 PM Stay in touch via Twitter Facebook RSS Feed
Ada Baiknya anda baca Peraturan Forum ForNesia Disini Dan Disitu Sebelum Terlambat!
System Registration Forums Mulai Kedepan Sewaktu waktu akan Di Tutup.
Silahkan Dibaca Mengenai Auto Pruning User . Agar tidak ada pertanyaan lagi tentang kehilangan akses forum.



[Share] Apa Yang Akan Terjadi Jika Negara Bangkrut?

07-01-2015 11:52 PM Apa Yang Akan Terjadi Jika Negara Bangkrut?
#1


senoya Away
FNS MEMBER
FNS Member
**

Posts: 134
Joined: Sep 2014

Reputation:

FCoin: 236.74ƒc
[Image: images?q=tbn:ANd9GcSLUDzCQ_6ktjo9iHivRLQ...-CT7tFM3f-]

udah tau kan kabar kalo Yunani bangkrut, sebenarnya ga hanya Yunani, ada beberapa negara lain yang terancam bangkrut, seperti Italia dan Spanyol.
Kebayang ga gan, kalo negara bangkrut apa yang akan terjadi? apa tanah dan aset negara diambil obligator? rakyat nya dijajah obligator atau gimana?Smile

Berikut hal-hal yang terjadi jika negara bangkrut, dikompilasi dari beberapa sumber:
Spoiler: kalo negara bangkrut
1. Pasar saham akan crash

2. Semua lembaga keuangan akan gagal

3. Program pendanaan pemerintah akan berakhir sehingga tidak ada lagi jaminan bagi masyarakat, seperti kesehatan, pertahanan, keamanan, pendidikan, dukungan infrastruture seperti jalan dan lainnya

Ketika sebuah negara bangkrut, maka banyak sistem di negara tersebut yang selama ini menjadi ketergantungan rakyatnya hilang. Seperti, penghentian pasokan listrik, aparat keamanan tak lagi bekerja, penutupan pompa bensin, toko-toko kehabisan stok makanan, pekerja pos berhenti mengirim email, bank tutup dan lainnya.

Kondisi ini yang terjadi di Argentina pada 1999. Saat itu orang-orang kaya mengambil uang mereka dan melarikan diri dari negara tersebut. US$ 40 miliar uang negara lari ke luar negeri dalam satu malam.

Kondisi itu mengakibatkan perbankan kolaps, diikuti keruntuhan mata uang nasional negara itu. Warga Argentina begitu putus asa dan panik dan banyak dari mereka bermalam di depan mesin teller otomatis untuk menarik uangnya.

Pemerintah pun membekukan semua rekening bank untuk satu tahun, hanya memungkinkan orang untuk menarik sejumlah kecil sebesar $ 250 per minggu.

4. Pelaku bisnis akan menutup usaha mereka sehingga tidak ada lagi pekerjaan

Masih mengambil contoh dari Argentina. Pada bulan Desember 2001, konfrontasi antara polisi dan warga menjadi pemandangan umum, dan kebakaran kerap terjadi di jalan utama di Buenos Aires. Presiden Argentina kala itu Fernando de la Rua mengumumkan keadaan darurat, yang hanya menyebabkan lebih banyak konflik dan kekacauan.

Akhirnya, situasi menjadi begitu kacau bahwa Presiden Fernando de la Rua melarikan diri dan masyarakat menjadi marah. Diperkirakan 30.000-40.000 tunawisma dan pengangguran baru muncul dengan mengais-ngais di jalan untuk bertahan hidup. Tingkat pengangguran merupakan indikator yang sangat baik dari negara mana akan bangkrut berikutnya.

Korporasi tidak ingin mempercayakan masa depan mereka ke negara yang tidak stabil dengan keuangan yang lemah. Pekerjaan sehingga akan terwujud selama ekonomi yang baik telah pergi di tempat lain.

5. Ekspor dan produksi sulit

Produk Argentina ditolak oleh beberapa negara, karena kekhawatiran produk yang diekspor merupakan barang gagal, atau rusak.

Pertanian juga terpengaruh. USDA menempatkan pembatasan pada makanan Argentina dan obat-obatan tiba dari Amerika Serikat.


6.Terjadi kerusuhan massal sementara aparat keamanan tidak ada

Mereka yang ditinggalkan akan merasa terjebak, muncul kemarahan dan sebagai sasaran akan ditujukan ke bank, lembaga keuangan, dan instansi atau pejabat pemerintah.

7. Setiap orang akan mulai saling melakukan segala cara untuk mendapatkan pasokan makanan

8. Orang kaya akan menguasai negara dan mengubah sistem demokrasi menjadi kediktatoran.

9. Korupsi merajalela dan justru dilakukan oleh lembaga yang sebenarnya mempunyai tugas pokok melindungi rakyat, masyarakat, dan negara terhadap gangguan korupsi itu.

10. Hutang luar negeri yang semakin menumpuk.

Jadi ternyata begitu gan, meskipun negara bangkrut, bukan kaya jaman kerajaan, trus diambil alih semua sama negara lain/obligator, tapi negara yang bangkrut, tetap masih berdiri sebagai sebuah negara namun tidak stabil/ krisis dalam segala bidang yang berkepanjangan..cool

senoya, proud to be a member of ForNesia Family since Sep 2014. dan saya suka Kimcil.
(This post was last modified: 07-01-2015 11:55 PM by senoya.)
07-02-2015 12:42 AM RE: Apa Yang Akan Terjadi Jika Negara Bangkrut?
#2


ayibiko Away
Otaku
Otaku
*

Posts: 782
Joined: Oct 2014

Reputation:

FCoin: 276.13ƒc

Night Owl
ngeri juga kalo sampe terjadi kaya argentina gitu ya, syukur mreka bisa bangkit lagi
bahaya nih negara kita, bukan mengarah ke negara maju tapi ke negara gagal sedih
07-02-2015 01:04 AM RE: Apa Yang Akan Terjadi Jika Negara Bangkrut?
#3


senoya Away
FNS MEMBER
FNS Member
**

Posts: 134
Joined: Sep 2014

Reputation:

FCoin: 236.74ƒc
(07-02-2015 12:42 AM)ayibiko Wrote:  ngeri juga kalo sampe terjadi kaya argentina gitu ya, syukur mreka bisa bangkit lagi
bahaya nih negara kita, bukan mengarah ke negara maju tapi ke negara gagal sedih

iya bahaya juga gan, negara berkembang sekarang pasti mulai ditinggalkan investor karena efek kepercayaan mulai menurun akibat kasus Yunani

rupiah aja hri ini udah 13.320

senoya, proud to be a member of ForNesia Family since Sep 2014. dan saya suka Kimcil.
07-02-2015 01:16 AM RE: Apa Yang Akan Terjadi Jika Negara Bangkrut?
#4


hud2 Away
HunteR
HunteR
*

Posts: 53
Joined: Jun 2015

Reputation:

FCoin: 8.95ƒc
Indonesia bisa saja memasuki era seperti itu.pada dasarnya yg jelek g sll mnjdi jelek selamanya..siapa tau dgn kondisi sperti itu masyarakat smkin sadar hukum

hud2, proud to be a member of ForNesia Family since Jun 2015.
07-02-2015 01:18 AM RE: Apa Yang Akan Terjadi Jika Negara Bangkrut?
#5


senoya Away
FNS MEMBER
FNS Member
**

Posts: 134
Joined: Sep 2014

Reputation:

FCoin: 236.74ƒc
(07-02-2015 01:16 AM)hud2 Wrote:  Indonesia bisa saja memasuki era seperti itu.pada dasarnya yg jelek g sll mnjdi jelek selamanya..siapa tau dgn kondisi sperti itu masyarakat smkin sadar hukum

sadar hukum bagaimana gan? Smile

senoya, proud to be a member of ForNesia Family since Sep 2014. dan saya suka Kimcil.
07-02-2015 01:49 AM RE: Apa Yang Akan Terjadi Jika Negara Bangkrut?
#6


Khori Away
FNS MEMBER
FNS Member
**

Posts: 106
Joined: Sep 2014

Reputation:

FCoin: 2.66ƒc
(07-02-2015 01:04 AM)senoya Wrote:  
(07-02-2015 12:42 AM)ayibiko Wrote:  ngeri juga kalo sampe terjadi kaya argentina gitu ya, syukur mreka bisa bangkit lagi
bahaya nih negara kita, bukan mengarah ke negara maju tapi ke negara gagal sedih

iya bahaya juga gan, negara berkembang sekarang pasti mulai ditinggalkan investor karena efek kepercayaan mulai menurun akibat kasus Yunani

rupiah aja hri ini udah 13.320

iya gan, ngeri juga nih, sedih moga2 aja bisa segera bangkit kembali tetep optimis aja cool

Khori, proud to be a member of ForNesia Family since Sep 2014.
07-02-2015 02:19 AM RE: Apa Yang Akan Terjadi Jika Negara Bangkrut?
#7


INK07 Away
FNS MEMBER
FNS Member
**

Posts: 101
Joined: Dec 2014

Reputation:

FCoin: 42.73ƒc
Ngeri jangan sampai endonesiaku begitu Smile

[Image: loading-6689dc331be27e66349ce9a4d15ddff3.gif]
07-02-2015 07:03 AM RE: Apa Yang Akan Terjadi Jika Negara Bangkrut?
#8


B4L4K Away
HunteR
HunteR
*

Posts: 35
Joined: Jun 2015

Reputation:

FCoin: 2.00ƒc
Semoga negara kita jg sampai seperti itu wah

B4L4K, proud to be a member of ForNesia Family since Jun 2015.
07-02-2015 08:08 AM RE: Apa Yang Akan Terjadi Jika Negara Bangkrut?
#9


Ichi07 Away
FNS MEMBER
FNS Member
**

Posts: 200
Joined: Mar 2015

Reputation:

FCoin: 9.10ƒc
Kalo negara bangkrut itu nanti negaranya gmna mas? Apa di lelang kemudian di beli sama negara lain? Apa gmna?
07-02-2015 08:55 AM RE: Apa Yang Akan Terjadi Jika Negara Bangkrut?
#10


hexor22 Away
FNS MEMBER
FNS Member
**

Posts: 321
Joined: Aug 2014

Reputation:

FCoin: 16.05ƒc
semoga Indonesia ga kejadian kaya Yunani
dan ane juga sedih di negara kita masih ada sedih
- Korupsi , dan
- Hutang luar negeri
semoga ke-2 masalah ini teratasi sedikit demi sedikit wah

[Image: ffzssokuej.jpg]
07-02-2015 12:26 PM RE: Apa Yang Akan Terjadi Jika Negara Bangkrut?
#11


kura-kura Away
FNS MEMBER
FNS Member
**

Posts: 132
Joined: Feb 2014

Reputation:

FCoin: 7.36ƒc
tetep aja yg jadi korban rakyat bawah, yg atas mah tenang2 aja...
07-02-2015 01:05 PM RE: Apa Yang Akan Terjadi Jika Negara Bangkrut?
#12


aviator Away
Royalty Member
Royalty Member
**

Posts: 898
Joined: Mar 2014

Reputation:

FCoin: 3,741.99ƒc

(07-02-2015 01:16 AM)hud2 Wrote:  Indonesia bisa saja memasuki era seperti itu.pada dasarnya yg jelek g sll mnjdi jelek selamanya..siapa tau dgn kondisi sperti itu masyarakat smkin sadar hukum
beberapa waktu lalu ad berita indo utang Rp. 650T ke china buat bangun tol trans sumatra o.O
dan semoga sanggup bayar sendiri
tapi kalo untuk bangkrut, kayanya indo masi sangat aman mengingat banyaknya penanam modal asing di indo, jadi aslinya rakyat indo diperbudak sama pengusaha asing, kita yang kerja keras dan dapet gaji UMR, mereka yang untung luar biasa besar, dan sisanya masuk kas negara, jadi walopun g bangkrut, rakyat tetep diusahakan sengsara dan mau menerima gaji rendah oleh pemerintah o.O

(07-02-2015 12:26 PM)kura-kura Wrote:  tetep aja yg jadi korban rakyat bawah, yg atas mah tenang2 aja...
yang atas udah pada punya tabungan di bank luar negeri, para pejabat jg tinggal nunggu masa jabatannya abis kemudian kebur keluar negeri muaha

[Image: 0yiydbV.gif]
07-02-2015 04:37 PM RE: Apa Yang Akan Terjadi Jika Negara Bangkrut?
#13


Parjo Away
HunteR
HunteR
*

Posts: 72
Joined: Oct 2014

Reputation:

FCoin: 3.35ƒc
gak ngarep terjadi sih, tp kita hrs sedia payung sebelum hujan, mulai besuk berlatih pencak silat deh.. wkwkwk..

Parjo, proud to be a member of ForNesia Family since Oct 2014. dan saya suka Kimcil.
07-02-2015 08:52 PM RE: Apa Yang Akan Terjadi Jika Negara Bangkrut?
#14


senoya Away
FNS MEMBER
FNS Member
**

Posts: 134
Joined: Sep 2014

Reputation:

FCoin: 236.74ƒc
(07-02-2015 04:37 PM)Parjo Wrote:  gak ngarep terjadi sih, tp kita hrs sedia payung sebelum hujan, mulai besuk berlatih pencak silat deh.. wkwkwk..

hah apa hubungannya sama pencak silat gan,,wkwk

yang ada juga banyak berdoa, dan membekali diri supaya kalo ada benar krisis kita siap dan kalo ada peluang bisa kerja di luar negeri

senoya, proud to be a member of ForNesia Family since Sep 2014. dan saya suka Kimcil.
07-03-2015 09:53 AM RE: Apa Yang Akan Terjadi Jika Negara Bangkrut?
#15


HappyPanda Away
HunteR
HunteR
*

Posts: 27
Joined: Apr 2015

Reputation:

FCoin: 2.00ƒc
Dulu waktu Indonesia dilanda Krismon juga hampir bangkrut kan?
Kalau Indonesia mengalami krisis bukan berarti kita harus pindah negara, tapi bagaimana kita membantu pemerintah menyelesaikan masalah. Sama seperti Thailand kalau tidak salah, dulu mereka mengumpulkan uang untuk membayar utangnya waktu krisis.




Possibly Related Threads...
Thread: Author Last Post
  [Share] Negara Baru dan Terkecil di Dunia..Hanya sekitar kebun rumah gajahimut31 04-29-2017 12:35 AM
Last Post: fendycp
  [Info] 10 Negara dengan Hacker Terbanyak di dunia yusar201 04-27-2017 03:39 AM
Last Post: fendycp

Search thread:


[-]
Advertisement