Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

[Share] PENGENALAN DESIGN FORM DELPHI 7 – LATIHAN 1

#1
Wink 
Selamat Malam Temen Temen Semua, hehehe Hari ini Kita Ketemu Lagi nich, Dapet Kesempatan buat nulis posting lagi jadi sempetin nulis lagi di Fornesia :dodgy: . Nah kalau kemaren kita udah kenalan sama IDE lembar kerja dari Delphi sekarang kita coba coba buat aplikasi pertama kita nich, sekalian belajar bikin tampilan design aplikasi berdasarkan pallete pallete standar di delphi dan sedikit codding programnya, so simple tapi untuk hal awal kita mulai dengan yang sederhana sederhana dulu, monggo disimak ya.

Pada Kolom tab Di Borland Delphi Kita akan Buat satu Form Baru Buka Tampilan Form Dengan Memilih File -> New -> Form. Atau kalau kita membuka borland delphi pertama kali akan sudah keluar tuch formnya jadi tinggal mensavenya aja. Buat Direktori dimana temen temen semua bakal simpan semua materi materi kita nich. Misal Di Direktori Partisi D:/Belajar Borlan Delphi/Materi —> kita membuat di partisi D dengan Nama Belajar Borland Delphi dan didalam Direktori Borland Delphi kita buat lagi folder Materi. Awal yang harus kita kerjakan : Save Project dengan memilih File

Spoiler:

Namun Jendela Save yang akan Keluar Pertama kali adalah bukan jendela Save Project Namun Save Unit Yakni Yakni File Unit / Form. Kita save Dulu Nama Form Pertama Kita Latihan_1.
Spoiler:
Setelah Save Unit Kita dengan Nama Latihan_1, Maka Kita akan melihat Jendela Save Again dengan fungsi untuk menyimpasn File Project, yang akan kita buka terus dalam latihan dan materi materi kita kali ini, Kita Save dengan Nama Belajar Borland Delphi.
Spoiler:
Nah Setelah itu kita kan mulai latihan di awal ini. materi Pertama ini kita akan belajar mendesign Sebuat Form Aplication yang sudah kita save tadi. Buka File Unit / Form yang sudah kita panggil tadi. Buat lah Tampilan Form Sebagai Berikut :
Spoiler:
Penggunaan Objek Yakni EditBox dengan Button, Klik 1 Kali Ke Form untuk mensetting propertiesnya jika pada Object Inspector yang berada di sebelah kiri bawah sudah bertuliskan form1 maka kita bisa mengubah properties settingnya sebagai berikut ::
_________________________________________________________________________________________

Nah Seteleh Design Tampilan dan Settingan Propertiesnya Sudah, sekarang kita akan membuat suatu coding dari applikasi pertama kita ini. Berikut Alur Logikanya pada saat kita buka aplikasinya maka editbox akan muncul tulisan text ‘ Perkenalkan Nama Saya Borland Delphi 7 ”.

klik 1 kali pada frm_latihan1 kemudian di object inspector kita pindah ke tab event dan klik 2 kali pada event / klik 2 x langsung pada frm_latihan1.
Spoiler:
berikut penjabarannya ::
____________________________________________________________________________________________________

jika sudah kita bisa menjalankan Programnya, Pada Tab Run -> Run / langsung Pencet F9 Pada Keyboard Anda. Maka Akan tampil Form Ditengah Deskop dengan tampilan text Perkenalkan Nama Saya Borland Delphi 7 dan Kita bisa keluar dari aplikasi dengan mengklik button Close.
Spoiler:

Oh iya yang belum baca postingan ane tentang ::
LINK DOWNLOAD FILE PDF:
kampai:
KozonK, proud to be a member of ForNesia Family since Apr 2014.
Reply
#2
(04-08-2014, 12:34 PM)taufik Wrote: mantep info nya bos...cermati dulu.

kalo gk mau repot baca di post ane mending di download gan file PDF nya
KozonK, proud to be a member of ForNesia Family since Apr 2014.
Reply
#3
mantab, cocok untuk orang awam yang baru pegang delphi , nice share ^^

kalao PDF isinya sama kayak ini kah ? atau lebih lengkap ?
Reply
#4
whadooh.. :-/
gmn kalo orgnya kek sy ya..
jgn kan megang si delphi ngeliat aja belum pernah
apa lagi kenalan ketawaaa
intinya sy disini cuma ingin belajar
walau se oot apapun se"org selagi mau berusaha & belajar
pasti akan tercapai tujunya
kok jadi nglanturr ya... bingungs:

btw makasih atas pencerahanya mas jgn bosan kalo oot sering minta bantuan mwah:

oiya itu file pdf yg di :

PENGENALAN PROGRAM BORLAND DELPHI 7

apa udah skalian ama yg di atas

soalnya yg di atas penampakan link pdf kek gini mas :blush:


[Image: Screenshot_1.jpg]
Reply
#5
nice info om baca baca dolo trims
sambil nunggu contoh source codenya sekalian buahaha
redzluvras, proud to be a member of ForNesia Family since Apr 2014.
Reply
#6
(04-19-2014, 05:43 PM)fanky_suga Wrote: ane nongkrong dulu...sapa tau dapet saweran

NO JUNK satpam:
KozonK, proud to be a member of ForNesia Family since Apr 2014.
Reply
#7
Tutorial yang sangat Berguna om bagi saya ;) +1 cek kulkas yaa
Reply
#8
delphi susah banget pemahamannya, nggak segampang vb T_T
Reply
#9
Thk infonya sedotttttttttttttt hore: hore:

Asal ada niat belajar om
Ane juga 2 hari setidaknya pahamm lah
Cuman emang ga semua paham juga
tapi setidaknya ane ngerti cara kerjanya
matabelo:
Spoiler:
tolong diramaikan ya om thumbsup:
Reply
#10
izin nyimak sambil mempelajari. sudah di coba gan tapi ttap nggak berhasil. nggak tahu masalahnya di mna?
Reply
#11
(12-15-2014, 04:12 PM)buana2007 Wrote: Ijin gan.....buat belajar masih newbieee

(12-20-2014, 03:44 PM)djtechwork Wrote: Sangat bermanfaat gan... Ditunggu lanjutannya..

<< POST DELETED >>

<< PERINGATAN >>
Dibaca dulu Rulesnya om siagasatu
Kalau ngepost jangan SPAM+JUNK

Reply
#12
versi pdfnya mungkin gan, syukur" bisa lebih lengkap?? wah
Reply
#13
Mau ngoprek ngoprek dlu gan masih bingung di alphaskin
Reply
#14
kalo gini belajrnya bisa expert ane. ahahah

btw, kasi tips dong buat user interface sendiri gak pke alphaskin.

jadi manual gitu.
kalo pernah pake aimp3, kan ada tuh skin editor khususnya.
kalo buat delphi ada gak ya, skin builder khusus gitu.
pirate26, proud to be a member of ForNesia Family since Nov 2014. dan saya suka Kimcil.
Reply
#15
(12-27-2014, 01:53 AM)herdian Wrote: Mantap mastah... lanjutkan!!!

<< POST DELETED >>

<< PERINGATAN >>
Dibaca dulu Rulesnya om siagasatu
Kalau ngepost jangan SPAM+JUNK

Reply
#16
saya super newbie mau belajar buat injeck om, bagusnya saya buat di delphi7 atau vb???
Reply
#17
izin sedot pdf nya om, ane pengen belajar dolopengen nanya2 tapi malu, nyubie banget soalnya
Reply
  


Possibly Related Threads…
Thread Author Replies Views Last Post
  [SHARE] Ngintip daleman Form INJEK yang gak bisa di resize arubiandesu 67 14,937 09-06-2015, 07:21 PM
Last Post: joeh1401
  [SHARE] membuat Form Project Delphi menjadi Lembut ardisyaputra 20 6,100 08-29-2015, 01:39 AM
Last Post: RechmandM