Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

Tanpa Listrik, Komputer Bisa Hidup Menggunakan Air

#1
[Image: 064722500_1433913351-komputer_bertenaga_air.jpg]

Seorang peneliti dari Stanford University, Manu Prakash, menciptakan sebuah komputer yang bisa hidup hanya dengan menggunakan air alias tanpa listrik.

Padahal, air adalah salah satu senyawa yang dapat membuat hampir semua produk elektronik korsleting. Tak dijelaskan, bagaimana Prakash berhasil mengembangkan komputer yang dapat berjalan melalui tetesan air tersebut.

Pria berdarah India ini merancang suatu sistem dimana tetesan air terjebak dalam medan magnet. Ketika medan berputar atau berbalik, tetesan air akan bergerak ke jarak dan arah yang tepat.

Sistem tersebut memiliki konsep yang mirip dengan jam komputer, yang merupakan salah satu komponen paling penting pada semua jenis komputer di pasaran.

[Image: 050322600_1433913909-manu.jpg]

Jam komputer bertanggung jawab untuk hampir setiap perangkat modern. Smartphone, DVR, pesawat terbang, internet - tanpa jam, tak satupun dari mereka bisa beroperasi dengan maksimal.

Laman The Time of India melaporkan, Kamis (11/6/2015), dalam proyek ini Prakash dibantu oleh dua orang mahasiswanya. Selain sebagai peneliti, Prakash adalah asisten profesor bioteknologi di Universitas Stanford.

sumber : http://tekno.liputan6.com/read/2248935/t...unakan-air
Alim251, proud to be a member of ForNesia Family since Jun 2015.
Reply
#2
Wah keren juga tuh gan...
Lumayan kalau sukses dan bisa di pasar kan keluar.. kan bisa menghemat energy XD

Sent from my SM-N750 using Tapatalk
squall, proud to be a member of ForNesia Family since Feb 2014.
Reply
#3
penasaran... kira-kira cara kerjanya seperti apa ya...
Reply
#4
mudah2 bisa dipasarkan nih, hemat energi lagi

Sent from my GT-S5360 using Tapatalk 2
jangan dibuka ya!
Spoiler:
Reply
#5
kinerja nya pasti masih tahap riset tuh canggih bener dah skrang
air udh bisa di jadiin pasokan energinya
moga ajh cepet di realase wah
newbie to share :)
Reply
#6
apa gak konslet kalo kena air tuh kabel2 kompi
kings_dikaz, proud to be a member of ForNesia Family since Dec 2014. dan saya suka Kimcil.
Reply
#7
ane penasaran brpa tegangan listrik maksimal yg bs di suplai ama tu alat o.O
soalnya kan hardware komputer skrng butuh tegangan listrik yang tinggi
No Game No Life
Reply
#8
kalo dikembangkan ud jadi energi alternatif tuh
mantail007, proud to be a member of ForNesia Family since Oct 2014. dan saya suka Kimcil.
Reply
#9
lah Belum dijelaskan cara kerja nya, mungkin masih tahap riset atau mungkin ini rahasia dapur untuk bisnis penjualannya he3
yg jelas terobosan baru hemat energi jelas ditunggu
Reply
#10
kalo di baca konsepnya sih sederhana tapi feedbacknya sangat bermanfaat, kalo di pikir2kan : Air adalah sumber kehidupan, ngga menutup juga sih buat barang elektronik
Berbagi itu Indah ...ForNesia Family since Desember 2014....:cool:
Reply
#11
masih belum ngerti om cara kerjanya gimana buahaha
btw kalo pake tetesan sama medan magnet tuh, kalo tiba" komputer butuh daya besar bisa gak ya buat nyesuaiin arus listrik yang masuk ke komputer?
dulu pernah ada pendingin komputer pake dicelup ke dalam air, berhasil sih tapi setelah uji coba gak sampe seminggu akhirnya konslet juga perangkat kerasnya tuh komputer karena air
Reply
#12
jadi jam-komputer.. bukan komputer...
jangan" cuma hoax kaya motor tenaga air versi indonesia muaha
Reply
#13
sabar aja ntar jg ada yg nemuin dan kita bs meniknati itu teknologi Smile
Reply
#14
bagus nih kalau bisa pake air comberan wkwk
vaderfar, proud to be a member of ForNesia Family since Jun 2015.
Reply
#15
Bisa jadi rombakan bahan bakar juga ini, atau hanya jalan pada perangkat komputer saja, tentunya masih bisa d kembangkan lagi
"PENGELANA DUNIA MAYA"
Reply
#16
wah eank tu bisa menghemat pengeluar tiap bulan, kalo udah rilis.
This is VERDANA Font
Reply
#17
apa mungkin ya; jam kompi ama perangkat kompi yang bukankah membutukhan daya yang lebih besar... atau sistem kerjanya yang belum ane tangkap secara sempurna... Smile
Semoga sukses aja om, penelitianya sangat membantu orang banyak...
BIASAKAN MEMBACA SEBELUM MEMBAJAK
Reply
#18
yang hemat hemat harus selalu dikembangkan.indonesia harus punya yg seperti ini
hud2, proud to be a member of ForNesia Family since Jun 2015.
Reply
  


Possibly Related Threads…
Thread Author Replies Views Last Post
  Sistem Komputer Di- hack, Email Rahasia Obama Tersebar Alim251 17 4,653 03-20-2016, 09:31 PM
Last Post: fianiagustin
  Google Pasang Alat Sadap di Komputer Pengguna Tanpa Izin Alim251 14 3,722 02-02-2016, 05:08 PM
Last Post: carang