Current time: 06-19-2018, 12:35 AM Stay in touch via Twitter Facebook RSS Feed
Ada Baiknya anda baca Peraturan Forum ForNesia Disini Dan Disitu Sebelum Terlambat!
System Registration Forums Mulai Kedepan Sewaktu waktu akan Di Tutup.
Silahkan Dibaca Mengenai Auto Pruning User . Agar tidak ada pertanyaan lagi tentang kehilangan akses forum.



[Share] Tips Semangat Belajar

06-15-2015 10:40 AM Shocked Tips Semangat Belajar
#1


wahyurahmat55 Away
Banned
Banned

Posts: 35
Joined: May 2015

FCoin: 2.00ƒc
[Image: Ujian+SMP.gif]

Belajar mungkin menjadi masalah untuk para pelajar masa kini, seperti para siswa - siswi dari sd, smp, sma bahkan sampai yang sudah kuliah terkadang malas untuk melakukan belajar, padahal dengan belajar itu adalah cara mendapatkan nilai yang bagus, tanpa belajar kita tidak tahu apa - apa, nah disini saya akan memberikan tips untuk anda supaya tidak malas belajar dan semangat belajarnya. Berikut tips - tips nya :

1. Belajar Memahami Apa yang kita pelajari.

Ya, fungsi utama kenapa kita harus belajar adalah memahami hal-hal baru. Kita boleh hapal 100% semua detail pelajaran, tapi yang lebih penting adalah apakah kita sudah mengerti betul dengan semua materi yang dihapal itu. Jadi sebelum menghapal, selalu usahakan untuk memahami dulu garis besar materi pelajaran.

2. Rajin membaca

Supaya kita bisa paham, minimal bacalah materi baru dua kali dalam sehari, yakni sebelum dan sesudah materi itu diterangkan oleh guru. Karena otak sudah mengolah materi tersebut sebanyak tiga kali jadi bisa dijamin bakal tersimpan cukup lama di otak kita.

3. Mencatat pokok pelajaran

Tinggalkan catatan pelajaran yang panjang. Ambil intisari atau kesimpulan dari setiap pelajaran yang sudah dibaca ulang. Kata-kata kunci inilah yang nanti berguna waktu kita mengulang pelajaran selama ujian.

4. Hapalkan kata-kata kunci

Kadang, mau tidak mau kita harus menghapal materi pelajaran yang lumayan banyak. Sebenarnya ini bisa disiasati. Buatlah kata-kata kunci dari setiap hapalan, supaya mudah diingat pada saat otak kita memanggilnya. Misal, kata kunci untuk nama-nama warna pelangi adalah MEJIKUHIBINIU, artinya merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu.

5. Pilih waktu belajar yang tepat

Waktu belajar yang paling enak adalah pada saaat badan kita masih segar. Memang tidak semua orang punya waktu belajar enak yang sama lo. Tapi biasanya, pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berkonsentrasi penuh. Gunakan saat ini untuk mengolah materi-materi baru. Sisa-sisa energi bisa digunakan untuk mengulang pelajaran dan mengerjakan pekerjaan rumah.

6. Bangun suasana belajar yang nyaman

Banyak hal yang bisa buat suasana belajar menjadi nyaman. Kita bisa pilih lagu yang sesuai dengan mood kita. Tempat belajar juga bisa kita sesuaikan. Kalau sedang bosan di kamar bisa di teras atau di perpustakaan. Kuncinya jangan sampai aktivitas belajar kita mengganggu dan terganggu oleh pihak lain.

7. Bentuk Kelompok Belajar

Kalau lagi bosan belajar sendiri, bisa belajar bareng dengan teman. Tidak usah banyak-banyak karena tidak bakal efektif, maksimal lima orang. Buat pembagian materi untuk dipelajari masing-masing orang. Kemudian setiap orang secara bergilir menerangkan materi yang dikuasainya itu ke seluruh anggota lainnya. Suasana belajar seperti ini biasanya seru dan kita dijamin bakalan susah untuk mengantuk.

8. Latih sendiri kemampuan kita

Sebenarnya kita bisa melatih sendiri kemampuan otak kita. Pada setiap akhir bab pelajaran, biasanya selalu diberikan soal-soal latihan. Tanpa perlu menunggu instruksi dari guru, coba jawab semua pertanyaan tersebut dan periksa sejauh mana kemampuan kita. Kalau materi jawaban tidak ada di buku, cobalah tanya ke guru.

9. Kembangkan materi yang sudah dipelajari

Kalau kita sudah mengulang materi dan menjawab semua soal latihan, jangan langsung tutup buku. Cobalah kita berpikir kritis ala ilmuwan. Buatlah beberapa pertanyaan yang belum disertakan dalam soal latihan. Minta tolong guru untuk menjawabnya. Kalau belum puas, cari jawabannya pada buku referensi lain atau internet. Cara ini mengajak kita untuk selalu berpikir ke depan dan kritis.

10. Sediakan waktu untuk istirahat

Belajar boleh kencang, tapi jangan lupa untuk istirahat. Kalau di kelas, setiap jeda pelajaran gunakan untuk melemaskan badan dan pikiran. Setiap 30-45 menit waktu belajar kita di rumah selalu selingi dengan istirahat. Kalau pikiran sudah suntuk, percuma saja memaksakan diri. Setelah istirahat, badan menjadi segar dan otak pun siap menerima materi baru.

Satu lagi, tujuan dari ulangan dan ujian adalah mengukur sejauh mana kemampuan kita untuk memahami materi pelajaran di sekolah. Selain menjawab soal-soal latihan, ada cara lain untuk mengetes apakah kita sudah paham suatu materi atau belum. Coba kita jelaskan dengan kata-kata sendiri setiap materi yang sudah dipelajari. Kalau kita bisa menerangkan dengan jelas dan teratur, tak perlu detail, berarti kita sudah paham. Jadi intinya buat apa kita mencotek, itu sama saja kita mengukur kemampuan orang lain, sedangkan kemampuan kita tidak terukur, jadi kita tidak pernah tahu sampai dimana kemampuan kita, ayo sobat kerjakan soal - soal kalian dengan percaya diri.

Source : http://newswarta.blogspot.com/2014/03/ti...lajar.html
06-15-2015 06:17 PM RE: Tips Semangat Belajar
#2


aviator Away
Royalty Member
Royalty Member
**

Posts: 898
Joined: Mar 2014

Reputation:

FCoin: 3,741.99ƒc

11. bujuk ortu buat pasang koneksi fiber
kalo koneksi lancar, pasti rajin muter" internet sambil baca berita" baru, dan otomatis belajar hal baru (walopun g jelas jg belajar tentang apaan o.O )

[Image: 0yiydbV.gif]
06-15-2015 10:49 PM RE: Tips Semangat Belajar
#3


asepmukarom Away
FNS MEMBER
FNS Member
**

Posts: 298
Joined: Feb 2015

Reputation:

FCoin: 13.95ƒc
NO 2 tau knpa itu yg pling susah..soal y tiap baca buku mata suka jadi ngantuk..hahaa

asepmukarom, proud to be a member of ForNesia Family since Feb 2015. dan saya suka Kimcil.
06-19-2015 12:37 AM RE: Tips Semangat Belajar
#4


hakoen Away
FNS MEMBER
FNS Member
**

Posts: 92
Joined: Jun 2015

Reputation:

FCoin: 3.68ƒc
7. kelompok belajar
bukannya belajar pas udah bikin kelompok
eh kebanyakan malah jadi maen game berjamaah
belajarnya tetep pake SKS *sistem kebut semalam* wkaka

hakoen, proud to be a member of ForNesia Family since Jun 2015.
(This post was last modified: 06-19-2015 12:37 AM by hakoen.)
06-21-2015 03:59 AM RE: Tips Semangat Belajar
#5


tomaro Away
FNS MEMBER
FNS Member
**

Posts: 90
Joined: Mar 2015

Reputation:

FCoin: 5.74ƒc
nomer 4, ane paling ancur kalo disuruh menghapal ketawaaa

tomaro, proud to be a member of ForNesia Family since Mar 2015.
06-22-2015 07:23 AM RE: Tips Semangat Belajar
#6


aninditha Away
FNS MEMBER
FNS Member
**

Posts: 96
Joined: Apr 2015

Reputation:

FCoin: 2.24ƒc
belajar kelompok kalo ane cuman jdi kedok gan, isinya malah main-main gk jelas ketawaaa kalopun blajar paling cuman 1 orang yg blajar yg lain ya main ketawaaa

aninditha, proud to be a member of ForNesia Family since Apr 2015.
06-22-2015 08:55 AM RE: Tips Semangat Belajar
#7


B4L4K Away
HunteR
HunteR
*

Posts: 35
Joined: Jun 2015

Reputation:

FCoin: 2.00ƒc
Belajar kelompok yg ane suka buahaha klo di rumah temen eh ada kompi malah jadi main Dota ketawaaa belajar kelompok malah jadi kedok buahaha pengalaman ane

B4L4K, proud to be a member of ForNesia Family since Jun 2015.
06-22-2015 10:25 AM RE: Tips Semangat Belajar
#8


bracuk Away
Kill Me Baby
JKT48
*

Posts: 718
Joined: Oct 2014

Reputation:

FCoin: 500.53ƒc

Night Owl
(06-22-2015 07:23 AM)aninditha Wrote:  belajar kelompok kalo ane cuman jdi kedok gan, isinya malah main-main gk jelas ketawaaa kalopun blajar paling cuman 1 orang yg blajar yg lain ya main ketawaaa
bner bnget gan klo ane belajar kelompok yg jd otaknya 1 - 2 org yg laen main pes
yg psti belajar kelompok pling asik main dapet + tugas pun kelar buahaha

No Game No Life
06-23-2015 10:30 AM RE: Tips Semangat Belajar
#9


hexor22 Away
FNS MEMBER
FNS Member
**

Posts: 321
Joined: Aug 2014

Reputation:

FCoin: 16.05ƒc
(06-22-2015 10:25 AM)bracuk Wrote:  bner bnget gan klo ane belajar kelompok yg jd otaknya 1 - 2 org yg laen main pes
yg psti belajar kelompok pling asik main dapet + tugas pun kelar buahaha

sama banget , klo ane sih belajar dulu tugas kelar baru maen pes / dota
yg ngerjain ketua kelompok buahaha sisanya tinggal copy

[Image: ffzssokuej.jpg]
06-23-2015 12:35 PM RE: Tips Semangat Belajar
#10


Silver Away
FNS MEMBER
FNS Member
**

Posts: 193
Joined: Aug 2014

Reputation:

FCoin: 2.09ƒc
gw ga pernah ngerasain belajar kelompok serius, malah pada main" kalo ga curhat buahaha
intiny kalo mau semangat belajar itu butuh niat dan tujuan Smile

[Image: Signature.png]

06-24-2015 07:07 AM RE: Tips Semangat Belajar
#11


siddoto Away
FNS MEMBER
FNS Member
**

Posts: 214
Joined: Jun 2014

Reputation:

FCoin: 5.06ƒc
udh lama g pegang buku pelajaran, tp paling asyik sih kalo ada tugas kelompok
bisa skalian maen sama temen2

siddoto, proud to be a member of ForNesia Family since Jun 2014.
06-24-2015 07:56 AM RE: Tips Semangat Belajar
#12


Clone2 Away
HunteR
HunteR
*

Posts: 35
Joined: Oct 2014

Reputation:

FCoin: 2.00ƒc
point nomor 1 banyak diabaikan oleh anak kita. kita sudah disistem untuk menjadi penghafal, bukan pembelajar. mari sama-sama kita ubah mindset, pahami apa yang dipelajari, bukan dihafal. hafalan mah cuma bertahan 1 hari, besoknya lupa... haha

Clone2, proud to be a member of ForNesia Family since Oct 2014. dan saya suka Kimcil.
06-24-2015 09:09 AM RE: Tips Semangat Belajar
#13


aninditha Away
FNS MEMBER
FNS Member
**

Posts: 96
Joined: Apr 2015

Reputation:

FCoin: 2.24ƒc
(06-22-2015 10:25 AM)bracuk Wrote:  bner bnget gan klo ane belajar kelompok yg jd otaknya 1 - 2 org yg laen main pes
yg psti belajar kelompok pling asik main dapet + tugas pun kelar buahaha

ya emang gitu gan, kudu ada yg pinter atau paling nggak yg rajin, supaya ada jaminan tugasnya kelar. lumayan gan sekali dayung 2-3 pulau terlampaui, bisa main sekaligus tugas kelar buahaha

aninditha, proud to be a member of ForNesia Family since Apr 2015.
06-24-2015 10:12 AM RE: Tips Semangat Belajar
#14


Alim251 Away
FNS MEMBER
FNS Member
**

Posts: 249
Joined: Jun 2015

Reputation:

FCoin: 552.69ƒc
6. Bangun suasana belajar yang nyaman
sebelum belajar putar musik yang slow
siapin keripik keju + es krim.
begitu sudah mulai jenuh istirahat
dulu makan keripik sama es krimnya
dijamin suasana belajar akan terasa
lebih nikmat..

Alim251, proud to be a member of ForNesia Family since Jun 2015.




Search thread:


[-]
Advertisement